Laman

Kamis, 31 Maret 2016

THIJS VAN LEER



Lahir pada 31 Maret 1948 di Amsterdam, Belanda. Dia menerima flute pertamanya pada usia 7 tahun dari ayahnya, seorang flutis klasik. Dia belajar sejarah seni di Amsterdam University; setelah dimana dia mulai mempelajari flute dan komposisi di Amsterdam Conservatorium. Dia menerima gelar untuk flute dari Geneva Conservatoire dan juga mempelajari piano, orkestrasi (dengan Rogier van Otterloo) dan organ (dengan Anthon van der Horst). Saat masih di sekolah, Van Leer memimpin sebuah grup jazz pada piano. Dia kemudian memainkan flute dan menyanyi dengan grup cabaret Shaffy.

Pada 1969 dia bergabung dengan Martijn Dresden (bass) dan Hans Cleuver (drum) untuk membentuk sebuah trio yang membawakan lagu-lagu milik Traffic dan mendukung musisi Belanda lainnya, juga memainkan materi mereka sendiri. Kemudian dalam tahun itu gitaris Jan Akkerman bergabung, melengkapi lineup awal Focus. Mereka merilis beberapa album pada 1970an, mendapatkan dua rekaman emas (untuk “Moving Waves” dan “Focus III”) yang menelurkan single hit internasional “Hocus Pocus” dan “Sylvia”. Van Leer bersama Focus melewati beberapa perubahan lineup, dan pada awal 1976 dia adalah satu-satunya anggota asli yang tersisa; grup dibubarkan pada 1978. Hingga kini lebih dari lima juta buah album Focus telah terjual di seluruh dunia.


Album solo flute klasik “Introspection”-nya Van Leer tahun 1973 didukung oleh orchestra yang juga diberi penghargaan status rekaman emas, dan serangkaian lima album Introspection telah terjual lebih dari setengah juta buah.

Dia juga bekerja dan tur dengan penyanyi Spanyol Miguel Rios, memainkan kibord dan flute, dan muncul di tiga album Rios: Extranos en el esacaparate (Strangers in the Shopwindow, 1981), Rock & Rios (1982; album ganda), dan El Rock de una noche de verano (Midsummer Night’s Rock, 1983). Pada 1985, Van Leer secara singkat bereuni dengan Akkerman untuk membuat Focus 1985. Pada 2002, Van Leer menciptakan sebuah lineup Focus baru, yang telah merilis album-album, Focus 8, Focus 9 / New Skin, Focus X, dan Golden Oldies. Sebuah tur Inggris dilaksanakan pada musim gugur 2006, dan lebuh rutin di tahun-tahun berikutnya.

Dia juga muncul sebagai musisi tamu di album Into the Electric Castle, oleh proyek musik Arjen Anthony Lucassen, Ayreon.

Pada 2008 Explore Multimedia merilis album solo pertama Van Leer hampir dalam satu dekade, The Home Concert. Album ini menampilkan rekaman yang dibuat di ruang tamunya saat dia memainkan materi untuk Focus 9. Album ini secara eksklusif tersedia via internet dan di konser.

Van Leer juga bereksperimen dengan musik vokal.

Pada 2010, dia memainkan sebuah konser dengan Raccomandata Ricevuta Ritorno untuk merayakan 40 tahun musik imajinatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...