Laman

Minggu, 06 Maret 2016

CHRIS BRODERICK




Lahir dengan nama Christopher Alan Broderick pada 6 Maret 1970 di Lakewood, Colorado, AS, adalah gitaris Amerika yang merupakan mantan gitaris utama Megadeth. Dia juga mantan gitaris utama dan kibordis untuk Jag Panzer, sebelum pindah ke Megadeth, menggantikan Glen Drover. Sebelum bergabung dengan Megadeth dan saat masih di Jag Panzer, dia juga merupakan gitaris tur untuk Nevermore antara tahun 2001 dan 2003 dan kemudian lagi antara tahun 2006 dan 2007. Dia kini adalah gitaris utama untuk Act of Defiance, yang dia bentuk dengan sesama rekan seband mantan Megadeth, Shawn Drover.

Broderick mulai bermain gitar saat dia berusia 11 tahun. Gaya permainan gitarnya beragam dari metal, klasik, neoklasik, dan jazz. Broderick mengatakan dia berlatih selama 14 jam sehari selama musim panasnya saat masih remaja.

Dia mempraktekkan gitar listrik, gitar klasik, piano dan violin dibawah rutinitas hari-hari yang ketat. Dia mengatakan kalau saat itu terasa lebih dari sebuah "tugas" daripada hiburan. Dia adalah seorang pemain yang menonjol di kancah musik Denver dari tahun 1988 di band-band Grey Haven, Industrial Eden (gitaris/vokal utama) dan Killing Time.
Dia juga memiliki gelar di permainan gitar klasik di Lamont School of Music di University of Denver. Dia juga tertarik dengan gitar flamenco dan menyebut Paco de Lucia sebagai gitaris favoritnya.


Pada tahun 1997, gitaris Joey Tafolla meninggalkan Jag Panzer untuk keduakalinya, menyatakan sudah kurang menyukai permainan heavy metal. Untuk band, ini adalah sebuah masalah besar. Permainan gitar Taffola adalah rumit dan teknikal, dan sejauh ini mereka mengetahui sedikit gitaris yang dapat menyamainya. Ini adalah saat Chris dibawa kedalam Jag Panzer dan bertahan dengan mereka selama hampir satu dekade. Dia bermain di empat album band. The Age of Mastery tahun 1998, Thane To The Throne (sebuah album konsep tentang Macbeth-nya William Shakespeare) tahun 2000, Mechanized Warfare tahun 2001, album kompilasi Decade of the Nail Spiked Bat tahun 2003 dan Casting the Stones tahun 2004.

Selama periode tahun 2000 - 2003 dan sebagian 2004 Chris ambil bagian di pertunjukan live band Nevermore. Setelah merilis album This Godless Endeavour, dia sekali lagi melakukan tur dengan Nevermore hingga bergabung dengan Megadeth tahun 2008.


Pada akhir 2007, kabar telah beredar bahwa gitaris Megadeth Glen Drover telah meninggalkan band. Hal ini terbukti benar setelah sebuah pernyataan dirilis baik dari Glen dan frontman Megadeth Dave Mustaine. Malam setelah pernyataan itu dirilis, drumer Megadeth Shawn Drover membawa Chris sebagai seorang pengganti. Shawn kemudian memperlihatkan sebuah video pada Dave dari Chris yang memainkan baik gitar klasik dan listrik. Dave segera tertarik dan segera mengatur untuk menghubungi Chris. Dua minggu kemudian, Broderick secara resmi dideklarasikan sebagai gitaris baru Megadeth. Dia membuat debut live-nya dengan band pada 4 Februari 2008 di Finlandia dan melakukan tur dengan mereka di Gigantour 2008 dan juga merekam gitar untuk album ke 12 mereka, Endgame hingga album ke 14 mereka, Super Collider. Karena kesibukan tur dengan Megadeth dia tidak lagi dapat berkolavorasi dengan Jag Panzer dan Nevermore. Dave Mustaine mengatakan bahwa saat dia berekanan dengan Broderick, mengingatkannya pada saat "Ozzy Osbourne bertemu Randy Rhoads". Pada 8 Maret 2009, Dave berkomentar bahwa dia berpikir Chris adalah gitaris terhebat yang pernah dimiliki Megadeth. Di lineup band saat ini, dia dalah yang termuda di Megadeth. Dia berkata dalam sebuah wawancara dengan Total Guitar dia akan bertahan dengan Megadeth selama mereka bahagia dengan dia.

Pada 25 November 2014 Chris Broderick membuat sebuah pesan di situsnya mengatakan dia telah berpisah dengan Megadeth.

"Karena perbedaan artistik dan musikal, dengan rasa enggan yang besar bahwa saya mengumumkan kepergian saya dari Megadeth untuk mengejar arah musik saya sendiri. Saya ingin anda semua mengetahui betapa besar saya mengapresiasi jumlah yang kalian para penggemar telah terima dan menghargai saya sebagai seorang anggota Megadeth selama tujuh tahun terakhir, tapi ini saatnya bagi saya untuk maju. Saya berharap Dave dan semua orang di Megadeth yang terbaik. Saya kini tengah mengerjakan sesuatu sendiri dan berharap bahwa saat rekaman itu keluar, anda semua akan mengetahuinya."


Setelah meninggalkan Megadeth, Chris Broderick, dan mantan drumer Megadeth Shawn Drover, membentuk Act of Defiance bersama dengan mantan frontman Scar the Martyr, Henry Derek Bonner dan mantan gitaris Shadows Fall, Matt Bachand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...