Laman

Sabtu, 26 Maret 2016

JEFF PLATE




Lahir pada 26 Maret 1962 di Montour Falls, New York. Dia adalah pemain dram professional, yang saat ini bermain bersama grup rock progresif Trans-Siberian Orchestra. Dia juga menjadi pemain dram band thrash metal, Metal Church hingga mereka bubar pada 2009 dan reuni pada 212, walaupun dia lebih diingat sebagai pemain dram Savatage sejak album, Japan Live ’94.

Jeff tumbuh di sebuah lahan pertanian di Horseheads, New York, sebelah selatan the Upstate Finger Lakes Region. Saat masih remaja, dia adalah seorang pemain baseball yang berbakat. Dengan julukan “country boy fastball” dan sebuah mimpi menjadi pitcher New York Yankees, impiannya kandas saat pinggangnya cedera saat berusia 12 tahun. Memakai penyangga selama 4 bulan, dia diberi nasehat untuk tidak berolah raga selama 2 tahun supaya pinggangnya sembuh secara total. Saat istirahat, dia menyaksikan KISS tampil di The Midnight Special tahun berikutnya, dan inilah yang menginspirasinya untuk menjadi seorang musisi. Dia langsung tertarik dengan dram. Setelah menyelesaikan pelajarannya di sekolah dan prifat, dia melakukan jamming dengan musisi yang lebih tua, dan setelah dia agak dewasa dia bermain di klub local. Sering melakukan pertunjukkan di kota asalnya, dia menyadarai bahwa Horseheads, NY bukan tempat untuk mewujudkan cita-citanya, dia pindah ke Tampa, Florida pada 1981. Tapi itu merupakan kesalahan dan dia pulang ke NY. Dua tahun kemudian dia pindah ke Boston dan bergabung dengan band yang membawakan lagu-lagu orang lain bersama teman asal kota yang sama. Melalui beberapa teman, Jeff kemudian bertemu dengan gitaris asal kota Boston, Matt Leff. Matt telah mempunyai band Wicked Witch, yang vokalisnya adalah Zak Stevens. Wicked Witch mengalami beberapa perubahan line-up dan bubar saat Matt dan Jeff mulai tampil bersma. Zak tinggal di Hollywood tapi memutuskan untuk pindah ke Boston untuk membentuk versi kedua Wicked Witch. Pada suatu malam akhir 1989, Zak akan bertemu dengan Matt dan Jeff. Setelah menjemputnya di bandara, ketiganya memutuskan untuk pergi ke klub di tengah kota Boston bernama The Channel. Kebetulan band yang bermain saat itu adalah Savatage.

Wikked Witch bermain ratusan kali di daerah New England dalam beberapa tahun, membuka banyak acara nasional dan menjadi penampil utama di klub rock yang besar. Pada 1991 Nirvana datang ke blantika musik dan merubah tatanan rock and roll ke seluruh negeri. Sama seperti ratusan band lainnya, Wicked Witch mengalamai perubahan. Pada musim gugur 1992, Jon Oliva menyatakan dia keluar dari Savatage. Zak dipanggil untuk menggantikannya. Dengan Wicked Witch di persimpangan. Zak menerima panggilan itu, dan melakukan debut di album Savatage tahun 1993, Edge Of Thorns. Wicked Witch bubar tak lama kemudian, karena mereka tidak bisa mencari pengganti untuk Zak. Pada 1993 Jeff kembali ke New York untuk mencari grup. Dia bergabung dengan band rock country/alternative bernama Voodoo Rodeo, yang bisa mencuri perhatian para penggemar lagu country dan rock.


Setelah mendengar kematian Criss Oliva, gitaris dan anggota pendiri Savatage, Jeff menghubungi Zak Stevens untuk menanyakan kabarnya, dan terkejut bahwa Savatage akan tetap berdiri dan berlanjut, dan mereka ingin dia menjadi pemain dram baru grup tersebut. Bergabung dengan band untuk tur AS album Handful Of Rain di musim gugur 1994, mereka kemudian pergi ke Jepang untuk merekam “Japan Live ‘94”. Ini adalah rekaman professional pertama bagi Jeff. Dia kemudian merekam tiga album lagi dengan Savatage, “Dead Winter Dead”, “The Wake Of Magellan”, dan “Poets and Madmen”. Tur dunia dilakukan untuk mendukung rilisan tersebut. Walaupun band belum pernah tampil sejak 2012, tidak ada pernyataan resmi tentang pembubaran grup.

Kesuksesan single “Christmas Eve (Sarajevo 12/24)” dari Dead Winter Dead membuat terbentuknya formasi the Trans-Siberian Orchestra (TSO). Jeff telah merekam setiap rilisan TSO hingga kini; “Christmas Eve and Other Stories”’ “The Christmas Attic”, “Beethoven’s Last Night”, “The Lost Christmas Eve”, “Nightcastle” dan EP “Dreams Of Fireflies (On A Christmas Night”. Dia juga tampil pada tiap tur Trans-Siberian Orchestra, termasuk tur tahunan Winter Tour dan Spring Tour. The Trans-Siberian Orchestra telah menjual lebih 10 juta cd dan tiket konser hingga saat ini.

Selain bekerja dengan TSO, dia juga tampil pada album solo sesama anggota TSO Chris Caffery, dan telah tampil di sejumlah show dengan mantan violinis Mark Wood and his Electrify Your Strings Program. Jeff selalu menyatakan bahwa show dengan EYS adalah penampilan dia yang paling berharga, berhubungan langsung dengan musisi muda dan anggota orkes. Pada 2006 Jeff merekam “Long Time No Sing” dengan vokalis John West.


Legenda heavy metal, Metal Church, memanggilnya pada 2006, dan Jeff bergabung dengan band. Dia telah merekam 3 album dan telah melaukan tur dengan band. Setelah beberapa perubahan anggota dan beberapa kali vakum, band tersebut masih kuat dan menyiapkan album baru dan tur pada 2015.


Pada 2009 Jeff membentuk grup heavy metal baru dengan alumni Savatage Zak Stevens (vocal), Matt Leff (gitar), dan Chris Rapoza (bass) – bernama Machines Of Grace. Band telah mempunyai sebuah rilisan dengan judul yang sama dengan nama band. MOG merupakan perpanjangan proyek Wicked Witch dimana Jeff, Matt, dan Zak pernah bermain saat di Boston. Album tersebut diterima dengan baik, ulasan yang sangat bagus, tapi karena kesulitan dan biaya untuk meneruskna proyek membuatnya berhenti setelah rilisan pertama.


Kehilangan kakak perempuannya, Terry karena kecelakaan mobil pada 2003 adalah masa yang paling sulit bagi Jeff, “Masa-masa ini melatakkan segalanya dalam ketidakjelasan. Merubah hidupku…”. Terry mempunyai dua putra, Bradley dan Jeff.

Pada 2008 Jeff menikah dengan Cathy Fracasso. Saat ini tinggal di pinggiran New York, mengajar prifat dan tampil secara local dengan band covernya RUST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...