Laman

Rabu, 23 Maret 2016

KEITH RELF




Dilahirkan dengan nama William Keith Relf pada tanggal 22 Maret 1943 di Richmond, Surrey, Inggris. Dia terkenal sebagai vokalis utama dari band The Yardbirds.

Keith mulai bermain dalam sebuah band sekitar musim panas 1956 sebagai penyanyi, gitaris, dan pemain harmonica. Mengesampingkan deritanya karena masalah pernapasan, suaranya yang 'nge-blues' adalah kunci dari sound dan kesuksesan the Yardbirds, menurut pendapat banyak pihak, dan vokalnya menjadi kontribusi yang penting bagi band, juga dengan tiga gitaris utama band: Eric Clapton, Jeff beck, dan Jimmy Page - yang didukung oleh pemain bass Paul Samwell-Smith, gitaris/bassis Chris Dreja, dan dramer Jim McCarthy.

Keith ikut menulis lagu di lagu-lagu klasik Yardbirds ("Shapes of Things", I Ain't Done Wrong", "Over Under Sideways Down", "Happening Ten Years Time Ago"), kemudian lagu yang lompat ke musik akustik/folk era 60-an ("Only the Black Rose"). Dia juga menyanyikan versi awal "Dazed and Confused" saat Yardbirds melakukan konser, lagu tersebut direkam oleh band penerus, Led Zeppelin.

Singel solo debutnya, "Mr. Zero", berada pada No. 50 di UK Singles Chart pada mei 1966.


Setelah The Yardbirds bubar pada Juli 1968, Keith membentuk duo akustik, Together, dengan rekan Yardbirds, Jim McCarthy, yang segera diikuti oleh Renaissance (yang juga menampilkan adiknya, Jane Relf). Setelah meninggalkan Renaissance pada 1970, dia mulai menjadi produser bagi artia lain: Steamhammer, band folk rock Hunter Muskett, grup akustik world music Amber, band psychedelia Saturnalia, dan band blues-rock Medicine Head (dimana dia juga bermain bass). Pada tahun 1974, dia membentuk grup progresif/rock Armageddon-debut album mereka, Armageddon, direkam di Inggris dan dirilis di AS via A&M Records. Di catatan pada album tertulis "supergroup'; anggota mereka (selain Keith), terdiri dari Bobby Caldwell (sebelumnya anggota Captain Beyond dan Johnny Winter Band), gitaris Martin Pugh (dari Steamhammer, The Rod Stewart Album, dan kemudian 7th Order, dan pemain bass louis Cennamo (juga mantan Renaissance dan Steamhammer).

Pada 1966, dia menikah dengan April Liversidge. Mereka mempunyai dua orang putra, Danny dan Jason.

Keith Relf berusia 33 tahun (14 Mei 1976) saat dia tewas karena tersengat listrik, di ruang bawah rumahnya, saat memainkan gitar grounded. Saat itu, disebutkan bahwa Keith dalam proses mengumpulkan kembali line-up asli Renaissance - yang kemudian bernama Illusion.

Pada 1992 saat the Yardbirds dinobatkan ke Rock N' Roll Hall Of Fame, Keith diwakilkan kepada istrinya, April, dan putranya, Danny.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...