Laman

Senin, 28 Maret 2016

TONY BANKS




Lahir dengan nama Anthony George Banks pada 27 Maret 1950 di East Hoathly, East Sussex, Inggris. Dia menerima pelajaran piano klasik dan belajar bermain gitar sendiri. Dia bersekolah di Charterhouse School, dimana dia bertemu sesama murid Peter Gabriel pada 1963. Banks awalny berencana untuk belajar matematika di pendidikan yang tinggi. Setelah Charterhouse dia muali nelajar kimia di Susses University tapi segera beralih ke ilmu logis dan fisika. Setelah satu tahun di Sussex, dia pergi untuk mengeksplorasi karir penuh dengan Genesis dan tidak pernah kembali.

Banks dan Gabriel, bersama dengan drumer Chris Stewart, membentuk sebuah band bernama Garden Wall. band ini bersatu dengan band lain bernama Anon, yang menyertakan Mike Rutherford dan Anthony Phillips. Mereka merekam sejumlah demo yang akhirnya membawa pada sebuah formasi band yang menjadi Genesis.


Aransemen yang bervariasi dan solo kibord Banks - seperti permulaan piano di "Firth of Fifth" dan seksi instrumental di "The Cinema Show", "Watcher of the Skies", dan "Supper's Ready" - membantu memantapkan sound Genesis. Selain bermain kibord, Banks berkontribusi (bersama dengan Anthony Phillips, Steve Hackett dan Rutherford) ke Genesis gitar 12-string di lagu-lagu seperti "The Musical Box", "Entangled", "The Cinema Show", dan awal bagian dari "Supper's Ready". Banks juga sesekali mengisi vokal latar dan ikut menjadi vokalis utama pada "Shepherd," sebuah lagu yang tidak dirilis dari 1970 yang akhirnya muncul di Genesis 1967-75 boxed set. Lagu-lagu Genesis yang ditulis Banks antara lain (setelah Peter Gabriel) antara lain "Mad Man Moon," "One for the Vine" dan balada anthemic "Afterglow", yang tetap populer saat dibawakan secara medley oleh grup selama pertunjukan selama bertahun-tahun.


Genesis mengumumkan sebuah tur reuni pada 2006; saat Gabriel menolak untuk tampil, diputuskan oleh anggota band bahwa lineup tiga orang akan lebih layak, dan Daryl Stuermer dan Chester Thompson doundang untuk tampil. Turn It On Again: The Tour mulai pada 11 Juni 2007 di Helsinkim, dan berakhir pada 13 Oktober 2007 di Hollywood Bowl.


Banks menulis musik-musik untuk film: The Shout (1978) (bersama dengan Mike Rutherford dan Rupert Hine), The Wicked Lady (1983), Lorca and the Outlaws (1984) dan Quicksilver (1986) sebuah single yang diproduseri oleh Richard James Burgess. Banks juga seorang calon yang akan menggubah musik untuk The Terminator dan telah dikirim naskah.

Setelah kepergian Gabriel dan Hackett dari Genesis, Banks adalah yang pertama dari tiga anggota grup yang merilis album solo. Tapi tidak seperti Phil Collins dan Gabriel, yang mendapatkan kesuksesan album solo, dan Mike Rutherford, yang memiliki karir sampingan yang sukses dengan  Mike + the Mechanics, karya solo Banks hanya menerima penjualan menengah. Pada 1998, para penggemar sebuah band penghormatan bernama Strictly Banks, dan membawakan sejumlah lagu solo Banks.


Terpisah dari album The Fugitive dan lagu terpilih lainnya, Banks telah mempekerjakan vokalis tamu lainnya di album solonya; antaranya Fish, Nik Kershaw, Toyah Wilcox, Jack Haues dan Jim Diamond.


Musik klasik adalah salah satu pengaruh musik awal Banks. Dia belajar untuk memainkan musik piano oleh para komposer seperti Sergei Rachmaninoff dan maurice Ravel dan mendengarkan The Planets oleh Gustav Holst saat dia masih anak-ana. Dia kemudian tertarik dengan musik Gustav Mahler setelah mendengarnya di filem Death in Venice. Dia juga menyebut Dmitri Shostakovich dan Erik Satie sebagai komposer yang musiknya dia nikmato. Dia menyebut Symphony No. 4 in A Minor dan Symphony No. 7 in C Minor oleh Jean Sibelius dan Symphony No. 5 di D major-nya Ralph Vaughan Williams sebagai musik kegemarannya. Para kritikus menyebut bahwa Vaughan Williams dan komposer filem John Barry adalah pengaruh utama di komposisi orkestra miliknya. Banks memiliki kemiripan gaya di karya orkestranya dengan Vaughan Williams, Sibelius dan Barry.


Pada 2004, Banks merilis sebuah CD klasik berjudul Seven: A Suite for Orchestra. Komposisi Banks dibawakan oleh London Philharmonic Orchestra, dikonduktori oleh Mike Dixon, dan Banks sendiri memainkan piano dengan orkestra pada tiga lagu. Album ini menerima rilisan dunia melalui Naxos Records.

Pada 26 Maret 2012, album klasik kedua Banks dirilis, berjudul Six Pieces for Orchestra, dibawakan oleh City of Prague Philharmonic Orchestra dikonduktori oleh Paul Englishby: "Siren" menampilkan Martin Robertson pada alto sax, "Still Waters", "Blade" dengan Charlie Siem pada violin, "Wild Pilgrimage", "The Oracle" dan "City of Gold".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...