Laman

Minggu, 20 Maret 2016

BERNIE TORME





Lahir dengan nama Bernard Tormey pada 18 Maret 1952 di Dublin, Irlandia. Torme terpengaruh oleh Jimi Hendrix, Jeff Beck, Rory Gallagher, dan Gary More dari Thin Lizzy dan membentuk bandnya sendiri di usia muda. Penampilan pertamanya yang mendapat bayaran datang saat Don Harris, seorang drummer berusia 14 tahun dengan siapa dia bermain saat dia berusia 17 tahun, mendapatkan sebuah jadwal manggung di acara dansa Girl Guides’ lokal di Kilmainham di Dublin. Torme kemudian bermain di sebuah band Dublin ‘The Urge’ di awal 1970an sebelum berpindah ke London di tahu 1974, dimana dia pertama kalinya dengan band heavy rock ‘Scrapyard’ (yang pemain bass-nya, John McCoy nantinya akan bereuni dengan Torme di Gillan), sebelum membentuk band punk ‘Bernie Torme Band’ pada tahun 1976. The Bernie Torme Band mnelakukan tur dengan The Boomtown Rats dan Generation X dan lainnya. Torme telah mengungkapkan bahwa dia mendapatkan jatah band pendukung dengan Boomtown Rats dengan menyetujui untuk berkeliling London menyebarkan iklan poster tur.


Pada tahun 1977 band diminta untuk berkontribusi dua lagu untuk album Live At The Vortex, “Streetfighter” dan “Living for Kicks”. Ini membawa mereka teken kontrak dengan label Jet Records, yang “…membayar kami 40 quid seminggu setiap 18 bulan berikutnya… Terpisah dari bahwa mereka benar-benar memperalat kami, mereka lebih mirip ELO.”


Frustrasi dengan kesuksesan komersil, Torme menerima undangan mantan vokalis Deep Purple Ian Gillan pada 1979 untuk bergabung dengan bandnya, dan menjadi bagian band inilah Torme terkenal.

Lebih dari empat tahun berikutnya grup menikmtai tiga album Top Ten UK (Mr. Universe, Glory Road, dan Future Schock, selain yur secara luas keliling dunia ke Eropa, Jepang, dan AS.


Pada tahun 1981 Torme meninggalkan Gillan, menyatakan kekurangan uang meskipun melakukan tur dunia sebagai alasan utamanya. Dia bermain sebagai musisi sesi live untuk Atomic Rooster dan kemudian Ozzy Osbourne sebagai penerus darurat dari gitaris asli yang baru meninggal Randy Rhoads. Torme dipekerjakan untuk bermain pada jadwal berikut yang diakibatkan konser yang tertunda setelah kematian Rhoads. Setelah hanya7 pertunjukan dalam 10 hari, Torme pergi untuk berkonsentrasi pada bandnya sendiri Electric Gypsies dan digantikan oleh Brad Gillis.

Sejak tahun 1982 Torme memimpin bandnya sendiri dibawah berbagai nama dan lineup (termasuk sebuah versi dari Torme dengan penyanyi Phil Lewis, mantan Girl dan kemudian L.A. Guns).


Torme menghabiskan beberapa tahun dengan band Desperado dengan mantan penynayi Twisted Sister Dee Snider. Walau rekaman hanya dirilis terbatas, Snider menggunakan kembali sejumlah nomor lagu untuk proyek selanjutnya, Widowmaker (jangan bingung dengan band asal Inggris 1970an dengan nama yang sama).

Torme juga bermain gitar di album solo Rene Berg, The Leather, The Loneliness And Your Dark Eyes, yang dirilis pada 1992.

Selain melanjutkan merilis rekaman Torme yang baru dan perilisan ulang judul catalog lamanya, Torme juga terlibat dengan proyek ‘the Silver’, yang juga menyertakan mantan vokalis Michael Schenker Group Gary Barden.


Pada tahun 2006, Torme meluncurkan formasi Guy McCoy Torme (atau “G.M.T”), dengan mantan bassis Gillan, John McCoy dan drummer Robin Guy. Pada tahun 2007, Torme berkontribusi gitar utama dan bagia sitar untuk “Smile In Denial”, trek #4 dari Yoni, sebuah album solo frontman Wildhearts Ginger.

Torme juga menjalankan label rekamannya sendiri, Retrowork Records, dan studio rekaman, Barnroom Studios di Kent, dimana dia tinggal dengan keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...