Laman

Kamis, 31 Maret 2016

MICK RALPHS




Lahir dengan nama Michael Geoffrey Ralphs pada 31 Maret 1944 di Stoke Lacy, Herefordshire, Inggris.

Ralphs memulai karirnya saat remaja, bermain dengan band blues rock the Buddies. Dia merilis sebuah single dengan grup itu pada 1964 sebelum bergabung dengan Mod Doc Thomas Group pada 1966. Setelah debut album di Italia, band merubah namanya dua kali, pertama menjadi Silence pada 1968 dan kemudian, pada 1969, menjadi Mott the Hoople. Ralphs bersama dengan Mott the Hoople hingga 1973.


Pada 1973, dia mendirikan Bad Company bersama dengan vokalis Paul Rodgers dari Free. Album debut band pada tahun itu menyertakan hit yang ditulis Ralphs “Can’t Get Enough”, dimana Ralphs merubah tuning gitarnya menjadi open-C tuning C-C-G-C-E-G, menyatakan, “lagu itu tidak pernah memiliki suara yang benar dengan tuning standar. Perlu C terbuka untuk memiliki tuning yang tepat.” Album debu mencapai nomor 1 di AS. Ralphs terus rekaman dan tur dengan Bad Company hingga band asli bubar pada 1982.


Pada 1984 dia melakukan tur dengan gitaris Pink Floyd, David Gilmour di tur About Face-nya Gilmour. Pada 1985m dia merilis sebuah album solo, Take This, yang menyertakan drummer Bad Company Simon Kirke. Dia bergabung dengan gitaris Bad Company masa depan Dave Colwell untuk live yang terbatas empat jadwal untuk mendukung album itu, yang juga menampilkan drummer Chris Slade dari Uriah Heep dan pemain kibord Lindsay Bridgewater, yang pernah tampil dengan Ozzy Osbourne. Dia tampil satu kali dengan sebuah band bernama Cold Turkey.

Bad Company terbentuk kembali dengan lineup berbeda antara 1986 dan 1998. Tapi setelah tur reuni dengan empat anggota asli pada 1999, Ralphs menguumkan bahwa dia berhenti melakukan tur, sesuatu yang membuat dia tidak merasa nyaman dengan band, sejak dia memiliki takut terbang yang parah.

Album solo kedua Ralphs, It’s All Good, sebuah instrumental, datang pada tahun 2001. Dua tahun kemudian albumnya That’s Life - Can’t Get Enough dirilis, termasuk sebuah versi demo dari “Can’t Get Enough”.


Pada 2004, dia sekali lagu bersatu dengan mantan kolega Mott the Hoople, Ian Hunter, memainkan gitar utama kedua (bersama dengan Andy York)di tur UK Hunter. Ralphs tampil di koser tahun 2005 Hunter di London Astoria, dengan Ralphs memainkan solo gitar di “All the Way from Memphis”.

Pada Juli 2008, diumumkan bahwa lineup asli dari Bad Company (minus Boz Burrell yang meninggal pada September 2006) akan melakukan pertunjukan satu kali di the Seminole Hard Rock Hotel and Casino di Hollywood, Florida pada 8 Agustus 2008. Menurut Paul Rodgers, mereka melakukan pertunjukan ini untuk ‘melindungi warisan yang telah mereka bangun dan memantapkan hak merek dagang Bad Company untuk tur’. Lineup rutin sekarang dari Bad Company terdiri dari Ralphs, dengan Rodgers dan Kirke.

Mott the Hoople, termasuk Ralphs, melakukan reuni untuk dua pertunjukan di the Blake Theatre di Monmouth dekat dengan Rockfield studios dimana mereka berlatih sebelum memainkan lima konser di Hammersmith Apollo di London, selama September dan Oktober 2009. Semua kelima anggota asli berpartisipasi di reuni dengan Martin Chambers membantu pada drum.


Pada 2011, Ralphs membentuk The Mick Ralphs Blues Band dengan para musisi yang dijumpai saat menjadi tamu di sesi bermain di Nag’s Head pub di High Wycombe: Stuart Son Maxwell, harmonica/vokal; Jim Maving, gitar; Sam Kelly, drum; Dickey Baldwin, bass. Situs band menyatakan bahwa Ralphs akan mengeksplorasi akar blues dan soul-nya, memainkan lagu cover dari lagu-lagu blues dan R&B klasik. Band membuta debutnya sebagai Mick Ralphs and Co di Jagz Club di Ascot pada Juni 2011, merubah nama menjadi the Mick Ralphs Blues Band tidak lama kemudian. Jadwal lebih jauh pada akhir 2011 dan awal 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...