Laman

Rabu, 30 Maret 2016

BOBBY KIMBALL




Lahir dengan nama Robert Troy Kimball pada 29 Maret 1947 di Orange, Texas, dan dibesarkan di dekat Vinton, Louisiana, karena Vinton tidak memiliki sebuah rumah sakit (dengan demikina, dia lahir di seberang negara bagian). Kimball mulai menyanyi saat anak-anak, memainkan vokal dan paino di sebuah rumah musik selama masa mudanya. Selama 1970an, Kimball tampil sebagai vokalis di beragam band di wilayah New Orleans, termasuk The Levee Band, yang kemudian menjadi LeRoux setelah Kimball pergi.

Pada 1974, Kimball meninggalkan Louisiana dan pindah ke Los Angeles dimana dia bergabung dengan tiga anggota dari band yang tidak aktif, Three Dog Nioght, untuk membentuk sebuah band bernama S.S. Fools. Mereka merilis sebuah album di CBS Records, tapi band bubar dalam satu setengah tahun. Sekitar enam bulan kemudian, Kimball diminta oleh David Paich dan Jeff Porcaro, untuk bergabung dengan lima musisi sesi untuk membentuk Toto. Dia membawakan lagu audisi yang dia tulis sendiri untuk band, “You Are the Flower”, yang dimasukkan di album debut mereka. Kimball tampil di empat album pertama oleh Toto, tapi dikeluarkan dari band pada 1984 selama sesi untuk album Isolation.


Legenda urban tersiar lama bahwa nama band memberi nama ‘Toto’ dari nama “asli” Kimball, “Robert Toteaux.” Kenyataannya, cerita ini adalah sebuah candaan yang dibuat dan disebarkan oleh bassis asli Toto, David Hungate. Menurut gitaris Toto Steve Lukather, alasan pemilihan nama band ini adalah bahwa Toto adalah “sangat sederhana, mudah untuk diingat dan dengan mudah dikenali dalam setiap bahasa.”

Setelah dipecat dari Toto pada 1984, Bobby Kimball pindah ke Jerman untuk karir solo dibawah produser Frank Farian dari Far Corporation.


Kimball juga terus berkerja sebagai penyanyi sesi, menyanyikan vokal latar dengan trio yang terdiri dari Michael McDonald dari The Doobie Brothers dan Bill Champlin dari Chicago. Kimball hampir diminta oleh band untuk kembali ke Toto selama 1989-1990 untuk merekam lagu untuk album greatest hits band, Past to Present 1977-1990, hanya untuk digantikan oleh penyanyi Jean-Michel Byron (sebuah keputusan datang dari Sony, perusahaan rekaman band pada saat itu). Byron dipersilakan pergi tidak lama berselang, dan gitaris-vokalis Steve Lukather mengambil alih tugas vokal utama Toto dari 1991 hingga 1999. Setelah meninggalkan band, Kimball merilis album live Classic Toto Hits pada akhir 1990, dimana dia membawakan beragam lagu Toto dari tahun-tahun sebelumnya. Dia merekam album itu dengan the Frankfurt Rock Orchestra. Pada 1994, Kimball merilis album solo pertamanya Rise Up, menampilkan single “Woodstock”.

Pada 1998, Kimball bergabung kembali dengan Toto. Band kemudian kembali ke studio untuk merekam Mindfields. Toto melakukan tur untuk mendukung Mindfields selama 1999 dan 2000. Pada akhir 1999, band merilis album live, Livefields. Pada 1999, Kimball merilis album solo keduanya All I Ever Needed, dengan single “Kristine”. Pada 2002, Toto merilis album cover Through the Looking Glass. Pada Februari 2006, Toto merilis Falling In Between, album studio pertama dengan materi baru sejak 1999; namun, diumumkan pada Juni 2008 bahwa anggota band telah berpisah. Kimball kini memiliki situsnya sendiri dimana dia menawarkan nasehat vokal untuk para penyanyi pemula.

Kimball melakukan tur dan melakukan konser dengan banyak band teman-temannya keliling dunia. Pada Januari 2010, dia melakukan 14 konser di Jerman di tur “Rock Meets Classic” dengan Bohemian Symphony Orchestra Prague, menampilkan Phillip Maier sebagai konduktor dan aranjer musik. Para penyanyi dengan Kimball di tur ini adalah Lou Gramm, vokalis utama asli dari Foreigner, dan Dan McCaffert, dari band Nazareth.

Pada 16 Mei 2010, di LMHOF Louisiana Music Homecoming di Erwinville, LA, Bobby Kimball dilantik ke dalam The Louisiana Music Hall of Fame.

Kimball merekam sebuah album rock progresif pada 2010 berjudul Elements dibawah nama Yoso dengan mantan anggota Yes Tony Kaye dan Billy Sherwood. Kimball merekam album 2011 Kimball/Jamison dengan Jimi Jamison.


Pada Juli 2011, Kimball melakukan tur Irlandia dengan band Irlandia yang naik daun, Shadowplay. Tur mengunjungi Dublin, Galway, Limerick dan Sligo, diluar dari penampilan sebagai penampil utama di The Buncrana Music Festival, acara musik nirlaba terbesar Irlandia.

Pada November 2012, Kimball melakukan tur Amerika Selatan. Tur meliputi Argentina, Uruguay, Chile dan Peru.

Pada Maret 2013, Kimball adalah vokalis tamu khusus dalam pertunjukan penghormatan rock klasik Raiding the Rock Vault di Las Vegas, Nevada.

Pada Mei 2014, di Genoa, di the FIM – Fiera Internazionale della Musica, Kimball menerima dari pimpinan acara Verdiano Vera, the FIM Award 2014 – Legend of Rock – Best Voice.

Pada Februari 2015, dia mewakili AS di LVI International Song Festival di Vina del Mar, Chile, dengan lagu “Living Your Life for Happiness”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...