Laman

Selasa, 15 Maret 2016

BILLY SHERWOOD





Lahir pada 14 Maret 1965 di Las Vegas, Nevada, AS dengan nama William Wyman Sherwood. Dia lahir dalam keluarga musik dimana ayahnya, Bobby Sherwood, adalah seorang aktor, musisi, dan pimpinan big band, ibunya, Phylis, adalah seorang penyanyi dan drumer, dan kakaknya, Michael, adalah seorang kibordis dan penyanyi. Kakeknya adalah almarhum Milton Berle (komedian dan aktor Amerika). Billy memiliki seorang istri, Michi.


Karir musik Sherwood dimulai saat dia bergabung dengan sebuah band bernama Lodgic yang dibentuk oleh Michael. Billy bermain bass dan menyanyi, sedangkan Michael bermain kibord dan menyanyikan vokal latar. Lodgic juga menyertakan Guy Allison pada kibord, Jimmy Haun pada gitar dan Gary Starns pada drum. Mereka kemudian memindahlan band ke Los Angeles pada tahun 1980. Setelah bertahun-tahun melakukan usaha bersama, mereka merekam album debut mereka Nomadic Sands, yang dirilis pada 1985.


Lodgic akhirnya bubar, dan Sherwood membuat sebuah band baru dengan Guy Allison. Mereka merekrut gitaris Bruce Gowdy dan drumer Mark T. Williams untuk membentuk World Trade. Mereka merekam debut self-title mereka pada 1989, dengan Sherwood berperan sebagai penata rekam, mixer, dan produser lagi, bersama dengan tugas di band sebagai bassis dan penyanyi utama.

Kemudian, Sherwood dan Gowdy diminta untuk datang dan bermain dengan Chris Squire, dan Tony Kaye dari Yes. Penyanyi Jon Anderson dan gitaris Trevor Rabin telah meninggalkan band dan ide untuk Sherwood dan Gowdy untuk menggantikan mereka di band. Rabin kembali ke band, tapi demo direkam dengan lineup dari Squire, White, Kaye, Rabin dan Sherwood. Namun, Yes bergabung dengan Anderson Bruford Wakeman Howe dan Sherwood mengambil peran sebagai musisi pendamping, muncul di satu lagu di album berkitnya, Union. seperti Trevor Horn sebelum dia, Sherwood tidak nyaman dengan ide mengganti Anderson sebagai frontman Yes, tapi dia membangun pertemanan dengan Squire yang membawanya bekerja dengan Squire selama 20 tahun ke depan.

Selama hiatus Yes, Squire membuat the Chris Squire Experiment, menjadikan Sherwood sebagai penyanyi utama sambil memainkan gitar dan kibord. Sherwood kemudian melakukan rekaman sebuah proyek bernama The Key dengan gitaris Marty Walsh, walaupun mereka tidak merilis album itu hingga 1997.

Di belakang layar, Sherwood bekerja dengan Motorhead, Dangerous Toys, dan Paul Rodgers (mantan Bad Company) sebagai produser dan penata rekam. Sherwood juga menjadi tamu di album Kingdom of Desire-nya Toto, menyanyi dan bermain bass. Dia juga memproduseri beberapa album tribute, antara lain Jeffology, sebuah tribute untuk Jeff Beck. Sherwood kemudian bergabung dengan Yes sebagai musisi tambahan, memainkan gitar dan kibord untuk tur mereka untuk mendukung Talk.

Sherwood bersama kembali dengan rekan sebandnya di World Trade dan merilis Euphoria pada tahun 1995, dengan Jay Schellen mengantikan Williams pada drum. Setelah ini, dia bekerja dengan beragam artis. Sebagian besar pekerjaannya adalah produser, mixer dan penata rekam, termasuk satu album trubute lagu: Dragon Attack, sebuah penghormatan untuk Queen; Salute to AC/DC; dan Crossfire, sebuah penghormatan untuk Stevie Ray Vaughan.

Sherwood ikut memproduseri, menata rekaman dan mixing lagu studio baru untuk album Keys to Asecension dan Keys to Ascension 2 milik Yes. Sherwood mulai mengerjakan album ketiga dengan World Trade, tapi band akhirnya bubar. Dia kemudian menggunakan banyak materi itu sebagai album solo debit, The Big Peace, yang dirilis pada 1999.

Setelah dua album Keys to Ascension, Rick Wakeman meningalkan Yes. Pertemanan Sherwood dengan Chris Squire membawanya diminta untuk bergabung dengan band lagi. Materi yang mereka tulis bersama digunakan sebagai basis album Open Your Eyes, yang dirilis pada 1997 oleh Yes. Sherwood memainkan gitar dan kibord. Igor Koroshev bergabung dengan band sebelum tur sebagai kibordis yang membuat Sherwood memainkan gitar dan mengisi vokal latar.

Setelah kembali dari tur, Sherwood dan Yes kembali ke studio untuk merekam The Ladder. Selama waktu ini juga, Sherwood dan Squire memulai untuk menyelesaikan album mereka Conspiracy, sebgain besar berdasrkan materi Chris Squire Experiment, yang dirilis saat Yes tengah melakukan tur untuk mendukung The Ladder pada tahun 2000. Billy juga memiliki waktu untuk tampil di album Tangletown milik adiknya, Michael, yang dirilis pada 1999.

Yes merekam sebuah pertunjukan selama tur The Ladder di kota asal Sherwood Las Vegas di the House of Blues. Ini dirilis sebagai sebuah album dan DVD berjudul House of Yes. Kemudian setelah tur, sebuah pengumuman datang bahwa Sherwood bukan lagi anggota Yes.
Setelah kepergiannya dari Yes, Sherwood bekerja dengan Chris Squire untuk merilis Conspiracy, termasuk beberapa karya yang mereka gubah beberapa tahun sebelumnya. Setelah itu, Sherwood menggubah album solo pertamanya berjudul The Big Peace dimana dia memainkan sebagian besar alat musik dan menjadi produser. Album ini kembali ke basis akar progresifnya.


Pada tahun 2003, Sherwood merilis album lain dengan Chris Squire, proyek yang dikenal sebagai Conspiracy. Album itu diberi judul The Unknown.

Kemudian, Sherwood mengerjakan album tribute lagi, terutama Back Against the Wall dan Return to the Dark Side of the Moon, masing-masing penghormatan untuk The Wall and The Dark Side of the Moon-nya Pink Floyd. Yang terakhir berisi sebuah lagu baru yang direkam dengan Tony Kaye.


Pada tahun 2007, sebuah band baru dengan Sherwood, Alan White, Tony Kaye dan Jimmy Haun diumumkan, bernama Circa. Dengan perilisan album debut mereka Circa pada 2007 dan sebuah DVD live konser, Circa telah memainkan jadwal live yang beragam. White meninggalkan band dan digantikan oleh Jay Schellen.

Sherwood juga dikreditkan untuk menulislagu tema untuk seri anime online, King Fu Jimmy Chow.

Pada Agustus 2008, Sherwood merilis album solo ketiganya, At Speed of Life, dimana dia menerima sebuah penghargaan tahun itu sebagai Progressive Rock Produser terbaik.


Pada 14 januari 2009, Circa merilis sendiri di internet album studio keduanya, Circa HQ. Kali ini, White tidak bersedia karena komitmennya dengan Yes (yang telah memulai tur baru). Teman lama, kolaborator Sherwood dan drumer, Jay Schellen, menggantikan White pada album itu. Setelah sebuah tur internasional singkat, Sherwood dan lainnay memulai proyek lain dengan mantan penyanyi Toto, Bobby Kimball. Kimball, Sherwood, Tony Kaye dan Jimmy Haun membentuk band baru, Yoso, dengan album debut studio pada April 2009. Haun kemudian meninggalkan lineup (agar bisa fokus pada pekerjaannya di iklan). Dia digantikan oleh gitaris band penghromatan Yes, Johnny Bruhns. Schellen memilih untuk fokus pada kerjanya di Asia Featuring John Payne dan, setelah sejumlah drumer lainnya, band melakukan tur dengan Scott Connor pada drum. Yoso kemudian dibubarkan. Sherwood juga merilis album solo keempatnya, Oneirology.


Pada tahun 2011, Circa kembali dengan lineup baru yakni Sherwood, Kaye, Bruhns dan Connor, sedangkan Sherwood merilis album solo kelimanya, What Was the Question?. Pada 2012, Sherwood menulis, memproduseri, mengaransir dan bermain di The Prog Collective, sebuah album yang menampilkan kontribusi vokal atau alat musik dari banyak artis rock progresif yang pernah bekerja sama dengannya selama bertahun-tahun. Dia mengulang konsep itu dengan koleksi yang mirip dari artis-artis itu untuk Epilogue, yang dirilis pada 2013.


Pada 8 Oktober 2013, mereka merilis video resmi untuk rekaman William Shatner, Ponder the Mystery, diikuti oleh tur laris dengan Circa. Ponder the Mystery juga menampilkan pemunculan Steve Vai, Robby Krieger, Al Di Meola, George Duke, Vince Gill, Dave Koz, Rick Wakeman dan Edgar Winter. Dia juga bermain dengan Alan Parsons Project.


Pada 19 Mei 2015, diumumkan secara resmi bahwa Chris Squire akan menjalani perawatan untuk leukemia eryhthroid akut, dan bahwa Yes akan melanjutkan tur Amerika Utara 2015 mereka dengan Sherwood mengisi peran Squire. Setelah Squire meninggal pada 27 Juni 2015, Sherwood-juga anggota Yes lainnya (baik mantan atau saat ini)-membuat pernyataan publik mengekspresikan rasa dukanya. Berkenaan dengan peran barunya sebagai bassis permanen Yes: Chris berkata pada saya, 'mainkan musik, jadilah dirimu dan buatlah saya bangga'. Ini adalah hasrat sejati saya kini (untuk) menghidupkan harapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...