Laman

Rabu, 09 Maret 2016

MEL GALLEY




Lahir di Cannock, Staffordshire pada 8 Maret 1948 dengan nama Melville John Galley. Pada saat dia bergabung dengan Finders Keepers pada tahun 1968 dengan sesama warga Midlander Glenn Hughes pada bass dan Dave Holland pada drum, wilyaha itu telah menghasilkan sejumlah artis sukses dalam sebuah gerakan yang terkenal dengan nama Brum Beat – terkenal antara lain the Spencer David Group, the Moody Blues, the Fortunes dan the Applejacks, tapi mungkin lebih terkenal dengan penyanyi-penyanyi seperti Robert Plant, Noddy Holder, Steve Winwood, Roy Wood dan Jeff Lynne. Single paling sukses dari Finders Keepers adalah Sadie, the Cleaning Lady (1968).

Pada Maret 1969, Galley, Hughes dan Holland bergabung dengan penyanyi John Jones dan gitaris/kibordis Terry Rowley untuk membentuk Trapeze, yang dengan cepat dikenal saat mereka memutuskan untuk tidak menandatangani kontrak yang ditawarkan oleh label the Beatles yang berbasis di London, Apple, tapi malahan membuat sebuah keputusan besar dengan menandatangani kontrak dengan Threshold, yang dimiliki oleh the Moody Blues. Mereka merilis album debut mereka pada tahun 1970, tapi lineup band mengalami sebuah perubahan drastic saat Rowley dan Jones memutuskan untuk bergabung kembali dengan band mereka terdahulu, the Montanas. Galley, Hughes dan Holland terus sebagai sebuah “power trio”, tanpa ragu berharap sekeras dan sesukses seperti Cream.


Mereka segera merilis sebuah album berjudul Medusa dan menikmati tur AS yang sukses. Sebagian besar penulisan lagu dilakukan oleh Galley dan Hughes. Setelah perilisan album ketiga You Are the Music… We’re Just the Band, Hughes menerima tawaran yang tak dapat dia tolak: dia menggnatikan bassis Roger Glover di Deep Purple pada tahun 1973. Dengan musisi tambahan, Galley dan Holland terus menjaga Trapeze tetap hidup, tapi Galley menjadi anggota asli tunggal dari band saat, pada bulan Agustus 1979, Holland diberi tawaran sebuah pekerjaan di band heavy metal West Midlands, Judas Priest, yang dalam perjalanannya untuk mendobrak AS. Trapeze akhirnya dibubarkan pada tahun 1982 setelah penyanyi Pete Goalby bergabung dengan Uriah Heep dan Galley memutuskan untuk melakukan tur dengan versi baru Whitesnake yang dikomandani oleh David Coverdale.


Setelah rekaman pada tahun 1982 dari album Saints & Sinners, Galley menggantikan Bernie Marsden, yang bergabung dengan mantan drummer Rainbow dan Jeff Beck Group, Cozy Powell, dan bassis Colin Hodgkinson. Tapi lineup baru Whitesnake ini tidak bertahan lama, meskipun melakukan tur yang sukses pada 1982-83, yang mencakup pertunjukan di Monsters of Rock festival di Castle Donington, Leicestershire, pada tahun 1983. Setelah merilis album mereka Slide It In pada tahun 1984, Galley harus meninggalkan band karena dia mengalami patah lengan dalam sebuah kecelakaan yang serius.


Selama 1980an dia berkontribusi pada tuga album konsep yang hebat yang dirilis oleh Phenomena, sebuah proyek rock ambisius yang dihasilkan oleh adiknya, Tom. Proyek ini juga menampilkan anggota-anggota dari Asia, Queen, Deep Purple, Black Sabbath dan Whitesnake. Yang mengejutkan, album keempat dirilis pada tahun 2006.


Setelah dua reuni Trapeze dari versi Galley-Hughes-Holland pada 1991 dan 1994, karir Galley tidak mengalami kemajuan. Walaupun rekan-rekan seangkatannya yang lain menikmati kesuksesan profesional dengan beragam band heavy metal terkemuka, terasa sekali bahwa dia sangat jauh ketinggalan. Namun demikian, bakatnya sebagai seorang gitaris yang handal dan penulis lagu diremehkan adalah sebuah bukti kecil tapi tapi menarik dalam dunia musik rock.

Mel Galley meninggal karena kanker, pada tanggal 1 Juli 2008 di usia 60 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...