Laman

Jumat, 11 Maret 2016

ULI KUSCH



Lahir dengan nama Ulrich Kusch pada 11 Maret 1967 di Aachen, Jerman, adalah seorang drummer terkenal di beberapa band seperti Helloween, Gamma Ray, Masterplan dan Holy Moses. Dia di kenal karena permainan drumnya yang teknikal, kecepatan Speed Metal yang membentuk ritme dan kemampuannya menulis lagu.

Antara tahun 80-an sampai awal 90-an dia adalah musisi studio, dan telah main dengan banyak band seperti Holy Moses, Mekong Delta dan lain-lain. 


Pada tahun 1990, setelah drumer pertama Gamma Ray, Mathias Burchardt keluar dari band, Kai Hansen merekrut Uli untuk menjadi drumer Gamma Ray. Pada tahun 1991, formasi ini merilis album studio penuh kedua mereka berjudul Sigh No More, dan melakukan tur setelah itu.


Namun pada tahun 1992, Uli berhenti dari Gamma Ray. Dia bergabung dengan Axe La Chapelle pada tahun 1993 dan bermain drum untuk album “Grab What You can” sebelum kemudian bergabung dengan Helloween. Disini dia ikut merilis album Master Of The Rings tahun 1994 dan The Time Of The Oath tahun 1996. Tahun itu Helloween merilis dua CD Live berjudul High Live dimana disitu di tampilkan skill Uli dalam penampilan Live. Sementara itu Uli sendiri dan gitaris Gamma Ray, Henjo Richter membentuk dan memproduseri sebuah band tribute Rainbow yang di beri nama Catch the Rainbow, dan segera setelah itu musisi lainnya bergabung dengan mereka. Album mereka A Tribute To Rainbow dirilis pada tahun 1999 dengan sebelas lagu Rainbow yang di bawakan, dengan anggota lain dari Helloween dan Gamma Ray begitu juga dari band lain. Dia juga bermain di proyek sampingannya Markus Grosskopf, Shockmachine  untuk album mereka satu-satunya di tahun 1998. Helloween merekam Better Than Raw di tahun yang sama, di ikuti dengan album cover dari band yang di beri judul Metal Jukebox pada tahun 1999.


Uli tetap bersama Helloween sampai pada album The Dark Ride tahun 2000. Dia juga main di album Sinner tahun 2000, The End Of Sanctuary. Pada tahun 2001 Uli dan rekan satu bandnya Roland Grapow di pecat dari Helloween lewat e-mail oleh Michael Weikath. Mereka berdua kemudian membentuk Masterplan, sesuatu yang memang sudah direncanakan dari awal sebagai proyek sampingan. 


Bersama Masterplan Uli merekam dua album, yang pertama berjudul sama dengan nama band pada tahun 2003, dan yang kedua berjudul Aeronautics pada tahun 2005. Pada tahun yang sama, Uli membentuk sebuah band baru yang di beri nama Beautiful Sin dengan bantuan dari teman satu bandnya di Masterplan Axel Macenrott dan anggota dari Pagan’s Mind. Uli pergi dari Masterplan pada tahun 2006 dengan alasan masalah pribadi dan perbedaan bermusik. Dia berkata pada saat itu bahwa Beautiful Sin menjadi prioritas utamanya.


Uli  juga salah satu pendiri sebuah proyek band Progressive Power Metal bernama Ride The Sky, yang merilis debut albumnya melalui Nuclear Blast Records pada tanggal 24 Agustus 2007 berjudul  New Protection, namun band ini berpisah pada tahun 2008, karena kurangnya perhatian media dan dukungan yang kurang dari perusahaan rekaman. Dia juga bergabung kembali dengan band Progressive Thrash Metal Mekong Delta, dan merilis album Lurking Fear dengan mereka.




Pada akhir tahun 2010, Uli menjadi bagian dari supergrup power metal Symfonia yang dibentuk bersama André Matos, Timo Tolkki, Jari Kainulainen dan Mikko Härkin. Mereka membuat penampilan debut mereka di Finnish Metal Expo tahun 2011. Band ini masuk studio pada tahun 2010 untuk merekam debut album mereka yang di beri judul In Paradisum yang di rilis pada tanggal 25 Maret 2011. Selama persiapan untuk tur yang akan datang, Uli menderita sakit pada syaraf tangan kirinya yang memaksa band ini menyewa Axel Landenburg sebagai pengganti dirinya di Finnish Metal Expo dan juga jadwal konser lainnya. Berita terakhir mengatakan bahwa Uli resmi mundur dari Symfonia untuk melanjutkan pengobatan kerusakan syaraf di tangan kirinya itu yang membuat dia tidak bisa main drum selam setahun. Sejak tahun 2013 Uli mengajar drum di “Kulturskole Trysil/Norway” dan bermain sebagai free lancer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...