Laman

Kamis, 31 Maret 2016

JEFF YOUNG




Dilahirkan pada 31 Maret 1962 di Ann Harbor, Michigan, AS. Pada 1980, dia lulus dari Fairmont High School di Ketterring, Ohio, dan pindah ke Hollywood untuk belajar di Musicians Institute/GIT pada 1984. Dia lulus dari institute pada 1985 dan memulai karir sebagai guru gitar.

Gitaris Megadeth yang baru dipekerjakan Jay Reynolds (dari Malice) telah mempercayakan guru gitar Young untuk memainkan semua solonya di album baru, menterjemahkan rilisan Megadeth terdahulu, dan mengajarkannya segalanya untuk masa tur yang tertunda. Reynolds adalah salah satu murid gitar Young. Namun, setelah menyaksikan Young memainkan semua solo gitaris terdahulu Chris Poland dari Peace Sells… but Who’s Buying? not per not dalam waktu kurang dari 30 menit, frontman David Mustaine malahan memutuskan untuk mempekerjakan Young. Young masuk band dengan hanya dua minggu tersisa dalam jadwal rekaman dan berkontribusi separuh solo gitar dan bagian gitar ritem listrik dan akustik pada album itu.


Karir Jeff dengan Megadeth adalah menghabiskan rekaman dan tur dalam mendukung album platinum mereka tahun 1988, So Far, So Good… So What! Penampilan pertamanya dengan band muncul di The Decline of Western Civilization Part II: The Metal Years sebagai salah satu anggota Megadeth.

Pada 2009, Young mengeluarkan sebuah tanggapan online pada komentar yang dibuat oleh Dave Mustaine bahwa dia (Mustaine) “menyanyikan” solo gitar Jeff padanya. Dia menuduh Mustaine berdusta tentang ini, mengatakan Mustaine tidak pernah menyanyikan sebuah solo padanya atau bahkan dia dalam studio rekaman saat Young menulis atau merekam bagiannya.

Mengikuti waktunya di Megadeth, Jeff menulis kolom Fingerprints di majalah Guitar for the Practicing Musician. Dia juga memulai mempelajari secara luas blues dengan gitaris legendaris, Steve Hunter (Peter Gabriel, Lou Reed, Alice Cooper, Jason Becker).

Sebagai bagian dari 1990an, Jeff meninggalkan karirnya untuk berhubungan dengan kematian mendadak dari ayahnya dan kemudian dengan ibunya saat mempelajarai lebih jauh dalam klasik, flamenco, gypsy jazz dan musik dunia yang beragam lainnya.

Pada 1998, dia muncul kembali dengan rekan musik asal Brasil, Badi Assad. Bersama, duo ini menciptakan rekaman kolaborasi musik eksotis untuk Verve/Polygram berjudul, Badi Assad’s Chameleon. Album ini (ikut ditulis, diaransir, dan diproduseri oleh Jeff), menapak ke puncak tangga lagu world music di Jerman dan Belanda dan juga dipilih oleh angket pembaca majalah JAZZIZ: “Best Brazilian Albums of the Year.”

Membuka  konser untuk artis terkenal seperti Joe Cocker dan Cassandra Wilson, juga tampil di Lilith Fair pada 1999 dan Farm Aid 2000, hubungan Jeff dengan keluarga Assad juga menelurkan kolaborasi penulisan lagu dengan gitaris Sergioa Assad dan dua lagu dalam album Badi’s Verde.

Pada 2003, lagu “Waves’ dari Chameleon tampil di filem Michael dan Kirk Douglas, It Runs in the Family, juga di soundtrack filemnya.

Pada akhir Oktober 2009, album solo debutnya, Equilibrium, dirils di CDBaby.com. Young mulai mengerjakan album ini pada 2000. Secara gaya musik, album ini menampilkan gaya flamenco, klasik, 6 & 12 steel-string guitar juga gitar listrik. Equilibrium menampilkan penampilan para tamu oleh Debby Holiday, Twinkle, Gilli Moon, Lenine, Matt Chamberlain, Hilary Jones, Tony Franklin dan Viviana Guzman.

Young menderita kanker testis pada tahun 2003.

Young adalah pembawa acara acara radio internet Music Without Boundaries. Dia mengekspresikan pandangannya bahwa bumi itu rata saat dia mewawancarai Mark Sargent pada 8 Oktober 2015.

Proyek baru Jeff adalah duo/band modern funk, rock, soul, Jeff Young & Sherri. Single pertama duo ini, pembawaan ulang lagu The Rolling Stones, “Wild Horses” yang dirilis pada September 2013. Sebuah penampilan video mendapatkan 2.0000 kali dimainkan dalam dua hari di YouTube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...