Laman

Sabtu, 26 Maret 2016

STEVEN TYLER


Lahir pada 26 Maret 1948, dengan nama Steven Victor Tallarico di Yonker, New York. Steven memainkan dram dan bernyanyi sebelum menjadi pimpinan yang bombastik dan berwarna dari band rock Aerosmith. Grup telah menikmati sukses besar dengan lagu-lagu hit seperti “Dream On”, “Walk This Way”, “Love In an Elevator”, dan “I Don’t Wanna Miss a Thing”, dan lebih dari tiga dekade menjadi band yang kuat. Steven juga pernah menjadi juri American Idol selama dua tahun.

Sebagai penyanyi utama Aerosmith, Steven dianggap sebagai salah satu penghibur yang hebat dalam dunia musik rock. Putra dari seorang guru musik, dia bermain dram pada usia muda, tapi kemudian fokus untuk menyanyi.

Setelah pindah ke Boston pada akhir 1960-an, Steven bertemu dengan musisi-musisi yang akan membentuk grup rock Aerosmith. Dia bertemu dengan gitaris Joe Perry dan pemain bass Tom Hamilton saat mereka bermain dengan band yang berbeda di Sunapee, New Hampshire. Gitaris Roy Tabano (kemudian diganti oleh Brad Whitfoed) dan dramer Joey Kramer bergabung dengan lainnya untuk membentuk Aerosmith. Band ini tampil pertama kali pada 1970 dan menyewa apartemen di Boston.


Pada 1972, Aerosmith teken kontrak dengan Columbia Records. Tahun berikutnya album debut dengan nama band dirilis. Album ini menampilkan lagu “Dream On”, yang menjadi hit besar. Pada awal karir band banyak perbandingan dikaitkan dengan Rolling Stones karena sound blues yang mirip dan kesamaan fisik antara Mick Jagger dan Steven Tyler. Tapi dengan album ketiga mereka, Toys In the Attic (1975), band menjadi grup rock terdepan dengan cirri mereka sendiri. Untuk memperlihatkan bakat mereka dalam menciptakan hard rock, Aerosmith membuat lagu-lagu hit seperti “Sweet Emotion” dan “Walk This Way”.

Album berikut Rocks (1976) juga mempunyai penjualan yang kuat walaupun kurangnya single yang terkenal demikian juga album Draw The Line (1977). Tapi akhir decade, band mengalami masalah perpecahan. Joe dan Brad tiba-tiba keluar dari grup saat Steven makin terjerumus dengan obat bius. Steven tetap menjalankan grup dengan menambah anggota baru, tapi masalah pribadinya berakibat pada kemampuan kratifitasnya dan Aerosmith adalah merupakan bayang-bayang dari mantan anggotanya.


Pada pertengahan 80-an, Steve berencana menyatukan kembali band setelah menyelesaikan program rehabilitasi. Pada 1986, grup rap Run-D.M.C. membawakan lagu “Walk This Way” milik Aerosmith di album Raising Hell. Lagu tersebut juga menampilkan vokal Steven dan suara gitar Joe Perry, dan membantu Aerosmith bersinar lagi. Pada 1987, band membuat kemunculan kembali yang sukses: Tahun itu, Aerosmith merilis album Permanent Vacation, yang menampilkan lagu hit “Dude (Looks Like A Lady)” dan “Rag Doll”. Pengakuan sebagai supergrup rock makin ditandai dengan kseuksesan komersil dengan album berikutnya, Pump (1989), yang berisi lagu seperti “Love in an Elevator” dan “Janie’s Got a Gun”. Dengan makin terkenalnya chanel musik kabel MTV, video band menolong mereka mendapatkan penggemar dari generasi baru.

Kesuksesan Aerosmith berlanjut dengan album 1993, Get a Grip, yang mempunyai single seperti “Livin’ on the Edge”, “Cryin’”, dan “Crazy”. Pada akhir 1990-an, grup ini tidak bisa mempertahankan momentum tersebut dengan album baru. Steven dan rekan-rekan bandnya masih merupakan daya tarik besar konser yang membuat para penggemarnya ingin melihat mereka di atas panggung.


Masalah kesehatan juga mulai melanda di tahun-tahun berikutnya. Dia menjalani operasi tenggorokan pada 2006 yang bisa mengakhiri karir bernyanyinya. Untungnya prosedur tersebut sukses, tapi Aerosmith harus menunda separuh tur Amerika Utara pada tahun itu. Juga pada 2006, Steven mengumumkan bahwa dia dirawat karena Hepatitis C, sebuah penyakit liver. Pada 2008, Steven diperiksa di klinik rehabilitasi Las Encinas Hospital di Pasadden, California, untuk menyembuhkan dari operasi kaki ganda untuk memperbaiki kerusakan pada kakinya. Kemudian pada 2009, ditengah-tengah penampilan Aerosmith, Steven jatuh dari panggung di South Dakota, yang membuat pundaknya patah. Band dipaksa untuk menunda tur lagi.

Setelah jatuh pada 2009 tersebut, dilaporkan bahwa Steven berencana tidak akan kembali ke Aerosmith. Sebulan kemudian, Joe Perry mengkonfirmasikan bahwa Steven keluar dari Aerosmith untuk merintis karir solo, tapi tidak beberapa lama, Steven meyakinkan para penggemar bahwa dia tidak keluar dari band. Pada 2010, sang vokalis melakukan the Cocked, Locked, Ready to Rock Tour dengan Aerosmith, tampil di lebih 18 negara.

Setelah mengalami berbagai tantangan pada 2009 dan 2010, Steven kembali ke studio pada 2011 dengan Aerosmith, untuk mulai mengerjakan sebuah album baru. Band merilis album greatest hits, Tough Love, pada 2011, dan merencanakan merilis album Music from Another Dimension! Pada Nopember 2012.

Otobiografinya yang paling diantisipasi berjudul Does The Noise In My Head Bother You? Dirilis pada 2011. Buku yang laris, buku tersebut mengungkapkan sisi dalam tentang Steven yang menerima banyak eksploitasi dan kritik yang dibandingkan dengan memoir grafis milik gitaris Rolling Stones, Keith Richards, yang berjudul Life. Tidak takut untuk melucu denga caranya, Steven mengindikasikan bahwa dia menderita “Lead Singer Disease”.

Steven membuat sebuah hit lagi awal tahun tersebut, dengan menjadi juri kontestan reality show untuk penyanyi pop American Idol. Dia, bersama dengan Jennifer Lopez dan Randy Jackson, tetap menjadi juri untuk musim berikutnya pada 2012.

Pada Januari 2012, Steven mendapat kritik dari public dan media. Penampilannya yang diluar perkiraan dalam membawakan lagu wajib nasional di pertandingan playoff NFL menghasilkan gelombang kritik; Banyak yang menuding cara dia menyanyikan lagu “The Star-Spangled Banner” yang terlalu melengking. Steven tidak merespon kritik tersebut.

Pada Juli 2012, Steven mengumumkan bahwa dia tidak akan kembali ke American Idol untuk musim ketiga. Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stones, dia menjelaskan keputusannya: “Setelah berpikir lama, keras, Saya memutuskan inilah saatnya bagi saya untuk membiarkan pergi selirku, American idol, sebelum dia “merebus kelinciku”, Steven berkata, merujuk pada film Fatal Attraction. “Aku berpaling dari cinta pertamaku, Aerosmith, dan aku kembali – tapi bukan dengan meratap dengan tangan dan kakiku, aku acungkan kedua tinjuku ke udara dan aku mendobrak pintu dengan bandku. Tahun-tahun berikutnya akan didedikasikan untuk mendobrak rintangan-rintangan yang serius-akhirnya adalah menuju puncak.

Steven Tyler adalah ayah dari empat anak. Pada tahu 1976, dia mempunyai hubungan dengan model Bebe Buell; mereka mempunyai seorang putri, aktris Liv Tyler. Dia menikah dengan model Cyrinda Foxe dari 1978 hingga 1988; mereka mempunyai seorang putri, model Mia Tyler. Dia menikah dengan Teresa Barrick pada 1988, dimana dia mempunyai dua anak, putri, Chelsea, dan, putra, Taj Monroe. Pasangan tersebut bercerai pada 2006. Steven dan model Erin Brady mengumumkan pertunangan mereka pada 2011. Pada Januari 2013 mereka memutuskan pertunangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...