Laman

Jumat, 18 Maret 2016

SCOTT GORHAM




Lahir dengan nama William Scott Gorham pada 17 Maret 1951 di Glendale, California. Dia tumbuh di California, dan memulai karir musiknya pada usia 13 tahun, belajar untuk memainkan bass, dan bergabung dengan beberapa band remaja lokal antaranya The Jesters, Mud dan The Ilford Subway, band terakhir ini merekam sebuah single, “The 3rd Prophgecy” pada Oktober 1967. Dia beralih alat musik saat salah seorang teman dekatmya, seorang gitaris di bandnya, Steve Schrage yang berusia 18 tahun, meinggal dalam sebuah tabrakan sepeda motor di Glendale pada 1968. Teman Gorham (dan rekan seband id sejumlah band) Bob Siebenberg kemudian mengingat, “Insiden itu menghancurkan Scott. Dia memutuskan pada hari saat dia mendengar tentang kecelakaan untuk mengambik tempat anak ini, mencoba membawa anak ini akan kemana berikutnya. Scott mengagetkan semua orang saat meninggalkan bass, yang merupakan keahliannya, dan beralih ke gitar. Gorham akhirnya bergabung dengan Redeye pada 1969 dengan Siebenberg, dan keduanya bergabung dengan Benbecula pada 1970 sebelum Siebenberg pindah ke Inggris pada 1971.

Pada 1973 Siebenberg, kemudian juga menjadi adik iparnya dan drummer dengan Supertramp, meyakinkan Gorham untuk ikut dengannya di Inggris, dengan harapan bermain di band yang sama. Gorham tidak bisa menemukan pekerjaan dengan temannya, maka dia mulai bermain dengan sejumlah band di pub-pub sekitar London, sebelum memulai bandnya sendiri, Fast Buck. Pada 1974 seorang musisi berpengalaman, Ruan O’Lochlainn, menyarankan dia mengikuti audisi yang dilakukan oleh Phil Lynott, penulis lagu utama Thin Lizzy, dan salah satu pendiri band. Thin Lizzy pada saat itu mengalami perubahan dan pengaturan ulang, dan saat drummer dan bassis tersisa, dua orang gitaris baru diinginkan. Brian Robertson, pada usia 17 tahun, telah dipilih sebleum Gorham diaudisi dan bergabung. Dua gitaris berbagi peran gitar utama, dan berharmonisasi satu sama lainnya, juga memainkan ritem dan solo bergantian, yang membawa Thin Lizzy memiliki apa yang dianggap suara yang unik.


Setelah bergabung dengan Thin Lizzy, Gorham mengambil peran penulis lagu juga gitaris. “She Knows”, lagu pembuka album pertamanya dengan band, Nightlife, memulai rekanan penulisan lagu jangka panjang dengan Lynott. Mereka menulis bersama dua lagu untuk album Gorham berikutnya dengan band, Fighting, dan Gorham berkontribusi satu miliknya sendiri, “Ballad of a Hard Man”. Ini adalah satu-satunya lagu Thin Lizzy yang ditulis tunggal oleh Gorham. Perannya di band bertahan hingga rekaman album Bad Reputation pada 1977, dimana Brian Robertson absen lama. Gorham memainkan semia babgian gitar utama untuk mayoritas lagu, termasuk single hit “Dancing in the Moonlight (It’s Caught Me in Its Spotlight)”.


Saat Gary Moore kembali ke band, menggantikan Robertson pada 1979, Gorham mengambil kedatangan baru sebagai rekan untuk mengembangkan permainannya sendiri, seperti yang dia lakukan dengan semua rekan gitar selanjutnya di band. Namun, pada saat bersamaan, penggunaan narkoba menjadi lebih menonjol dalam band, dan Gorham dan Lynott menjadi kecanduan heroin, dengan dampak negative pada kreatifitas dan keahlian musisi dalam band. Gorham tidak bisa membebaskan dirinya dari kebiasaan itu hingga 1985, setelah band bubar. Namun, kontribusi penulisan lagunyameningkat di tahun-tahun selanjutnya di band, dan dia dikreditkan dengan ikut menulis hampir separuh lagu pada album Renegade pada 1981. Thin Lizzy bubar pada 1983.


Setelah Thin Lizzy bubar, Gorham bergabung dengan Phenomena II, dimana dia bertemu dengan Leif Johansen (mantan A-ha dan Far Corporation) dengan siapa dia membentuk 21 Guns, merilis tuga album. Dia juga bermain dengan Asia, the Rollins Band, dan Supertramp.
Pada tahun 1997, dia bermain sebagai gitaris tamu pada lagu “I’m Alive” dari album Psycho Motel, Welcome to the World.


Gorham mereformasi Thin Lizzy pada 1996 dengan para mantan anggota band, memainkan tur yang beragam untuk menghormati penyanyi pendiri, penulis lagu, dan bassis Phil Lynott, yang meninggal pada 1986. Tur itu diberi nama the 20/20 tour – 20 jadwal untuk 20 tahun. Setelah kepergian John Sykes pada 2009, Brian Downey, Darren Wharton, dan Marco Menoza bergabung kembali dengan band. Baru bagi lineup adalah gitaris Def Leppard Vivian Campbell dan mantan vokalis The Almighty Ricky Warwick. Setelah berbulan-bulan pra produksi dan dua minggu latihan di Los Angeles pada November 2010, versi Thin Lizzy ini memulai sebuah tur dunia pada Januari 2011. Melakukan tur terus sepanjang tahun dan hingga 2012, dengan Campbell akhirnya digantikan secara permanen oleh Damon Johnson. Gorham juga menyatakan bahwa anggota band ingin merekam materi baru, yang akan menjadi rekaman studio Thin Lizzy baru yang pertama sejak tahun 1983. Pada Desember 2012, dia ikut mendirikan band spin-off Thin Lizzy, Black Star Riders sebagai kendaraan untuk materi baru, tidak merilisnya dibawah nama Thin Lizzy. Album pertama Black Star Riders, All hell Breaks Loose dirilis pada Mei 2013. Pada Juni 2013, dia memenangkan “Riff Lord Award” di Metal Hammer Golden Gods Awards untuk karyanya dalam album.



Gorham menikah dan tinggal di London. Keponakannya Jesse Siebenberg adalah seorang gitaris profesional yang kini bermain dengan Lissie. Adiknya, Vickie, menikah dengan teman akrab dan drummer Supertramp, Bob Siebenberg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...