Laman

Rabu, 09 Maret 2016

ROBIN TROWER




Lahir pada 9 Maret 1945 di Catford, South East London, tapi tumbuh di Southend-on-Sea,Essex. Pada tahun 1962, dia membentuk sebuah grup dengan nama The Paramounts, kemudian menyertakan murid Westcliff High School, Gary Brooker. The Paramounts dibubarkan pada tahun 1966 untuk melakukan proyek pribadi. Selama waktu ini, Trower menciptakan band lokal berisi tiga orang bernama the Jam (jangan bingung dengan grup yang sama  milik Paul Weller). Trower kemudian bergabung dengan band baru Brooker Procol Harum menyusul kesuksesan single debut mereka “A Whiter Shade of Pale” pada tahun 1967, bertahan dengan mereka hingga tahun 1971 dan muncul di lima album pertama Procol Harum.


Sebelum meluncurkan band miliknya sendiri, dia bergabung dengan penyanyi Frankie Miller, mantan bassis/penyanyi Stone the Crows, James Dewar, dan mantan drummer Jethro Tull Clive Bunker untuk membentuk band live singkat, Jude. Band ini tidak melakukan rekaman dan kemudian berpisah.


Trower menahan Drewar sebagai bassisnya, yang juga mengisi vokal utama, dan merekrut drummer Reg Isidore (kemudian digantikan oleh Bill Lordan) untuk membentuk the Robin Trower Band pada tahun 1973.

Album Trower paling sukses adalah Bridge of Sighs (1974). Album ini, bersama dengan album solo pertama dan ketiganya, diproduseri oleh mantan rekan sebandnya di Procol Harum, organis Matthew Fisher. Meskipun berbeda, karya power trio awal Trower sangat terpengaruh oleh Hendrix.


Trower adalah seorang gitaris berpengaruh yang terlah menginspirasi gitaris legenda lainnya seperti Robert Fripp, yang memujinya untuk teknik bending dan kualitas sound-nya, dan mengambil pelajaran dari Trower.

Pada awal 1980an, Trower bersatu dengan mantan bassis Cream Jack Bruce dan drummer-drumernya sebelumnya Lordan dan Isidore, untuk dua album, BLT (Bruce, Lordan, Trower) dan Truce (Trower, Bruce, Isidore). Setelah album-album itu, dia merilis album lainnya dengan James Dewar pada vokal dengan judul Back It Up pada 1983. Robin Trower dikeluarkan dari Chrysalis Records tak lama kemudian.

Pada tahun 1991 Trower juga menjadi bagian dari tur the Night of the Guitars yang diolah oleh manajer Sting dan The Police, Miles Copeland. Tur itu menampilkan Ronnie Montrose, Ian Chricton-nya Saga, Dave Sharman, Jan Akkerman dan Laurie Wisefield.


Tigabelas album kemudian, album Trower, Living Out of Time (2003), menampilkan kembalinya rekan seband veteran Dave Brozne pada bass, vokalis Davey Pattison (mantan bandnya Ronnie Montrose, Gamma) dan Pete Thompson pada drum-lineup yang sama dengan album pertengahan 1980an, Passion dan Take What You Need.

Dengan rekan seband yang sama Trower memberikan sebuah konser di ulang tahunnya yang ke 60 di Bonn, Jerman. Konser itu direkam oleh saluran televisi Jerman WDR. Kemudian dirilis dalam bentuk DVD dan kemudian pada CD ke Eropa dan kemudian di AS dibawah nama Living Out of Time: Live. Trower melakukan tur ke AS dan Kanada di musim panas dan musim semi pada 2006.


Pada tahun 2007 Trower merilis rekaman ketiga dengan Jack Bruce, Seven Moons, menampilkan Gary Husband pada drum.

Sebuah tur dunia tahun 2008 dimulai di Ft. Pierce,Florida pada 16 januari 2008. Bergabung dengan Davey Pattison Pete Thompson adalah Glenn Letsch (mantan Gamma) yang memainkan bass. Jadwal Eropa dimulai pada April. Pertunjukan pada 29 Maret 2008 di Royal Oak Music Theater di Royal Oak, Michigan dirilis sebagai album ganda melalui V12 Records.

Seperti “big hero”nya dia mereferensikan James Brown awal dimana blues menyeberang ke dalam rock and roll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...