Laman

Kamis, 24 Maret 2016

PHIL LANZON




Lahir dengan nama Philip James Lanzon pada 23 Maret 1950 adalah kibordis untuk band rock asal Inggris Uriah Heep.

Lanzon telah bekerja baik sebagai musisi sesi dan pengiring dengan antara lain Grand Prix, Grant & Forsyth, John Lawton (mantan anggota Uriah Heep), Mick Ronson, Chris Spedding, dan Sweet.

Pada usia 8 tahun Lanzon belajar bermain piano. Pada 1966, dia bermain di band pertamanya bernama The Loose Ends. Lagu-lagu cover soul yang dimainkan. Dengan band ini Lanzon melakukan tur menempuh Eropa. Setelah itu dia bermain dengan The Cats Pyjamas dari 1968 hingga 1969. Dengan band ini beberapa single telah direkam. Salah satunya adalah “Baby I Love You” oleh The Ronettes. Lanzon menikah, membina sebuah keluarga, dan mulai belajar harmoni, counterpoint dan komposisi di the Guildhall school of Music and Drama. Pada 1977 dia bergabung dengan band baru: Romance dengan Neil Carter, kemudian dengan UFO dan Gary Moore. Band ini hanya berlangsung singkat, tapi merekam sebuah demo empat buah lagu; salah satunya adalah karya Lanzon: “Show Me the Way to England”.

Pada 1978 Lanzon ikut audisi untuk sebuah band bernama Raw Deal yang memerlukan seorang penyanyi dan yang cocok dengan band secara sempurna. Inkarnasi ini menjadi Paris. Dia dapat didenagr pada bulan Juni 1980 merekam hit Hot Chocolate “No Doubt”. Pada akhir 1979 Paris menjadi Grand Prix, dan Lanzon bermain kibord pada tiga album. Pada awal 1980 Lanzon bermain kibord di album Cris-Spedding “I’m Not Like Everybody Else”. Rekaman ketiga Samurai dirilis pada 1983 oleh Chrysalis Records. Sound Grand Prix dapat dideskripsikan sebagai melodic hard rock dengan pengaruh dari Styx dan Journey. Pada 1984 Lanzon menggantikan Vic Emerson dari Sad CafĂ© untuk tur Inggris.


Lanzon muncul di kedua single Steven Glen “That’s Alright by Me”/”Just the Way We Are”/”Down Among the Dead Men”/”I’m Alright Jack”. Pada Maret 1985 Lanzon bergabung dengan band Operator. Anggota sesama bandnya adalah: Robin McAuley (vokal), Chris Glen (bass, sebelum SAHB dan MSG), Mick O’Donoghue (gitar) dan Phil Taylor (drum, mantan Motorhead). Lineup ini sangat menjanjikan, band itu bubar pada Mei 1985. Pada Nopember 1985 dia bermain kibord di Naughty Ol’ Santas Christmas Classics-nya Phil Taylor. O’Donoghue, Glen dan Taylor memulai GMT pada bulan yang sama, dan merekam War Games dengan gitaris Marcus Schleicher, yang dirilis dalam CD pada 1991.


Pada Juli 1985 Lanzon bermain kibord dan drum di Big Bang, sebuah album oleh band Jerman Tarraco, yang merekam album mereka di Hamburg juga di London. Ini adalah album disko eksperimnetal degan banyak isian drum oleh pimpinan band Dicky Tarrach (Rattles). Lanzon menciptakan sebuah lagu dan melakukan tugas lainnya pada yang lain. Pada Agustus 1985 Lanzon meninggalkan Tarraco. Pada September 1985 Lanzon bergabung dengan The Sweet. The Sweet merekam album live mereka, Live at the Marquee. Pada Juli 1986 Lanzon berpisah dengan The Sweet.


Lanzon bergabung dengan Uriah Heep, menggantikan John Sinclair, dan melakukan tur AS. Pada titik itu Steff Fontaine adalah penyanyi untuk beberapa bulan. Pada Februari 1987 Lanzon diminta oleh Andy Scott untuk bermain di single debut dari band pub-rock Paddy Goes to Holyhead. Lanzon sedang bebas tugas saat itu, maka dia pergi ke London Bridge Studio. Disini merekam single “The Green Green Grass of Home”/”(Telling Me) All Those Lies”. Single itu tidak sukses. Pada Desember 1987, Lanzon kembali masuk studio untuk merekam CD maxi dengan lagu cover “Delilah”. “Live in Moscow” direkam dan dirilis pada 1988. Pada 1991 album yang sangat dikritik, Different World dirilis. Pada 1994 sebuah versi techno/dance dari Gypsy diedarkan. Di CD maxi ini empat versi yang berbeda dari lagu itu direkam.


Pada 1995 yang lama dinanti Sea of Light dirilis. Pada 8 dari 12 lagu Lanzon melakukan tugasnya di bagian komposisi, dengan “Mistress of all Time”. Pada September 1998 Sonic Origami, dirilis di label asal Inggris, Eagle Records, termasuk “Between Two Worlds” milik Lanzon. Selama tur Scandinavia pada Februari 1999, Lanzon mulai menulis cerita pendek. Pada dekade baru dia menyempurnakan cerita-cerita itu yang pada saat itu dibaca oleh produser terkenal Hollywood. Heep merekam Acoustically Driven pada 2001. Lanzon menciptakan aransemen untuk kuartet alat gesek. Ini diikuti oleh tur dan festival yang mencakup perilisan beragam DVD Heep.


Rilisan yang sudah sangat lama ditunggu dari “Wake the Sleeper”, tahun 2008, dan dilanjutkan “Into the Wild:, 2011, Nampak penulisan lagu Lanzon mulai kembali lagi. Sebagian mengatakan bahwa “Between Two Worlds”, “Golden Palace” dan “Trails of Diamonds” menuju ke sisi ‘prog’ dari Heep. Lanzon berpikir bahwa album mendatang akann lebih menggali jenis musik itu bersama dengan lagu-lagu rock jenis lain.

Lanzon tinggal di East kent dengan pasangannya, Patina. Dia memiliki 3 anak dari satu-satunya pernikahannya; sembilan cucu dan satu cicit - semuanya tinggal di Hampshire.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...