Laman

Jumat, 18 Maret 2016

MICHAEL BRUCE




Lahir dengan nama Michael Owen Bruce pada 16 Maret 1946 di AS, dari pasangan orang tua Alvim dan Ruth (Owen) Bruce. Keluarga Bruce dan Owen pindah dari Arizona ke Kansas. Keturunan kelurga antara lain Cherokee, Skotlandia, Irlandia, Inggris dan Norman French. Ayah Ruth, Clarence Glenn Owen, adalah veteran PD I dan juga seorang pemain baseball profesional: “Blacky” Owen. “Al” ada di militer selama tahun 1940an dan Ruth, bermain piano di radio dan tampil untuk banyak fungsi U.S.O. Setelah militer, “Al” bekerja untuk The Coca Cola Company. Michael dan adiknya, David dan Paul, belajar di North High School di Phoenix, Arizona.


Bruce memulai karir musik profesionalnya di pertengahan 1960an. Seperti banyak anak muda pada saat itu, dia menemukan inspirasi awal di The Beatles dan The Beatles. Setelah bermain dengan The Trolls, Michael menjadi bagian sebuah band yang dikenal sebagai The Wildflowers. Hanya sedikit lagu yang direkam oleh grup ini (“A Man Like Myself”, ‘On A Day Like Today”, “More Than Me” dan “Moving Along with the Sun”). Menurut Bruce, master lagu dibawa dari seorang pria di Phoenix oleh Bear Family Records (sebuah label rekaman independen berbasis Jerman yang mengkhusukan pada pengedaran). Ada sebuah grup singkat lainnya dimana Michael menjadi bagiannya dengan nama Our Gang (Our Gang juga menampilkan seorang teman North High School dan anggota dari The Tubes, Bill Spooner). Mereka tidak membuat rekaman. Pada 1966, dia menggantikan John Tatum di sebuah band Phoenix bernama The Spiders; menampilkan Glen Buxton, Dennis Dunaway, John Speer (digantikan oleh Neal Smith), dan Vince Furnier; semuanya dari daerah SMA. Salah satu gedung terkenal mereka adalah VIP Club di Phoenix. Pada 1967 mereka mengganti nama band menjadi The Nazz tapi harus merubahnya lagi pada 1968 setelah sebuah tuntutan hokum pada band Todd Rundgren, Nazz. Nama baru band adalah Alice Cooper.


Bruce adalah gitaris, pemain kibord dan vokalis untuk grup Alice Cooper asli (Vince Furniwe aka Alice Cooper/Michael Bruce/Glen Buxton/Dennis Dunaway/Neal Smith). Dia ikut menulis banyak lagu hit dengan beberapa atau semua anggota band lainnya. Michael sering menulis lirik dan musik untuk lagu; lirik kemudian dikerjakan oleh Furnier. Dua contoh untuk proses ini adalah “Halo of Flies” dan “No More Mr. Nice Guy”. Terdapat kredit lagu yang hanya untuk Bruce antaranya “Be My Lover” dari Killer. Bruce juga menyanyikan vokal utama pada sebagian besar “Sing Low, Sweet Cheerio” pada album pertama Pretties for You dan semua dari “Below Your Means” dan “Beautiful Flyaway” di album berikutnya Easy Action, sebelum album terobosan band Love It to Death di label Warner Bros; Love It to Death adalah album pertama Alice Cooper yang diproduseri oleh Bob Ezrin (Pretties For You diproduseri oleh Frank Zappa dan Ian Underwood; Easy Action diproduseri oleh David Briggs yang bekerja dengan Neil Young. Alice Cooper Group merilis lima album lagi (Killer, School’s Out, Billion Dollar Babies, Muscle of Love dan Alice Cooper’s Greatest Hits) sebelum mengambil libur dari tur pada 1974; beberapa anggota ingin merekam album solo mereka sendiri. Welcome to My Nightmare-nya Cooper membuktikan sebagai yang paling sukses dari usaha solo ini.

Filem utuh yang menampilkan grup asli juga dirilis di bioskop Amerika pada tahun 1974: Good To See You Again, Alice Cooper. Cupilkan konser difilemkan di Billion Dollar Babies pada 1973 dan menyertakan sebuah cerita fiksi tentang seorang sutradara yang marah mencari pembalasan dendam terhadap band yang disyuting di Universal Studios di Los Angeles (sebuah adegan di film konser Welcome to My Nightmare, dimana Alice memukul tiang lampu neon dengan sekop, juga disyut selama waktu ini). Porsi konser live sebagian besar difilmkan di Texas (sebuah adegan disyut di Sam Houston Coliseum di Houston, Texas), antara Dallas-Fort Worth dan Hoiston. Juga muncul di Good to See You Again, Alice Cooper adalah Bob Dolin, Mick Mashbir dan The Amazing Randi; Dolan tampil pada kibord, Masbir pada gitar dan Randi sebagai dokter gigi dan pengeksekusi Alice.


Seputaran waktu ini (1973-1974) bahwa Bruce mulai mengerjakan rekaman solonya dengan sebuah grup dari musisi-musisi seperti: Mick Mashbir (gitar and vokal), Bob Dolin (kibord dan vokal), Frank Crandall (bass dan vokal) dan Don Lindley (perkusi dan vokal); Mashbir dan Dolin pernah tampil sebagai anggota band tur pada tur Billion Dollar Babies. Lineup ini merekam dan menghasilkan empat lagu (“If I Was King”, “As Rock Rolls On”, “Oh, My Love” dan “Nothing on Earth”) yang di-mix Jack Douglas.

Saat Bruce memutuskan untuk meninggalkan Connecticut pada 1974 dan pindah ke Lake Tahoe, Crandall dan Lindley tidak ikut. Bruce, Dolin dan Mashbir kemudian harus menemukan seksi ritem baru. Para drummer, seperti William “Curly” Smith (dari Jo Jo Gunne) dan John Barbata (dari The Turtles dan Crosby, Stills, Nash & Young) datang untuk bermain dan rekaman di rumah Nevada-nya Bruce. Namun, mereka tidak pernah menemukan pemain bass yang bagus.

Album Bruce, In My Own Way direkam lebih dari tiga bulan pada tahun 1975 dengan produser-produser, Gene Cornish dan Dino Danelli dari The Rascals. Banyak musisi yang berbeda datang ke Record Plant dan berpartisipasi dalam sesi untuk album itu; Gerry Beckley (America), Jackie Lomax (The Undertakers, The Lomax Alliance dan Badger), Ricky Fataar (The Flames, The Beach Boys & The Rutles), Keith Moon (The Who), Brian Garofalo (bassis sesi), David Foster (Skylark & Airplay), Hunt Sales (Todd Rundgren, Paris, Iggy Pop, Tender Fury dan Tin Machine), Tony sales (Todd Rundgren, Iggy Pop and Tin Machine), Mylon LeFevre, Lynn Carey dan lain-lain. Fotografer busana Amerika, Francesco Scavullo, melakukan pemotretan untuk Bruce yang dipakai untuk sampul In My Own Way.

Bruce membentuk sebuah band pada tahun 1976 dengan nama Billion Dollar Babies, bersama Mike Marconi, Dennis Dunaway, Bob Dolin dan Neal Smith setelah mereka berpisah dari Alice Cooper pada tahun 1974. Album solo Bruce, In My Own Way. Dijual ke Polydor di Jerman. Polydor melakukan pencetakan terbatas dan memutuskan untuk menyimpannya tanpa merilisnya. Awalnya, Billion Dolar Babies dimulai dengan harapan bahwa Alice Cooper akan kembali dan Battle Axe akan menjadi rekaman baru dari Alice Cooper Group. Hal itu tidak terjadi, dan semuanya memutuskan untuk terus tanpa Alice. Time Magazine menampilkan grup secara singkat dengan harapan dapat menulis pada tahun 1977. Terdapat sebuah pertunjukan panggung yang fantastis dan sangat teatrikal yang direncanakan dimana Bruce dan Marconi akan saling bertarung dalam busana gladiator. Meskipun dimulai dengan positif, band mendapatkan tuntutan hokum karena penggunaan nama. Pertunjukan panggung itu jauh dari anggaran biayadan tur hanya singkat. Rilisan mereka satu-satunya adalah Battle Axe pada 1977. Sayangnya, rekaman Battle Axe kehilangan momentumnya karena masalah mastering yang menyebabkan banyak lagu yang dihilangkan. Bruce, Dunaway dan Smith juga menginvestasikan banyak uang mereka dalam proyek itu. Jack Douglas, yang pernah mengerjakan Muscle of Love dengan Jack Richardson, dipekerjakan untuk memperbaiki masalah mastering. Dengan banyak masalah yang menyertai mereka, grup itu dibubarkan.

Pada Januari 1990, Michael bertemu dengan seorang pria bernama Josiah yang bekerja dengan anak-anak muda bermasalah. Mereka berbagi ketertarikan yang sama dalam musik dan berteman. Josiah dan Bruce kemudian memutuskan untuk membentuk sebuah band dan memberinya nama, The Josiah Bruce Band. Band juga menyertakan Ronnie Bolsega (dari Hammond, Indiana) pada drum dengan Ron Parker pada bass. Mereka manggung dan merekam sebuah album dengan materi yang layak, tapi tak satupun yang dirilis.

No More Mr. Nice Guy : The Inside Story of the “Alice Cooper” Group oleh Michael Bruce dan Billy James dirilis pada 1 Oktober 1996 (dan diperbarui dan dirilis ulang pada 2000). Ini merupakan buku singkat (159 halaman) dengan beberapa gambar langka dari koleksi pribadi Bruce. Buku itu diterbitkan oleh SAF Publishing (sebuah perushaan di UK). Juga pada tahun 1996, Bruce telah pindah ke Texas dan melihat albumnya, In My Own Way, dirilis pertama kalinya dalam Cd oleh One Way Records (kini bangkrut). Pada 1998, saat tinggal di Houston, Michael membentuk sebuah band yang tampil secara lokal dan tur sebagai The Michael Bruce Group. Anggota band adalah Michael Bruce (gitar, vokal, kibord), David “Vito” Mastrovito (gitar dan vokal), John Glenn (kibord dan vokal), Wilton dan Hudgens (bass dan vokal) dan Troy Powell (drum dan vokal); Tom Turner (manajer tur dan asisten). Setelah putaran pertama tur 1998, Mastrovito meniggalkan band; Glenn sudah keluar dari tur sejak awal. Lineup tiga orang dari Michael Bruce Group (Bruce, Hudgens dan Powell) manggung di Clarion, Iowa di memorial pertama Glen Buxton (selama tur Midwestern 1998 mereka); Clarion adalah tempat meninggal dan dikubrukannya mantan rekan seband Michael.

Band untuk sementara pindah ke pinggiran Chicago, Illinois pada akhir musim panas 1998. Bruce dan Hudgens tampil dengan Neal Smith (drummer grup Alice Cooper asli) di Chiller Theatre Chiller Convention pertama di Washington, DC sebelum kembali ke Texas pada akhir tahun. Mereka mereformasi band dengan Joe Garbo (drum dan perkusi) dan Jeff Harris (sax, piano dan vokal), pada tahun 2000. Versi ini manggung di Anne Rice’s Coven Ball di The State Palace Theatre (New Orleans) di Louisiana dan The 3rd Glen Buxton Memorial di The Whiskey a Go Go di Los Angeles (Ingo Geirdal juga menjadi tamu pada gitar dengan grup di the 3rd Glen Buxton Memorial di L.A.)

Setelah tahun 2003, Bruce kembali ke rumahnya di Arizona. Saat tiba disana, dia mulai mencari pemain lain untuk sebuah band baru. Reformasi dari Michael Bruce Group, menampilkan Bruce (gitar dan vokal), Bob Russell (gitar dan vokal), Thomas Dominick (bass dan kibord) dan Bob Allen (drum).

Pada 1 Mei 2004 adalah debut dari Michael Bruce Group baru di Tucson, AZ. Lineup adalah Bob Russel (gitar), Jeff Harris (sax, piano & vokal), Thomas Dominick (organ dan kibord), Mondo Thomas (bass), Robin Horn (putra dari ikon jazz Paul Horn) (drum), dan Bruce (gitar, kibord, & vokal).

Pada 16 September 2005 adalah perlisan album Michael Bruce baru yang ditujukan ke Islandia dalam edisi terbatas hanya 200 kopi dalam deluxe digipak. “The Second Coming of Michael Bruce – Alive & Re-Cooperated” adalah rilisan resmi pertama Bruce dalam masa itu (walaupun secara eksklusif hanya ke Islandia pada saat ini) dan menampilkan 17 lagu yang direkam di Islandia 2002-2003. CD dengan durasi 74 menit menliputi rekaman studio baru juga penampilan live yang belum didengar sebelumnya oleh Michael Bruce & his Icelandic band membawakan lagu-lagu selama karirnya. Semua rekaman secara profesional dikerjakan dengan 24-track dan mixing oleh Ingo & Silli Geirdal. Deluxe digipak menampilkan tata artistik oleh Michael Bruce oleh Ingo, foto band dan catatan kaki eksklusif oleh Dennis Dunaway.

Selama 2010, Michael dipanggil untuk berpartisipasi dalam sebuah rekaman Alice Cooper baru; Welcome 2 My Nightmare (sekuel dari Welcome to My Nightmare asli). Album ini juga menampilkan karya yang melibatkan Neal Smith, Dennis Dunaway, Dick Wagner dan Steve Hunter. Alice juga mengundang Bruce, Hunter, Dunaway dan Smith untuk tampil dengannya pada Desember itu di penggalangan dana Annual Christmas Pudding-nya di The Didge Theatre di Phoenix, AZ.

Pada musim semi 2011, Bruce (sebagai anggota dari grup Alice Cooper asli) dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dalam kategori “Performer.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...