Laman

Selasa, 08 Maret 2016

AMANDA SOMERVILLE




Lahir pada 7 Maret 1979 di Flushing, Michigan, bersekolah di Flushing Senior High School, lulus secara penuh satu tahun lebih awal dan memenangkan sebuah besiswa karena lulus dengan kehormatan tinggi ke University of Michigan di Flint,  Michigan, dimana dia mengambil jurusan psikolgi. Somerville pindah ke Wolfsburg, Jerman pada tahun 1999 dimana di berdomisili, bekerja terutama di Jerman dan Belanda.


Pada 19 Agustus 2013, dia mengumumkan bahwa dia bertunangan dan akan menikah dengan mantan gitaris After Forever Sander Gommans, dan pasangan itu menikah pada 28 Juli 2014. Pada 8 Januari 2015, dia mengumumkan bahwa dia dan Gommans akan memiliki anak pertama mereka. Pada 17 Juli 2015, putri mereka, Lana Elise Gommans, lahir.

Somerville menulis dan merekam dengan band-band seperti After Forever, Edguy, Kamelot, Epica, Avantasia, Docker's Guild dan menghasilkan 2 album. Rilisan solonya hingga kini terutama pop rock lembut dan elegan dengan beberapa pengaruh hard rock, folk dan soul music. Amanda sendiri menulis dan berkontribusi secara instrumental ke semua lagu di album-album solonya dengan hanya pengecualian satu lagu "Out" dari album Windows (ditulis oleh Sascha Paeth).

Dia berkolaborasi dengan beberapa band metal bersama produser Sascha Paeth dan Michael Rodenberg, yang membawanya berkolaborasi dengan multi-instrumentalis Robert Hunecke-Rizzo yang menulis bersama opera rock Aina. Kemudian dia membuat sebuah kolaborasi serupa dengan gitaris Sander Gommans (After Forever), mengisi vokal dan konsep lirik untuk proyek HDK. Pada tahun 2008, dia melakukan tur Amerika dengan band heavy metal Belanda, Epica, saat vokalis Simone Simmons menyembuhkan diri dari infeksi.


Pada tahun 2010, dia berkolaborasi dengan Michael Kiske (mantan penyanyi Helloween) pada sebuah rpoyek musik bernama Kiske/Somerville. Band ini adalah band melodic metal yang dibentuk oleh Frontiers Records, sebuah proyek yang serupa dengan Allen/Lande. Penulisan lagu dan produksi dibuat oleh bassis Primal Fear, Mat Sinner dengan kolaborasi oleh gitaris Magnus Karlsson (Allen/Lande, juga dari Primal Fear), Sander Gommans, Jimmy Kresic dan Amanda sendiri. Single pertama mereka, Silence dirilis pada 20 Agustus. Album self-title mereka dirilis pada 24 September 2010 oleh Frontiers Records, setelah single disertai oleh sebuah video musik untuk Silence. Sebuah video musik juag dibuat untuk lagu "If I Had One Wish." Somerville berkontribusi secara kreatif untuk album dengan menulis 2 lagu yang muncul di album itu: "A Thousand Suns," "Arise" dan "Set Afire," semua ditulis bersama dengan Sander Gommans.

Amanda juga salah satu dari vokalis tamu live untuk tiga tur dunia opera metal-nya Tobias Sammet, Avantasia pada tahun 2008, 2010 dan 2013. Perannya di panggung adalah menyanyikan vokal latar selama keseluruhan lagu dan menyanyikan vokal utama untuk lagu-lagu "Farewell", "Sleepwalking," "The Wicked Symphony," "Lost in Space" dan "Sign of the Cross."


Pada tahun 2011, Amanda akhirnya merilis proyek berorientasi heavy metal pertamanya bernama Trilium dengan perusahaan rekaman Frontiers Records. Proyek ini memiliki kontribusi dari Sascha Paeth, Michael Riodenberg, Sander Gommans dan pemunculan tamu Jorn Lande pada sebuah lagu duet vokal dengan Amanda.

Amanda tampil di space metal opera-nya Douglas R. Docker, Docker's Guild. Pada tahun 2012, dia muncul di lagu "Black Swan", sebuah duet dengan Goran Edman pada album debut The Mystic Technocracy - Season 1: The Age of Ignorance. Pada tahun 2016, dia tampil lagi di "Flash Gordon Suite", dari soundtrack Queen dengan nama yang sama, pada album The Heisenberg Diaries - Book A: Soundsof Future past.


Pada tahun 2014, sebuah album HDK dengan judul Serenades on the Netherworld dirilis, menampilkan Amanda dan Geert Kroes pada vokal dan sekali lagi diproduseri dan digubah oleh Sander Gommans. Amanda juga bagian dari sebuah proyek opera metal dari timur tengah, diproduseri oleh gitaris Lebanon, Amadeus Awad, dengan album berjudul The Book of Gates. Dia memainkan peran Queen of the Nile. Pada tahun 2015, album Kiske/Somerville kedua berjudul City of Heroes diumumkan dan dirilis, sekali lagi menampilkan bassis Mat Sinner sebagai produser dan sebuah rekanan penulisan lagu dengan gitaris Magnus Karlsson, yang juga bertanggung jawab pada kibord, sedangkan Veronika Lukesova adalah drumer dari album ini. Sebuah lagu berjudul "Breaking Neptune" ditulis oleh Amanda Somerville dan Sander Gommans dan dua video musik difilemkan untuk lagu-lagu "City of Heroes" dan "Walk on Water".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...