Laman

Jumat, 04 Maret 2016

ICS VORTEX




Lahir dengan nama Simen Hestnaes pada 4 Maret 1974 di Oslo, Norwegia, juga dikenal sebagai I.C.S. Vortex, atau hanya Vortex, dikenal sebagai vokalis saat ini dari band dengan nama sama ICS Vortex, band avant-garde metal Arcturus, vokalis dan bass gitaris saat ini dari band progressive black metal Borknagar, vokalis di band doom metal Lamented Souls dan mantan bass gitaris dan vokalis latar untuk band symphonic black metal Norwegia, Dimmu Borgir.


Band terlamanya adalah band doom metal Lamented Souls, yang dimulai pada tahun 1991 dan dimana dia bermain gitar dan menangani tugas vokal. Dia aslinya memulai sebagai drumer mereka, tapi bertukar tempat dengan Ole Jorgen Moe saat mereka terkesan dengan kemampuan menyanyinya. Nama aliasnya adalah lelucon dari salah satu nama alias Garm (vokalis Ulver), Fiery G. Maelstorm: "Icy S. Vortex", dengan kata pertana menjadi elemen kebalikan, inisial tengah menjadi huruf pertama dari nama umum mereka, dan kata terakhir menjadi sirkulasi air terkuat saat ini.


Pada tahun 1995, dia sedang melakukan tur dengan band avant-garde metal Ved Buenes Ende dan mengisi vokal pendukung. Lagu-lagu dari tur itu kemudian dirilis pada album bootleg ...Coiled in Obscurity.

Pada tahun 1997, dia membuat pemunculan tamu di album Arcturus, La Masquerade Infernale. Dia menyanyi pada tiga lagu: "Master of Disguise", "The Chaos Path" (dimana dia mengisi semua vokal, menulis lirik dan ikut menggubah lagu ini), dan "Painting My Horror".

Pada tahun 1997, band folk/progressive/black metal, Borknagar sedang memerlukan vokalis setelah kepergian vokalis asli Garm. Garm memperkenalkan band pada Hestnaes, yang menjadi vokalis mereka dari tahun 1997-2000. Dia juga mengambil tugas bass, merekam bass untuk album penuh keempat mereka, Quintessence, setelah bass gitaris Kai K. Lie meninggalkan band.


Pada Agustus 2000, Hestnaes meninggalkan Borknagar untuk secara penuh berkonsentrasi di Dimmu Borgir. Menurut sebuah wawancara, Borknagar bersiap melakukan tur Eropa dengan Mayhem, bersamaan dengan waktunya dia di studio untuk rekaman dengan Dimmu Borgir. Gitaris dan frontman Borknagar Oystein G. Brun memberikan Hestnaes sebuah ultimatum: tur dengan Borknagar, atau keluar dan bersama dengan Dimmu Borgir. Dia memilih yang terakhir, menyatakan bahwa dia berpikir Dimmu Borgir akan menjadi sebuah band yang lebih sukses dalam jangka waktu lama. Brun kemudian menyatakan bahwa keputusan itu adalah "bisnis", dan bahwa dia "tidak menentang Dimmu Borgir", dan dia berharap Hestnaes yang terbaik; Hestnaes kemudian menyatakan bahwa jika dia tidak mendapatkan ultimatum, dia akan masih di Borknagar hingga kini.


Hestnaes pertama berkontribusi di rekaman Spiritual Black Dimensions dengan menambahkan elemen vokal baru: menyanyi "clean" dan "operatic" miliknya yang menambahkan elemen baru pada Dimmu Borgie sebagai sebuah band. Hestnaes masuk sebagai bass gitaris sesi saat Nagash meninggalkan band untuk secara penuh berkonsentrasi di The Kovenant; dia hingga Agustus 2009, pengganti permanen bass dan anggota penuh dari Dimmu Borgir.


Pada tahun 2005, Hestnaes menjadi penyanyi baru Arcturus menyusul kepergian dari Garm pada tahun 2003, dan Oyvind Haegeland-nys Spiral Architect pada tahun 2005. Haegeland pergi dari band karena jarak tempat tinggalnya dengan anggota band lainnya dan Simen mengambil alih sebagai vokalis utama untuk band, membuatnya menjadi band kedua dimana Simen menjadi penerus Garm sebagai vokalis. Pada September 2005, band merilis album utuh keempat mereka, dan album penuh pertama tanpa Garm pada vokal, Sideshow Symphonies, yang mendapatkan beragam pengakuan. Pada tahun 2005, Hestnaes dipilih menjadi No.1 dalam top ten vocalists di Terrorizer Magazine dan Arcturus dipilih diantara ten best live acts of 2005. Sideshow Symphonies juga ada di peringkat diantara top ten albums of the year di majalah itu.

Pada tahun 2007, di sebuah konser di Sydney, Australia, Simen menyatakan bahwa konser itu adalah pertunjukan Arcturus terakhir. Pada 17 April, band secara resmi mengumumkan bahwa mereka bubar.

Kemudian, Simen meminjamkan suaranya ke acacar televisi animasi, Metalocalypse, di episode "Dethdoubles" juga "Dethcarraldo".

Menurut sebuah pemberitahuan di MySpace (akhir Agustus 2009) oleh Mustis, kibordis Dimmu Borgir, baik dia dan Vortex telah dipecat dari band. Vortex kemudian menyatakan dia akan mengingat hari-hari sebelum keserakan dan industri musik mengambil alih Dimmu Borgir. Dia juga menyatakan dia tertarik untuk membuat "sebuah atau tiga band." Dia saat ini dijadwalkan bertemu dengan Lamented Souls di pertengahan September yang akan membuat sebuah album baru.

Pada tahun 2010 diumumkan bahwa Simen akan kembali ke Borknagar sebagai anggota live pada bass dan vokal. Lebih jauh, Arcturus akan bangkit kembali untuk menjadi penampil utama di festival ProgPower USA pada tahun 2011.

Dia menikah dengan Lise Myhre, seorang artis Norwegia dan kreator komik "Nemi", dan mereka memiliki seorang putram Storm, lahir pada 2007. Dia bertinggi 6ft 7 in (2.01 m).

Simen juga merilis album solo pertamanya pada tahun 2011, berjudul Storm Seeker. Album ini menampilkan Asgeir Mickelson pada drum (mantan Borknagar), dan sejumlah solo gitar oleh Terje "Cyrus" Andersen. Band live akan meliputi gitaris Borknagar, Jens F. Ryland, dan Steinar Gundersen dari Spiral Architect pada bass.

Setelah beberapa bulan rumor tentang keterlibatan ICS Vortex dengan Borknagar, diumumkan bahwa dia akan bergabung kembali dengan Borknagar penuh waktu sebagai vokalis bersama dengan Vintersorg juga menjadi bass gitaris band. Tahun 2011 juga terlihat kebangkitan kembali Arcturus, dengan Vortex sekali lagi mengemban tugas vokal utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...