Laman

Sabtu, 26 Maret 2016

JAMES IHA




Lahir dengan nama lengkap James Yoshinobu Iha pada 26 Maret 1968 di Chicago, Illinois. Dia belajar di Elk Grove High School di Elk Grove Village, Illinois, yang dia deskripsikan sebagai "pinggiran kelas menengah di Chicago yang membosankan." Iha menerima peringkat rata-rata di SMA, dan setelah belajar dua tahun yang sukses di kampus yunior lokal, dia mengambil pelajaran desain grafis di Loyola University Chicago sebelum keluar untuk mendedikasikan dirinya di Smashing Pumpkins.


Dia adalah generasi kedua Jepang-Amerika dan hanya bisa berbicara sedikit bahasa Inggris.
Seperti mantan rekan sebandnya Billy Corgan, Iha memilki seorang adik lelaki dengan disabilitas.


Pada 1987, Iha bermain gitar di band Chicago Snake Train, bertemu Billy Corgan melalui seorang teman. Corgan dikatakan oleh orang-orang dia ada di band bernama "Smashing Pumpkins," dan memutuskan untuk membuatnya menjadi band nyata dengan Iha.

Iha kemudian menjadi terlibat secara romantis dengan bassis band D'arcy Wretzky, tapi pasangan itu bubar tidak lama menjelang penampilan band di Reading Festival pada 1992. Setelah perselisihan singkat antara keduanya, Iha menjalin hubungan pertemanan dan akrab dengan Wretzky, menyebutnya sebagai teman baik.

Iha menulis dan menyanyikan sejumlah lagu Smashing Pumpkins, seperti: "Blew Away" di Pisces Iscariot, "Bugg Superstar" di Viwuphoria, "Take Me Down" di mellon Collie and the Infinite Sadness, "...Said Sadly", "Believe", "The Boy", dan "The Bells" di The Aeroplane Flies High, "Summer" di single "Perfect" dan "Go" di Machina II/The Friends & Enemies of Modern Music. Dia menulis lagu bersama dengan Corgan "I Am One" di Gish, "Soma" dan Mayanoise" di Siamase Dream, "Plume" di Pisces Iscariot dan "Farewell and Goodnight" di Mellon Collie and the Infinite Sadness. Dia juga menyanyikan cover band dari "A Night Like This"-nya The Cure dan "Terrapin"-nya Syd Barret. Selama waktunya dengan Pumpkins, Iha juga muncul di rekaman dengan band lain, termasuk Ivy, dimana Adam Schlesinger juga berkontribusi, dan band New Wave asal Swedia, The Sound.

Billy Corgan mengklaim bahwa Iha hanya memainkan sedikit gitar di dua album pertama Smashing Pumpkins, dengan Corgan sendiri memainkan sebagian besar bagian di studio yang dimainkan Iha secara live.

Iha sering dianggap "quiet one" di Smashing Pumpkins, tapi dia dikenal sering menambahkan sesi canda dan rap di penampilan live. Humornya diabadikan dalam penggunaan frasanya, "I've seen a million faces, and I've rocked them all," aslinya dari lagu Bon Jovi "Wanted Dead or Alive".

Pada 1998, Iha merilis album solo yang sukses secara menengah, Let It Come Down. Satu video musik dihasilkan dari album ini, untuk lagu "Be Strong Now", yang juga dirilis sebagai single 4 lagu.

Saat mantan rekan sebandnya Corgan dan Jimmy Chamberlain membangkitkan nama "Smashing Pumpkins", Iha tidak berpartisipasi, dan faktanya tidak berbicara dengan Corgan selama bertahun-tahun. Corgan menyatakan dalam sebuah blog tahun 2008 bahwa saat dia dan Chamberlain bereuni, "pintu selalau terbuka" untuk Iha untuk ikut bergabung, tapi dia menolak, dan Corgan berkata bahwa dia "dapat mengatakan dengan pasti bahwa Iha tidak kembali." Namun, dalam sebuah wawancara tahun 2012 tentang reformasi band, Iha menyatakan bahwa dia tidak pernah diminta kembali ke band. Iha juga mengaku dalam wawancara itu bahwa dia belum mendengar musik baru band sejak reformasi.

Pada wawancara Maret 2013, dia ditanya tentang melihat kembali sejarah band dan menjelaskan bahwa dia tidak pernah memikirkan tentang kesuksesannya dengan mantan bandnya, tapi melihat kembali dengan bangga saat ditanya tentang 6 album studio yang dia buat dengan mereka selama waktunya dengan band. Dia mengungkapkan bahwa dia dan Billy tidak berbicara selama 10 tahun, tapi dia berbicara dengan Wretzky "once in a while".

Setelah pembubaran Pumpkins tahun 2000 Iha menjalankan banyak proyek. Dia terus berkontribusi untuk rekaman artis lain, seperti "Don't Be Sad" di rilisan Pneumonia-nya Whiskeytown yang dirilis tahun 2001 dan penampilan tamu untuk band-band Ivy dan Fountains of wayne, yang keduanya tetap akrab, muncul di setiap rilisan oleh kedua band sejak 1997. Andy Chase dari Ivy, dan Adam Schlesinger dari Ivy dan Foauntains, muncul di sebagian besar lagu yang diproduseri Iha atau menulis untuk artis lainnya. Schlesinger pertama muncul di lagu Iha "The Bells" oleh the Smashing Pumpkins.


Iha membuat berita besar saat dia bergabung dengan supergrup rock alternatif A Perfect Circle pasda Juli 2003 di saat tur klub Thirteenth Step mereka. Dia telah muncul di album eMOTIVE mereka tahun 2004 juga berkontribusi mixing ulamg dari Blue dan Outside, dan kembali dengan band mengikuti hiatus yang mendekati 6 tahun mereka. Pada 2003, dia bergabung dengan Vanessa and the O's. Grup merilis sebuah EP Plus Rein di Swedia pada tahun yang sama dan diikuti dengan album La Ballade d'O pada 2005-2006 di label milik band RushmoreRecordings memainkan pertunjukan live di Swedia selama musim panas 2005.

Kemudian, Iha berkolaborasi di proyek musik dan desain busana di Jepang. Dia berkolaborasi dan memproduseri dua lagu dengan musisi Jepang Chara untuk album 2001 Madrigal berjudul "Boku ni Utsushite" dan "Skirt". Yang terakhir diiringi dengan sebuah video musik yang menampilkan Iha sebagai pemburu di hutam. Dengan bantuan teman lama dan manajer Isao Izutsu, Iha juga memulai label pakaian Vapor pada 2001, dan merekam "Never Ever", lagu solo pertamanya sejak pembubaran Smashing Pumpkins untuk petunjukan pertama Vapor.

Pada 2001, Iha bermain live dengan The Bank Theory dan muncul di album mereka Beyond Calm and the Corridoe memproduseri lagu "Addicted bersama dengan Schlesinger dan berkontribusi permainan gitar.

Pada 2004, A Perfect Circle menjalani hiatus dan James menghabsikan sebagian besar tahun itu menjadi DJ di pesta-pesta di New York.

Iha membuat musik film Jepang Linda, Linda, Linda, dirilis di akhir musim panas. Pada tahun yang sama dia bersatu dengan Schlesinger lagu untuk memproduseri sebuah cover duet dari "Splish Splash"-nya Bobby darin untuk soundtrack untuk film Wayne Wang Because of Winn-Dixie. Tahun yang sama Iha berkontribusi gitar untuk beberapa lagu album kedua band Chino Moreno Team Sleep, yang belum dirilis.

Iha memproduseri dua lagu di album tribute 2006 untuk Serge Gainsbourg, Monsieur Gainsbourg Revisited, "I Love You (me either)," yang menampilkan Cat Power dan model Karen Elson menyanyi dan "L'Hotel" dengan Michael Stipe pada vokal. Iha juga muncul pada lagu "The Ballad of Bonnie and Clyde" dalam sebuah duet dengan penyanyi Kazu Makino (dari Blonde Redhead) di edisi AS album itu.

Pada Februari 2006, sebuah EP digital "In the Sun" diproduseri oleh Iha menampilkan Michael Stipe dan Chris Martin dirilis. EP ini untuk amal korban Gulf Coast dari badai Katrina. Lagu ini dimasukkan di sebuah episode Grey's Anatony. Juga berkolaborasi dengan Michael Stipe, Iha bermain gitar di konser "Bring 'Em Back Home Now", dan muncul di album penyanyi Skotlandia Isobel Campbell, berkolaborasi di pembawaan ulangnya di lagu folk Irlandia dan Skotlandia tradisional. Pada 2006 Iha juga merekam sebuah cover dari "Judy Is a Punk" oleh The Ramones untuk ulang tahun ke 30 dari label pakaian asal Jepang Beams.

Pada Februari 2007, Side-Line mengumumkan bahwa UIha membuat remix untuk single Ladytrone "Weekend Mixes" yang dirilis pada 9 Maret melalui Smoke & Mirrors. Pada April 2007, dia merekam remix untuk lagu the Midnight Movies "Patient Eye".

Iha muncul di panggung dengan band Swedia The Sounds, di musim terakhir dari Bam's Unholy Union-nya MTV pada April 2007 dan berkontribusi gitar pada lagu "Seatbacks and Traytables", di album tahun 2007 Fountains of Wayne, Traffic and Weather. Mantan rekan sebandnya Melissa Auf der Maur juga berkontribusi pada album itu.

Di musim semi 2007, Iha mengatakan pada majalah Rolling Stone bahwa dia menulis dan merekam lagu untuk album solo kedua. Di musim semi 2007, Iha me-remix Midnight Movies dan The Postmarkes sebagai unduhan gratis di Internet. Chicago Weekly melaporakn pada Juni 2007 bahwa Iha tinggal di New Yoek City selama beberapa saat, menjalankan studio rekaman dan label independen. Iha tinggal di Manhattan sejak 2000 dan telah pindah ke Brooklyn.

Juga di tahun 2007, Smashing Pumpkins bereuni tanpa Iha, dan Billy Corgan mengklaim beberapa kali bahwa Iha tidak pernah mengekspresikan rasa tertarik kembali bergabung dengan grup.

Pada Mei 2008, marilyn Manson menhatakan bahwa Iha akan menjadi bintang tamu di rekaman barunya, namun, Iha tidak dikreditrkan sebagai gitaris dalam album itu.

Pada 22 Desember 2008 band Swedia A Camp (proyek solo dari vokalis The Cardigans Nina Persson) membuat peryataan pers mengumumkan bahwa album baru mereka akan keluar pada 28 April 2009, menampilkan pemunculan tamu oleh Iha dan musisi lainnya. 


Pada 17 Februari 2009, diumumkan bahwa Iha bersama dengan Taylor Hanson, bassis Fountains of Wayne Adam Schlesinger, dan drumer Cheap Trick Bun E. carlos membentuk sebuah band bernama Tinted Windows. Band memainkan pertunjukan pertama mereka di SXSW di Austin, Texas pada 20 Maret. Album pertama mereka dirilis pada 21 April 2009 yang mendapatkan sambutan positif.

Pada April 2010, situs resmi James Iha kembali dibuka. Menurut situs ini, Iha menanggap album solo berikutnya "halfway done (in his mind." Tidak lama kemudian, sebuah gambar Iha dengan Kelly Pratt dan Jon Natchez dari band Beirut dikeluarkan di situs itu mengatakan mereka akan memainkan alat tiup di album itu.

Pada Agustus 2010, para anggota A Perfect Circle membuat sebuah pesan di akun Twitter mereka mengatakan pada para penggemar tentang kembalinya mereka setelah 6 tahun hiatus. Band kemudian mengumunkan jadwal tur dimana mereka akan memainkan keseluruhan lagu dari 3 album pertama mereka di tiap konser, dengan satu album dimainkan setiap malam. Diumumkan juga bahwa lineup akan terdiri dari Maynard James Keenan, Billy Howerdel, Josh Freese, Matt McJunkies, dan James Iha.

Album solo kedua Iha berjudul Look To the Sky dirilis pada Maret 2012. Untuk memulai promosinya, Iha tampil di festoval 2nd EMI ROCKS di Saitama, Jepang Februari 2012, dan kemudian pada Desember tahun itu memainkan tur Eropa kecil di London, Paris, Amsterdam dan Lisbon.

Pada 2013 Iha berkolaborasi dengan musisi Jepang Yukihiro Takahashi, menulis lagu dan tampil di album Takahashi Life Anew, dan tampil sebagai bagian band Takahashi "In Phase" pada tur di Jepang.

Pada 2014 Iha membuat musik bagi soundtrack untuk seri Lionsgate/Hulu, Deadbeat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...