Laman

Rabu, 09 Maret 2016

CLIVE BURR




Lahir pada tanggal 8 Maret 1957 di East Ham, London, Inggris dengan nama lengkap Clive Ronald Burr.

Sebelumnya dia adalah anggota Samson, Burr bergabung dengan Iron Maiden pada tahun 1979 (secara kebetulan pada saat yang sama Bruce Dickinson bergabung dengan Samson). Ikut audisi dan bergabung atas rekomendasi dari gitaris Iron Maiden saat itu, Dennis Stratton, Burr bermain di tiga rekaman awal mereka: Iron Maiden, Killers dan rilisan terobosan mereka The Number of the Beast, dimana merupakan debut Maiden bagi Bruce Dickinson. Burr dipecat dari band pada tahun 1982 selama The Beast on the Road tour. Dia digantikan oleh drummer band saat ini, Nicko McBrain. Burr ikut menulis satu lagu di The Number of The Beast, “Gangland”, dan lagu lain, “Total Eclipse”, yang diambil dari album dan muncul di B-side dari single “Run to the Hills”, dan kemudian di rilisan ulang CD the Number of the Beast remaster.


Burr juga muncul di video “The Number of the Beast” dan “Run to the Hills”.


Dalam sebuah wawancara dengan majalah Classic Rock pada Februari 2011, Burr mendiskusikan perpisahannya dengan Iron Maiden. Mendeskripsikan banyak apa yang telah dia tulis tentang perpisahan itu sebagai “hogwash”, Burr mengindikasikan bahwa dia diusir dari band. Setelah “meninggalkan” Iron Maiden, Burr secara singkat bermain di grup Perancis, Trust, dengan demikian (sekali lagi, secara kebetulan) bertukar tempat dengan McBrain, dan secara singkat dengan band Amerika, Alcatrazz. Burr tampil di supergrup NWOBHM jangka pendek, Gogmagog yang juga menampilkan mantan vokalis Iron Maiden, Paul Di’Anno dan gitaris masa depan Iron Maiden, Janick Gers. Dia juga memiliki sebuah band yang dikenal sebagai Clive Burr’s Escape (kemudian dikenal sebagai Stratus, menampilkan para mantan anggota Praying Mantis, yang dibubarkan setelah merilis sebuah album. Burr kemudian bergabung di band Dee Snider paska Twisted Sister, Desperado, yang tidak pernah secara penuh terealisasi karena bermasalah dengan perusahaan rekaman band. Burr tampil dengan band Inggris, Elixir dan Praying Mantis pada tahun 1990an, tapi tidak menjadi anggota tetap.


Perangkat drum putih signatur Burr disumbangkan ke Hard Rock Café di London pada tahun 2005.

Burr didiagnosa dengan multiple sclerosis, perawatan dilakukan yang akhirnya membuat dia terlibat lebih dalam dengan hutang. Iron Maiden memanggungkan serangkaian konser amal dan terlibat dalam pendirian Clive Burr MS Tryst Fund. Burr menggunakan kursi roda karena kondisinya.


Dia juga patron dari Clive Aid, sebuah badan amal yang dibentuk pada 2004. Clive Aid terus meningkatkan kepedulian dan dana untuk berbagai program kanker dan multiple sclerosis di seluruh dunia melalui pementasaan acara rock. Burr hadir di banyak acara ini. Pasangannya, Mimi juag didiagnosa dengan MS.

Burr meninggal dalam tidurnya pada 12 Maret 2013 di London, empat hari setelah ulang tahunnya yang ke 56, karena komplikasi yang berhubungan dengan MS.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di situs Iron Maiden, pemain bass Steve harris menyatakan “Ini adalah sebuah berita yang sangat menyedihkan. Clive adalah seorang teman lama dari kami semua. Dia adalah seorang pribadi yang hebat dan seorang drummer yang menakjubkan yang membuat sebuah kontribusi bernilai bagi Iron Maiden di awal hari kami memulai. Ini adalah hari yang menyedihkan untuk semua orang di band dan yang ada di sekitar dia dan pikiran serta doa kami bersama dengan pasangannya Mimi dan keluarga pada saat ini.”


Penyanyi Iron Maiden Bruce Dickinson menyatakan “Bahkan dalam hari-hari tergelap dari MS-nya, Clive tidak pernah kehilangan rasa humor atau keceriannya.

Sebuah layanan pemakaman dilakukan untuk Burr pada 25 Maret 2013 di London.

Gaya permainan Burr berpengaruh pada banyak drummer heavy metal. Dave Lombardo, yang dikenal untuk karyanya dengan band-band seperti Slayer, Grip Inc. dan Fantomas, menyatakan bahwa “gaya permainannya menginspirasi dan album-album yang dia rekam dengan Iron Maiden merupakan pelajaran bagi pendidikan musik saya”. Charlie Benante dari Anthrax berkata: “permainan drum di ‘Killers’ menginspirasi saya untuk bermain drum dan saya melakukannya.” Menurut Dave McClain, drummer Machine Head, yang menganggap Burr sebuah pengaruh besar, dia “membawa permainan drum punk rock ke dalam heavy metal”.

Drumer lainnya seperti Paul Bostaph (Slayer, Exodus, Testament), Stefab Schwarzmann (Helloween, Krokus), Chris Reifert (Death, Autopsy), Steve Asheim (Deicide), Jan Axel Blomberg (Mayhem), Jason Bittner (Shadows Fall) dan Richard Christy (Iced Earth, Charred Walls of the Damned) juga menyebut Burr sebagai seorang pengaruh.

Jeff Waters, gitaris dan komandan Annihilator, menghormati permainan drumnya sebagai sebuah inspirasi pada bagian drum yang dia tulis untuk bandnya.

Penyanyi utama Iron Maiden Bruce Dickinson menganggapnya sebagai “…drummer terbaik yang pernah dipunyai band. Itu tidak menyinggung apapan dari Nicko (drummer sekarang). Secara teknis, kemungkinan Nicko adalah drummer yang lebih berkompeten dibandingkan Clive. Ini benar-benar Clive yang memiliki rasa yang luar biasa, dan anda tidak dapat mempelajarinya, dan saya menyesalkan bahwa dia tidak diberi waktu yang lebih untuk mencoba dan membuktikan diri.” Gitaris Iron Maiden Adrian Smith juga memuji kemampuan permainan drumnya. “Clive adalah seorang drummer yang hebat, seorang drummer bercorak Ian Paice, sigap dan solid dengan rasa yang bagus untuk segalanya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...