Laman

Rabu, 09 Maret 2016

ANNEKE VAN GIERSBERGEN




Lahir dengan nama Anna Maria van Giersbergen di kota kecil Sint Michielsgestel, Belanda pada 8 Maret 1973. Dia mulai menyanyi pada usia 7 tahun, saat dia berpartisipasi di sebuah kontes musik. Pada Usia 12 tahun dia berpartisipasi di kor sekolahnya dimana dia belajar dan tur di Perancis. Kemudian dia mulai mengambil pelajaran menyanyi dan bergabung dengan band pertamanya. Setelah pengalaman pertamanya ini, Anneke bergabung dengan beberapa band. Pada tahun 1992, dia mendirikan duet “Bad Breath” dengan gitaris dan penyanyi Deniz Cagdas (Spencer Edgards), dengan musik yang didominasi ritem seperti blues, jazz, folk dan funk. Dia bergabung dengan The Gathering pada 1994, dan dia adalah yang utama untuk karyanya dengan mereka.

Pada tahun 1998, dia menyanyi di album Ayreon, Into the Electric Castle, sebuah album konsep yang menceritakan tentang sebuah keberadaan alien ‘menculik’ delapan jiwa manusia dari masa yang berbeda. Anneke memerankan seorang wanita Mesir dari masa Fira’un.


Pada tahun 2006, dia muncul di album Rubicon tahun 2006 dari anggota band Asia, John Wetton dan Geoffrey Downes pada lagu “To Catch a Thief” dan “Tears of Joy”. Dia juga muncul di Smear Campaign oleh band grindcore-death metal Napalm Death, pada lagu “Weltschmerz” dan “In Deference”, berkontribusi kata-kata bukan menyanyikan vokal “untuk efek yang baik dan relevan dengan lagu itu”.

Pada Juni 2006, band epic rock Globus merilis album Epicon, yang menyertakan vokal dan kontribusi penulisan lagu Anneke. Anneke ikut menulis lirik untuk “Mighty Rivers Run”, dan menyanyikan vokal utama pada lagu itu juga berduet dengan Christine Navarro pada lagu “Diem Ex Dei”.


Pada 5 Juni 2007 diumumkan bahwa Anneke akan meninggalkan The Gathering pada Agustus 2007 untuk berfokus pada sebuah proyek baru, Agua de Annique, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Pada 24 Nopember 2007 dia membawakan lagu “Somewhere” lagi dengan Within Tempation di Ahoy arena di Rotterdam, dan itu ditampilkan di DVD live Within Tempation, Black Symphony.

Anneke juga menyanyi di album Ayreon 01011001, yang dirilis pada awal 2008. Karakter yang dia perankan adalah salah satu Forever, sesosok alien dari ras yang sama, yang menculik karakternya dari Into the Electric Castle.


Dia menyanyi di “Scorpion Flower” dari album Night Eternal (2008) dari Moonspell. Pada 3 Desember 2008, dia membawakan lagu ini live dengan Moonspell di the 013, Tilburg.

Anneke berkolaborasi dengan Devin Townsend di albumnya Addicted pada 2009, Epicloud pada 2012 dan Sky Blue pada 2014 dan menyanyikan sebagian besar lagi di album-album tersebut. Dia juga muncul sebagai vokalis tamu pada beberapa pertunjukan live proyek Devin Townsend termasuk pertunjukan kedua di seri konser By a Thread pada 2011 dan The Retinal Circus pada 2012, keduanya dirilis sebagai DVD.

Dia muncul sebagai vokalis tamu di album debut The Human Experimente, sebuah proyek yang juga menampilkan Robert Fripp dari King Crimson, John Wetton dari Asia dan King Crimson, Maynard James Keenan dari Tool, A Perfect Circle dan Puscifer, Adrian Belew, U-G-O dengan Sean Kingston, dan Dann Pursey dari Globus dan Vantan.


Pada tahun 2011, Anneke berkolaborasi dengan Yoav Goren pada lagu “The Promise”, pada lagu utama di album kedua Globus, Break From This World. Dia ikut menulis lirik juga menampilkan vokal bersama dengan Lisbeth Scott pada lagu itu. Dia membawakan lagu “What Coul Have Been” untuk band Death/doom metal, Novembers Doom. Anneke juga muncul di lagu album versi orkestra dari band progressive rock Inggris Anathema, Falling Deeper, dirilis pada 5 September 2011. Dia telah melakukan tur dengan band itu di Amerika Selatan menyanyikan lagu “Everwake”.

Dia merilis album baru, Everything Is Changing, pada Januari 2012 melalui divisi Belanda dari PIAS Recordings dan dibawah namanya sendiri.

Pada 22 April 2014, Arjen Anthony Lucassen mengungkapkan bahwa proyek berikut miliknya adalah sebuah kolaborasi dengan van Giersbergen, kerjasama mereka ketiga setelah album Ayreon, Into the Electric Castle dan 01011001. Lucassen mendeskripsikannya sebagai “sebuah album konsep ganda yang epik, sebuah kombinasi dari ‘classical meets metal’ dan ‘acoustic folk’.” Proyek itu diberi nama The Gentle Storm, dengan album pertama mereka dirilis pada 2015.


Kemudian pada tahun 2015, van Giersbergen berkolaborasi sekali lagi dengan Lucassen, membawakan karakter Fear dalam musikal The Theater Equation, berisi tiga pertunjukan dari versi live dari album Ayreon The Human Equation.

Akar musik Anneke adalah musik klasik dan jazz, tapi dia paling menikmati rock dan pop. Pengaruh utamanya adalah Prince, Ella Fitzgerald dan Thom Yorke (Radiohead).

Pada 20 Februari 2005 dia melahirkan seorang putra yang diberi nama Finn, yang dia peroleh dengan suaminya Rob Snijders.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...