Laman

Kamis, 10 Maret 2016

JEFF AMENT




Lahir dengan nama Jeffrey Allen Ament pada 10 Maret 1963 di Havre, Montrana, AS, merupakan anak pertama dari lima bersauadara dari psangan George dan Penny Ament dan tumbuh di kota Big Sandy, Montana, sebuah kota dengan populasi tidak lebih lebih dari 700 orang. Ayah Ament adalah walikota Big Sandy selama tigabelas tahun, juga seorang tukang cukur dan supir bus sekolah. Ament mendeskripsikan keluarganya saat tumbuh sebagai "cukup miskin" dan "hard-core Catholic." Ament memiliki seorang adik lelaki, Barry.


Dia mulai memainkan bass saat remaja, sering bermain dengan rekaman-rekaman Ramones, The Clash, dan The Police. Ament berpartisipasi di olah raga bola basket, sepakbola dan lari di Big Sandy High School, dimana dia lulus pada 1981. Dia kemudian berkuliah di Iniversity of Montana di Missoula, Montana, dimana dia belajar seni dan bermain bola basket. Ament keluar dari kampus di pertengahan tahun keduanya setelah pihak universitas mengatakan padanya mereka tidak lagi melanjutkan program desain grafisnya. Ament kemudian pindah ke Seattle, Washington pada tahun 1993 dengan bandnya Deranged Diction. Saat di Seattle, Ament mendapatkan pekerjaan di sebuah kedai kopi di Belltown.


Ament menjadi akrab dengan sesama musisi Seattle, Mark Arm dan Steve Turner, dan dia diminta untuk bergabung dengan band baru mereka Green River pada tahun 1984. Band juga menyertakan drumer Alex Vincent, dengan gitaris Stone Gossard kemudian ditambahkan ke dalam lineup. Pada saat band menyelesaikan rekaman EP debutnya, Come On Down, Turner memutuskan untuk meninggalkan grup, menyatakan rasa tidak puasnya dengan penambahan heavy metal dari Ament dan Gossard. Turner digantikan oleh mantan rekan seband Ament di Deranged Diction, Bruce Fairweather.


Band merilis EP Come On Down pada tahun 1985 dan menindaklanjutinya dengan Dry As a Bone pada 1987, rilisan pertama di Sub Pop Records. Album studio penuh satu-satunya band, Rehab Doll, dirilis pada 1988. Perselisihan dalam band yang membawa perpecahan grup selama rekaman Rehab Doll. Pembagian gaya musik telah terbangu antara Ament dan Gossard pada satu sisi, dan Arm pada sisi lainnya. Ament dan Gossard ingin mengejar persetujuan label mayor, sedangkan Arm ingin tetap independen, melihat duo tersebut menjadi terlalu mementingkan karir. Menanggapi tuduhan itu, Ament kemudian mengatakan bahwa selama waktunya dengan band dia harus bekerja di sebuah restoran agar dapat membayar sewanya, sedangnkan anggota lain didukung oleh orangtua mereka. Dia berkata, "Apakah saya ingin bermain musik dan membayar biaya sewa saya? Ya." Band mendapatkan reputasi lokal di Seattle dan memiliki pengaruh signifikan pada genre yang kemudian dikenal sebagai grunge, dengan Green River dianggap sebagai "arguably the first grunge band."


Menyusul pembubaran Green River, Ament mendirikan Mother Love Bone pada tahun 1988 bersama dengan mantan anggota Green River Gossard dan Fairweather, mantan frontman Malfunkshun Andrew Wood, dan mantan drumer Ten Minute Warning dan Skin Yard Greg Gilmore. Band dengan cepat mengerjakan rekaman dan tampil secara lokal dan pada akhir 1988 menjadi band Seattle yang lebih menjanjikan. Pada awal 1989 band menandatangani kontrak dengan cabang Polygram Mercury Records. Pada Maret tahun itu grup melepas EP debutnya, Shine.


Pada akhir 1989 grup kembali ke studio untuk merekam album studio debutnya, Apple. Album ini direncanakan untuk rilisan Maret 1990. Namun, satu hari sebelum merilis Apple, frontman Wood, yang memiliki sejarah panjang dengan masalah narkoba, overdosis heroin. Setelah menginap beberapa hari di rumah sakit dalam koma, Wood meninggal, secara efektif membawa Mother Love Bone berakhir. Apple dirilis kemudian tahun itu.
Menyusul kematian Wood, Ament dan Gossard hampir berpisah. Ament secara singkat menghabiskan waktu di band War Babies, tapi dia akhirnya bersama kembali dengan Gossard dan seorang teman masa kecil Gossard bernama Mike McCready. Trio itu berniat membentuk band mereka sendiri saat mereka diundang sebagai bagian dari proyek Temple of the Dog yang didirikan oleh Chris Cornell-nya Soundgarden sebagai tribute musikal untuk Andrew Wood. Cornell adalah teman sekamar Wood. Ament mendeskripsikan kolaborasi itu sebagai "a really good at the time" untuknya dan Gossard yang menempatkan mereka pada sebuah "situasi band dimana mereka dapat bermain dan membuat musik." LIneup band dilengkapi dengan penambahan drumer Soundgarden Matt Cameron.

Band memulai melatih lagu yang telah ditulis oleh Cornell saat tur sebelum kematian Wood, juga mengerjakan ulang beberapa materi yang ada dari demo yang dituklis oleh Gossard dan Ament. Proyek ini kemudian menampilkan vokalis Eddie Vedder, yang tiba di Seattle untuk audisi untuk menjadi penyanyi untuk band Ament dan Gossard berikutnya, yang kemudian menjadi Pearl Jam. Vedder menyanyikan sebuah duet dengan Cornell pada lagu "Hunger Strike" dan mengisi vokal latar pada beberapa lagu lainnya. Band memutuskan bahwa itu telah cukup untuk keseluruhan album dan, pada April 1991, Temple of the Dog dirilis melalui A&M Records.


Pearl Jam dibentuk pada 1990 oleh Ament, Gossard, dan McCready, yang kemudian merekrut Vedder dan drumer Dave Krusen. Band aslinya mengambil nama Mookie Blaylock, tapi terpaksa menggantinya saat band menandatangani kontrak dengan Epic Records pada 1991. Setelah sesi rekaman untuk Ten lengkap, Krusen meninggalkan Pearl Jam pada Mei 1991. Krusen digantikan oleh Matt Chamberlain, yang sebelumnya bermain dengan Edie Brickell & New Bohemians. Setelah hanya memainkan sedikit pertunjukan, yang salah satunya difilemkan untuk video "Alive", Chamberlain pergi untuk bergabung dengan band Saturday Night Live. Sebagai penggantinya, Chamberlain menyarankan Dave Abbruzzese, yang bergabung dengan grup dan memainkan pertunjukan live Pearl Jam untuk mendukung album Ten.

Ten membawa band ke jalur utama, dan menjadi salah satu album alternative terlaris tahun 1990an. Band memperoleh popularitas mendadak dan perhatian yang diberikan pada kancah musik Seattle dan genre itu dikenal sebagai grunge. Single "Jeremy" menerima nominasi Grammy Award untuk Best Rock Song dan Best Hard Rock Performance pada 1993. Pearl Jam meneriman empat penghargaan di the 1993 MTV Video Music Awards untuk musik videonya "Jeremy", termasuk Video of the Year dan Best Group Video. Ten ada di peringkat nomor 207 di daftar majalah Rolling Stones the 500 greatest albums of all time, dan "Jeremy" di peringkat nomor 11 di daftar VH1 the 100 greatest songs of the '90s.

Menyusul jadwal tur yang padat, band masuk ke studio untuk merekam album studio kedua, Vs., yang dirilis pada 1993. Saat dirilis, Vs. pada saat itu semua album yang dicetak terjual dalam satu minggu, dan menghabiskan lima minggu di nomor satu di Billboard 200. Vs. dinominasikan untuk Grammy Award for Best Rock Album pada 1995. Dari Vs., lagu "Daughter" menerima nominasi Grammy untuk Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal dan lagu "Go" menerima nominasi Grammy untuk Best Hard Rock Performance.

Merasa tertekan karena kesuksesan, band memutuskan untuk mengurangi tingkat promosi untuk album-albumnya, termasuk menolak merilis video musik. "Sepuluh tahun dari sekarang," Ament berkata, "Saya tidak ingin orang mengingat lagu-lagu kami sebagai video." Pada tahun 1994, band mulai melakukan boikot Ticketmaster, yang berlangsung selama tiga tahun dan membatasi kemampuan band untuk melakukan tur di AS. Ament mengambil peran aktif selama masalah Pearl Jam dengan Ticketmaster pada tahun 1994 terhadap harga dan biaya. Bersama dengan Gossard, Ament bersaksi di hadapan sub-komite kongres, berdebat bahwa praktek Ticketmaster adalah anti-persaingan.

Kemudian pada tahun yang sama band merilis album studio ketiganya, Vitalogy, yang menjadi album ketiga band yang mencapai status multi-platinum. Album ini menerima nominasi Grammy untuk Album of the Year dan Best Rock Album pada tahun 1996. Vitalogy ada di peringkat nomor 492 di daftar majalah Rolling Stones the 500 greateast albums of all time. Single utama "Spin the Black Circle" memenangkan sebuah Grammy Award pada tahun 1996 untuk Best Hard Rock Performance. Walaupun Abbruzzese tampil di album Vitalogy, dia dipecat pada Agustus 1994, empat bulan sebelum album dirilis. Band menyebut peebedaan politis antara Abbruzzese dan anggota lainnya; contoh, dia tidak setuju dengan boikot Ticketmaster. Dia digantikan oleh Jack Irons, seorang teman dekat Vedder dan mantan drumer/drumer asli Red Hot Chili Peppers.

Band dengan segera merilis No Code pada 1996 dan Yield pada 1998. Pada 1998, sebelum US Yield Tour-Pearl Jam, Irons meninggalkan band karena ketidakpuasan dengan tur. Pearl Jam mendaftarkan mantan drumer Soundgarden Matt Cameron sebagai pengganti Irons yang awalnya dengan basis sementara, tapi dia segera menjadi pengganti permanen untuk Irons. "Do the Evolution" (dari Yield) menerima nominasi Grammy untuk Hard Rock Performance. Pada 1998, Pearl Jam merekam "Last Kiss", sebuah cover balada 1960an yang dibuat terkenal oleh J. Frank Wilson and the Cavaleriers. Lagu itu dirilis di single Natal penggemar band pada 1998; namun, oleh permintaan yang banyak, lagu itu juga dirilis sebagai single pada 1999. "Last Kiss" mencapai nomor 2 di chart Billboard dan menjadi single band dengan perolehan tertinggi.

Pada tahun 2000, band merilis album studio keenamnya, Binaural, dan dan menjadi serangkaian bootleg sukses. Band merilis beberapa album live pada tahun 2000 dan 2001, dan membuat album-album itu masuk Billboard 200 pada saat itu. "Grievance" (dari Binaural) menerima nominasi Grammy untuk Best Hard Rock Performance. Band merilis album studio ketujuhnya, Riot Act, pada 2002. Kontribusi Pearl Jam untuk filem tahun 2003, Big Fish, "Man of the Hour", dinominasikan untuk Golden Globe Award pada 2004. Album studio kedelapan band, Pearl Jam, dirilis pada 2006. Band merilis album studio kesembilannya, Backspacer, pada 2009 dan album studio kesepuluhnya, Lightning Bolt, pada 2013.

Diluar kontribusi musiknya untuk band, Ament membuat kontribusi signifikan untuk tata artistik album band. Fotografinya dapat ditemukan di mayoritas rilisan band.


Ament memiliki band proyek sampingan bernama Three Fish, yang dia bentuk pada 1994 dengan Robbi Robb dari Tribe After Tribe dan Richard Stuverud dari the Fastbacks. Three Fish telah merilis dua album, Three Fish (1996) dan The Quiet Table (1999)

Ament tampil dengan anggota lain Pearl Jam dia album Neil Young tahun 1995, Mirror Ball, dan akhirnya ambil bagian di sebelas jadwal tur di Eropa sebagai bagian dari band pendukung Young. Tur ini terbukti sangat sukses dengan manajer Young Elliot Roberts menyebutnya "One of the greatest tours we ever had in our whole lives."


Pada 16 September 2008, Ament merilis album solo pertamanya, Tone, melalui Monkeywrench Records. Album ini menampilkan 10 lagu yang ditulis dalam rentang waktu 12 tahun. Lagu-lagu dalam album ini menampilkan sound yang mentah dan eksperimental. 3.000 kopi dari Tone dicetak dan didistribusuikan melalui toko rekaman independen ke seluruh AS juga melalui situs resmi Pearl Jam. Album ini juga tersedia sebagai unduhan digital via situs resmi Pearl Jam dengan harga US$4.99.

Pada 24 Januari 2011, Ament mengumumkan di situs resmi Pearl Jam proyek sampingannya dengan dUg Pinncik dari King's X dan Richard Stuverud dari the Fastbacks, dengan nama Tres Mts.. Laman facebook resmi band mengumunkan pada Maret 2011 mereka merilis album, Three Mountains, melalui Monkeywrench Records.


Pada tahun 2012, Ament memulai band lainnya dengan penyanyi-penulis lagu Joseph Arthur dan drumer Richard Stuverud, dengan nama RNDM.


Ament memiliki kameo akting singkat di filem tahun 1992, Singles, bersama dengan Stone Gossard dan Eddie Vedder dari Pearl Jam. Dia muncul sebagai dirinya sendiri, memainkan bass di band aktor utama Matt Dillon, Citizen Dick. Sebagian besar busana di filem itu sebenarnya milik Ament. Selama pembuatan filem Ament menghasilkan sejumlah judul lagu untuk band fiksi itu. Chris Cornell mengambilnya sebgai sebuah tantangan untuk menulis lagu untuk film mengunakan lagu-lagu tersebut, dan "Spoonman" adalah salah satunya. Judul "Spoonman" dikreditkan pada Ament di catatan album Soudgarden 1994, Superunknown. Ament juga diwawancarai untuk dokumenter skateboard tahun 2001, Dogman and Z-Boys.

Dengan adiknya Barry, Ament mendirikan Ames Bros., sebuah perusahaan produksi artistik yang menghasilkan poster tur dan tata sampul untuk banyak band, termasuk Pearl Jam.

Ament diberi kredit dengan musik pembuka untuk Mayne Street, sebuah seri komdei yang mengudara di ESPN.com, dibintangi Kenny Mayne.

Ament menyebut The Who, The Beatles, Aerosmith, Kiss, AC/DC, Sex Pistols, Ramones, The Clash, dan Black Flag sebagai beberapa pengaruhnya. Dalam sebuah wawancara, Ament berkata:

Saya harus bisa merasakan bass. Saya bekerja keras dengan para produser kami untuk meyakinkan bahwa saat anda memainkan rekaman kami di stereo Anda, anda dapat merasakan bass. Anda tidak perlu mendengarkannya sepanjang waktu, tapi jika anda menyalakannya anda dapat merasakan pergerakan suara rendah-yang menggerakkan lagu. Dan jika itu tidak ada, itu seharusnya menciptakan sebuah kedinamisan.

Ament membuat kontribusi mayoritas penulisan lagu untuk Pearl Jam. Dia menulis musik untuk salah satu hit terbesar band, "Jeremy", juga "Nottingham" (dari Vitalogy). Kontribusinya untuk lagu-lagu Pearl Jam tidak hanya terbatas pada musik dengan Ament menulis lirik untuk lagu-lagu Yield "Pilate" dan "Low Light", lagu-lagu Binaural "God's Dice" dan Nothing as It Seems", "Help Help" (dari Riot Act), "Other Side" (dari single "Save You", dan "Sweet Lew" (dari Lost Dogs). Juga kontribusi bass, Ament sering mengisi vokal latar dan memainkan gitar pada dua lagu Pearl Jam yang dia tulis secara musikal: "Smile" (dari No Code) dan "Bee Girls" (dari Lost Dogs). Dia menampilkan vokal utama pada "Sweet Lew" dan juga pada cover Ramones "I Just Want To Have Something To Do".

Awal 2011, Ament didukung oleh luthier Mike Lull, dan sebuah model signature diproduksi, yang tesedia dalam 4 warna.

Ament saat ini tinggal di Seattle, Washington dan Missoula, Montana. Diluar musik, hobi Ament antara lain skateboard, bola basket, desain grafis, snowboarding dan wakeboarding. Dia adalah penggemar dan pemegang tiket musiman dari Seattle SuperSonics-nya NBA. Ament membantu mendanai pembangunan Missoula's Mobash Slatepark. Dia dan pasangannya Pandora Andrea-Beatty mendaki Mount Kilimanjaro-nya Afrika untuk mendukung Save the Children.

Ament adalah pendukung kebun organik dan Senator AS Jon Tester. Tester tumbuh dekat Big Sandy dan Ament mengenal Tester sebelum keduanya terkenal. Ament berkampanye untuk Tester pada 2006.

Pada April 2009, Ament diserang dengan todongan pisau oleh segerombolan penodong. Menurut Rolling Stones, Ament baru saja tiba di luar studio rekaman Southern Tracks di Atlanta, Georgia, saat jip sewaannya diserang oleh beberapa orang, yang menghancurkan jendela kendaraan dan meminta uang. Majalah itu juga melaporkan bahwa Ament dipukul hingga jatuh ke tanah saat mencoba lari dari penodong. Dia menderita cedera kepala dan dirawat di tempat kejadan. Blackberry dan paspornya, juga sejumlah uang tunai, dicuri.

Pada 16 Februari 2016, dia menikahi Pandora Andre-Beatty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...