Laman

Jumat, 25 Maret 2016

JEFF HEALEY




Lahir dengan nama Norman Jeffrey Healey pada 25 Maret 1966 di Toronto, Ontaria, Kanada. Dia dibesarkan di sebelah barat kota. Dia dia diadopsi saat masih bayi; ayah adospsinya adalah seorang damkar. Saat dia hampir berusia satu tahun, Healey kehilangan peglihatannya karena retinoblastoma, sejenis kanker mata yang langka. Matanya dioperasi untuk dibuang, dan dia diberi ocular prostheses.

Healey mulai bermain gitar saat dia berusia tiga tahun, membangun gaya permainannya yang unik dengan meletakkan alat musik itu di pangkuannya. Saat dia berusia 15 tahun, Healey membentuk band Blue Direction, beranggotakan empat orang yang terutama memainkan lagu-lagu cover band bar dan menyertakan bassis Jerermy Littler, drummer Graydon Chapman, dan teman sekolah, Rob Quail pada gitar kedua. Band ini bermain di berbagai klub lokal di Toronto, termasuk Colonial Tavern.

Healey mulai membawakan acara jazz dan blues di stasiun radio CIUT-FM dimana dia dikenal untuk permainannya dari koleksinya yang banyak akan rekaman gramafon 78 rpm antic.

Tidak lama berselang dia dikenalkan pada dua musisi, bassis Joe Rockman dan drummer Tom Stephen, dengan siapa dia membentukm sebuah trio, The Jeff Healey Band. Band ini membuat pemuculan pertama mereka di Biords Nest, berlokasi di lantai atas Chicago’s Dinner di Queen Street West di Toronto. Mereka menerima ulasan di majalah NOW Toronto, dan segera bermain hampir setiap malam di klub lokal, seperti Grossman’s Tavern dan klub blues terkenal Albert’s Hall (dimana Healey ditemukan oleh gitaris Stevie Ray Vaughan dan Albert Collins).

Setelah teken kontrak dengan Arista Records pada 1988, band merilis album See the Light, menampilkan single hit “Angel Eyes” dan lagu “Hideaway”, yang dinominasikan untuk sebuah Grammy Award for Best Rock Instrumental Performarmance. Saat band merekam See the Light, mereka juga memfilemkan (dan merekam untuk soundtrack) film Road House-nya Patrick Swayze. Healey memiliki sejumlah adegan akting di filem itu dengan Swayze, saat bandnya adalah band cover tetap untuk bar yang tampil di filem itu. Pada 1990, band memenangkan Juno Award untuk Canadian Entertainer of the Year. Album Hell to Pay dan Feel This memberikan Healey 10 single yang masuk ke tangga lagu Kanada antara 1990 dan 1994, termasuk sebuah cover The Beatles “While My Guitar Gentley Weeps” yang menampilkan George Harrison dan Jeff Lynne pada vokal latar dan gitar akustik.


Pada saat perilisan album Get Me Some pada 2000, Healey mulai mengkonsentrasikan bakatnya dalam arah musik yang berbeda yang dekat dengan jiwanya, apresiasi untuk bentuk musik Amerika asli lainnya, jazz.

Dia merilis tiga CD dari musik jazz Amerika tradisional dari tahun 1920an dan 1930an. Dia telah bermain dengan band dengan jenis ini di seputaran Toronto sejak permulaan karirnya. Walaupun lebih dikenal sebagai gitaris, Healey juga memainkan trumpet selama pertunjukan. Grup jazz utamanya untuk tur dan rekaman adalah Jeff Healey’s Jazz Wizards.

Healey adalah seorang kolektor rekaman dan memiliki koleksi lebih dari 30.000 rekaman 78 rpm. Dia dari waktu ke waktu menjadi pembawa acara di acara CBC Radio berjudul My Kind of Jazz, dimana dia memainkan rekaman dari koleksi jazz-nya. Dia membawakan acara dengan nama serupa di stasiun jazz Toronto CJRT-FM; hingga 2010, yang acaranya sering diulang untuk disiarkan.

Selama bertahun-tahun, Healey melakukan tur menempuh Amerika Utara dan Eropa dan manggung di klubnya, “Healey’s”di Bathurst Street di Toronto, dimana dia bermain dengan band bluesnya Kamis malam dan juga grup jazz-nya di Sabtu siang. Klub pindah ke lokasi yang lebih besar di 56 Blue Jays Ways dan diberi nama baru “Jeff Healey’s Roadhouse.” Walaupun dia meminjamkan namanya pada klub dan sering manggung disana, Jeff Healey tidak memiliki atau mengepalai bar itu. (Nama diambil dari film tahun 1989, Road House, dimana Healey muncul).


Pada saat kematiannya, dia merencanakan untuk menampilkan serangkaian pertunjukan di UK, Jerman, dan Belanda dengan bandnya yang lain, ‘Jeff Healey Blues Band’ (atau “Healey’s House Band’) pada April 2008.

Bertahun-tahun, Healey melakukan tur dan bermain dengan banyak pemain legendaries, antaranya The Allman Brothers, Bonnie Raitt, Stevie Ray Vaughan, Buddy Guy, BB King, ZZ Top, Steve Lukather, Eric Clapton dan lainnya. Pada 2006, Healey muncul di CD/DVD milik vokalis Deep Purple, Ian Gillan, Gillan’s Inn.

Healey menemukan dan membantu meembangun karir artis musik lainnya, antara lain Terra Hazelton dan Amanda Marshall.

Pada 11 Januari 2007, Healey menjalani operasi untuk membuang metastatic di kedua paru-parunya. Di delapan belas bulan sebelumnya, dia menderita sarcoma yang dibuang dari kakinya.

Pada 2 Maret 2008, Healey meninggal karena kanker di kota asalnya pada usia 41 tahun. Dia meninggalkan seorang istri, Cristie, putra dan putrid mereka dari pernikahan sebelumnya.

Kematian Healey terjadi satu bulan sebelum perilisan Mess of Blues, yang merupakan album rock/blues pertamanya dalam delapan tahun. 

Pada awal 2009 album Healey, Mess of Blues memenangkan The 8th Annual Independent Music Awards untuk Best Blues Album.

Pada 2009, Healey dilantik ke dalam Terry Fox Hall of Fame.

Pada Juni 2011, Woodfork Park di Toronto berganti nama Jeff Healey Park untuk menghormatinya.

Pada 2014 Healey dilantik ke dalam Canada’s Walk of Fame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...