Laman

Jumat, 11 Maret 2016

VINNIE PAUL




Lahir dengan nama Vincent Paul Abbott pada 11 Maret 1964 di Abilene, Texas, AS. Orangtuanya adalah Jerry, penulis lagu dan produser musik country, dan Carolyn Abbott.


Pada Desember 2008, dia mengumpulkan bagian drumnya yang sangat dikenang untuk diperlihatkan di sebuah video promosi untuk perushaaan ddrum: “Use My Third Arm,” “Primal Concrete Sledge,” “13 Steps to Nowhere,” “Domination” dan “Becoming.” Pada 23009, dia memulai American Drumer Championship dengan bantuan dari teman dan pengaruhnya, M. Ludowise, mantan drummer Downset.

Pada Agustus 2013, Paul tampil di sebuah video musik untuk cover Black Label Society dari “Ain’t No Sunshine”, muncul bersama Zakk Wylde yang memakai topeng kuda. Wylde dan Paul dikenal sebagai teman akrab, dengan Wylde juga dekat dengan adik Paul, Dimebag Darrell sebelum kematiannya pada tahun 2004.


Paul membentuk Pantera pada tahun 1981 dengan adiknya Dimebag Darrell (kemudian dikenal sebagai Diamond Darrell) dan Terry Glaze pada gitar, bassis Tommy D. Bradford, dan vokalis Donnie Hart. Setelah kepergian Hart, Glaze mengambil peran tugas vokal. Pada musim panas 1982, Bradford meningalkan band dan digantikan oleh Rex Brown dan band merilis tiga album dengan lineup itu.

Pantera merekrut vokalis Phil Anselmo untuk menggantikan Glaze pada 1987. Pada 1990, band menandatangani kontrak dengan Atco Records dan merilis Cowboys from Hell sebagai bukti titik balik band. Setelah empat album studio lagi, sebuah album live dan kompilasi greatest hits, Anselmo dan Pantera dinominasikan untuk empat best metal performance Grammy, untuk lagu-lagu “I’m Broken”, “”Suicide NotePt. I”, “Cemetary Gates” dan Revolution Is My Name”.


Pada 2001, Anselmo memutuskan untuk mengistirahatkan Pantera karena sakit punggung saat dia melakukan tur dan rekaman dengan proyek sampingannya. Pembubaran resmi Pantera berlangsung pada 2003 untuk beberapa alasan, tapi terutama karena terjadinya perselisihan antara Anselmo dan anggota band lainnya, walaupun Rex Brown tetap netral. Pada tahun itu terjadi dendam antara Abbott dan Anselmo. Namun, Anselmo mengumumkan secara luas bahwa dia berharap Paul mau memaafkan dia, dan menjalin kembali pertemanan. Namun, Paul menyatakan bahwa dia tidak tertarik, dan juga Paul tak akan pernah berbicara pada Anselmo lagi.


Setelah pembubaran Pantera, Abbott bersaudara membentuk band Damageplan dengan seorang mantan artis tato Bob Zilla pada bass, mantan gitaris Halford, Pat Lachman pada vokal utama. Damageplan merekam sebuah album, New Found Power, yang dirilis pada 10 Februari 2004. Pada 8 Desember 2004, saat melakukan tur untuk mendukung album Damageplan, adiknya Dimebag Darrell tertembak hingga tewas di atas panggung oeh marinir AS Nathan Gale di Alrosa Villa di Columbus, Ohio. Damageplan dibubarkan tak lama kemudian.


Setelah memakamkan adiknya, Paul membentuk Big Vin Records pada Februari 2006 dan merilis Rebel Meets Rebel dan sebuah DVD, Dimevision, Volume 1. Paul (bersama Cristina Scabbia, vokalis utama Lacuna Coil) menulis kolom Tanya-jawab bulanan di Revolver. Paul tetap mempertahankan dukungan dengan ddrum, Sabian cymbals, dan Vic Firth drumsticks. Dia sebelumnya didukung Tama, Pearl drums, Remo drumheads and hardware. Paul juga melakukan tur bermain drum untuk Dethklok, memainkan sebuah pertunjukan di Philadelphia dengan pencipta Metalocalypse, Brendon Small. Sekitar waktu ini dalam karirnya, dia sekali menjadi pembicara untuk restoran cepat saji Arby.

Pada Juni 2006, setelah kematian adiknya dan hiatus 18 bulan, Paul tidak yakin jika ia akan kembali ke dunia musik, tapi kemudian bergabung dengan supergrup heavy metal Hellyeah, yang juga menampilkan voalis Chad Gray dan gitaris Greg Tribbett dari Mudvayne, gitaris Tom Maxwell dari Nothingface, dan bassis Bob Zilla dari Damageplan, yang dipanggil untuk menggantikan bassis asli Jerry Montano.


Pada 2010, Paul merilis sebuah buku masak berjudul “drumming up an Appetite with Vinnie Paul”.

Paul mengatakan bahwa pengaruh permainan drum terbesarnya adalah Peter Crissdari Kiss dan Tommy Aldridge. Dia juga menyebutkan Bill Ward, John Bonham, Mikkey Dee, Alex Van Halen, dan Neil Peart sebagai pengaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...