Laman

Selasa, 08 Maret 2016

RANDY MEISNER




Lahir dengan nama Randy Herman Meisner pada 8 Maret 1946 di Scottsbluff, Nebraska, AS. Dia adalah penyanyi dan penulis lagu serta pemain bass yang dikenal sebagai seorang anggota pendiri dari Poco dan the Eagles.

Meisner merupakan anak kedua dan satu-satunya putra dari peladang Hermain (1911-1995) dan Emilie Meisner (1911-2010. Randy mengingat ibunya selalu menyanyi di sekitar rumah. Kakeknya Alex adalah violinis klasik Rusia. Keluarga itu menanam kacang polong, alfalfa, jagung dan bit gula di ladang mereka. Randy membangun rasa tertarik dengan gitar pada usia 10 tahun, setelah menyaksikan Elvis Presley tampil di Ed Sullivan Show. Dia mulai mengambil pelajaran gitar dan bermain di band lokal. Saat bersekolah di Scottsbluff High School, salah satu guru Randy menyarankannya untuk bermain bass. “Saya menyukai R&B dan pemain bass di rekaman Motown hebat. Mereka sangat menginspirasi saya. Saya tidak bisa membaca musik. Sutau kali saya mempelajari sebuah bagian musik dari sana. Permainan bass saya datang secara alami.” Pada Mei 1963, di usia 17 tahun, Meiner menikahi pacar SMA-nya, Jennifer Barton, dan pasangan muda itu mendapatkan seorang putra, Dana Scott Meisner pada September 1963. Pasangan itu memiliki dua anak lagi, kembar Heather Leigh dan Eric Shane Meisner, lahir pada Mei 1970, sebelum bercerai pada tahun 1981.


Meisner bermain bass dan bernyanyi dengan band lokal bernama The Dynamics (kemudian The Drivin’ Dynamics) dari 1961 hingga 1965. Pekerjaan bayaran pertama mereka adalah dib alai tari di Little Moon Lake, dekat Henry, Nebraska pada Desember 1961. Mereka bermain disana secara rutin hingga 1962. Pada akhir 1962, The Drivin’ Dynamics merilis rekaman pertama mereka, sebuah EP 4 lagu dengan Meisner menyanyikan vokal utama pada “You Send Me”-nya Sam Cooke. EP itu dicetak secara lokal hanya berjumlah 500 kopi yang dirilis. Pada Agustus 1965, The Dynamics menandatangani kesepakatan rekaman dengan Sully Records dari Amarillo, Texas. Mereka merekam tiga lagu, dengan Randy menyanyikan vokal utama pada dua lagu: “One of These Days” dan “So Fine”. “So Fine” dirilis sebagai single dan terjual baik secara regional dan di AS bagian Selatan. Kemudian pada tahun 1965, Randy pindah ke California dengan band bernama The Soul Survivors, kemudian berganti nama menjadi The Poor (karena, seperti yang dikatakan Don Felder kemudian, “karena mereka menjadi seperti itu”). Itu merupakan suatu keadaan yang sangat susah, saat Meisner kemudian mengingat, “Saya tidak pernah memiliki sebuah mobil, Saya harus berjalan kaki. Saya menjual Los Angeles Free Press di Sunset and Highland. Saya mennghasilkan 5 dolar sehari.” The Poor dimanajeri oleh Charlie Green dan Brian Stone, yang juga memanajeri Buffalo Springfield dan Sonny & Cher. Band merilis beberapa single melalu Loma, York dan Decca Records pada 1966 dan 1967, dengan sukses terbatas. Pada Februari1967, The Poor merrekam “She’s Got the Time, She’s Got the Changes,” ditulis oleh Tom Shipley (kemudian anggota dari Brewer & Shipley) saat dia menjadi staf penulis untuk A&M Records. Tiga single diproduseri oleh Barry Friedman, alias Frazier Mohawk, dan direkam di Phil Spector’s Gold Star studios. Band tampil di “study in Motion #1” yang muncul di film Jack Nicholson tahun 1967, Hell’s Angels on Wheels. Di musim panas 1967, The Poor dipesan untuk dua minggu di Salvation Club di New York City, membuka untuk The Jimi Hendrix Experience. Walaupun mereka bisa bermain untuk beberapa saat, itu bukan kesempatan yang mereka harapkan, dan para anggota band harus mengancam manajemen untuk mendapatkan uang untuk membeli tiket pesawat kembali ke LA. Rev-Ola merilis sebuah CD dari music The Poor pada tahun 2003, yang memasukkan satu lagu yang ditulis oleh Meisner berjudul “Come Back Baby.”


Pada Mei 1968, setelah audisi bersama dengan nama-nama seperti Gregg Allman dan Timothy B. Schmit, Meisner bergabung dengan Poco (aslinya bernama Pogo) dengan mantan anggota-anggota Buffalo Springfield, Richie Furay dan Jim Messina. Meisner muncul di album pertama Poco, Pickin’ Up the Pieces, tapi keluar dari band tak lama sebelum rekaman dirilis. Keluarnya Meisner adalah sebagai akibat dari kemarahannya dari tidak dilibatkannya (karena kehadiran Furay) dari partisipasi ini mix final sesi playback dari rekaman itu, karena hanya Messina dan Furay yang menyelesaikan produksi. Gambarnya dihapus dari lukisan di sampul album, dan diganti dengan seekor anjing yang terlihat di kiri jauh. Bagian bass dan vokal latarnya ditinggalkan di mix final, tapi vokal utamanya dihapus, dan versi baru dinyanyikan oleh George Grantham.


Pada April 1969, Meisner bergabung dengan Stone Canyon Band-nya Rick Nelson, dan membujuh Nelson dan produser John Boylan untuk mempekerjakan mantan rekan sebandnya dari The Poor, Allen Kemp (gitar) dan Pat Shanahan (drum); gitaris pedal steel Tom Brumley, sebelumnya dari band Buck Owens, melengkapi grup. Meisner muncul baik di In Concert at the Troubador, 1969 dan Rudy The Fifth. Dia juga muncul di Easy to Be Free, sebuah documenter tur tahun 1969 Stone Canyon Band, yang disutradarai oleh kakak Rick Nelson, David. Filem itu kemudian disiarkan di televisi Amerika tahun 1973. Meinser ikut memproduseri “In Concert at the Troubador” dengan Rick Nelson. Walaupun dia tidak tampil di Garden Party-nya Nelson, dia ikut menulis salah satu lagu di album itu, “I Wanna Be With You.” Meisner terus berkaryasebagai musisi sesi, bermai bass pada dua lagu dari album Sweet Baby James-nya James Taylor (“Country Road” dan “Blossom”).


Meisner kembali ke Nebraska pada musim gugur tahun 1970, bekerja di penyalur traktor lokal John Deere, Frank Implement. Pada malam hari, dia bermain di band bernama Gold Rush. Kemudian tahun itu, dengan dorongan Rick Nelson, dia kembali ke Los Angeles untuk melanjutkan karirnya. Pada pertengahan 1971, dia direkrut oleh John Boylam untuk aktif di musisi pendukung Linda Ronstadt, yang menampilkan Don Henley, Glenn Frey dan Bernie Leadon, yang kemudian dengan Meisner sebagai anggota pendiri the Eagles.


Pada September 1971, Meisner, bersama dengan Henley, Frey dan Leadon, membentuk the Eagles, menandatangani kontrak dengan label baru David Geffen, Asylum Records, dan mereka merilis album debut mereka pada tahun 1972. Saat dia biasanya memainkan bass dan menangani vokal latar untuk the Eagles, dia juga bermain gitar di Desperado, On the Border, dan Hotel California. Selama enam tahunnya dengan band, dia menulis dan/ikut menulis lagu pada setiap lima album pertama grup, terutama “Take It to the Limit,” single pertama band yang terjual jutaan, pada One of These Nights. Lagu lain yang dia tulis dan menyanyikan vokal utama antara lain “Try and Love Again”, dan dia juga menulis lagu “Certain Kind of Fool” dengan Frey dan Henley.


Menurut kolega band Don Felder, waktu Meisner di band terpecah dengan keinginannya bersama dengan keluarganya, juga perselisihan konstan antara para anggota, yang masih tidak diketahui oleh publik pada saat itu. Selama tur 1976-1977 untuk mendukung album Hotel California, Meisner mengalami masalah kesehatan dan kelelahan, karena band melakukan tur terus-menerus selama lebih sebelas bulan. Meisner juga memilih untuk tidak menjadi pusat perhatian, dan berkata: “Saya selalu menjadi pemalu … Mereka menginginkan saya berdiri di tengah panggung untuk menyanyikan ‘Take It to the Limit,’ tapi saya suka diluar sorotan.” Pada bulan Juli, Meisner mengalami rasa sakit dari kejang perut menurut Felder, dan penyakit itu membuatnya sulit untuk tampil, terutama notasi tinggi yang menjadi cirri khasnya menyanyi, “Take It to The Limit”, selama tur, saat Meisner berusaha untuk mencapai not tertinggi dalam lagu itu karena rasa sakitnya. Di pertunjukan berikutnya, Meisner memutuskan untuk melewatkan lagu itu sebagai sebuah encore dan saat dia terkena flu, Frey dan Meisner kemudian dalam sebuah konfrontasi fisik dengan marah di belakang panggung. Meisner berkata: “Itu lah akhirnya… saya merasa benar-benar anggota grup, bukan bagian dari grup.” Meisner memutsukan untuk meninggalkan grup setelah jadwal terakhir dari tur dan kembali ke Nebraska untuk bersama keluarganya. Penampilan terakhirnya adalah di East Troy, Wisconsin pada 3 September 1977. Band menggantikan Meisner dengan musisi yang sama yang meneruskannya di Poco, Timothy B. Schmit, setelah setuju bahwa Schmit adalah kandidat satu-satunya.

Meisner secara resmi keluar dari band pada September 1977, menyatakan “kelelahan”. Pada subyek dari pengunduran dirinya yang bermasalah dari band, Meisner kemudian mengatakan, “Semua masalah dan argument diantara the Eagles kini telah berlalu. Setidaknya bagi saya.” Meisner mengekspresikan kekecewaan dan lukanya karena tidak disertakan pada tur “ulangan” band tahun 1994, Hell Freezes Over. Dalam sebuah wawancara dengan acara televisi American Journal, Meisner mengatakan dia telah menghubungi manajer band, Irving Azoff, saat dia mendengar rumor bahwa band akan tampil tapi ditolak oleh Azoff. “Anda pikir bahwa anda akan disebut jika anda membantu dengan enam album, tapi mereka beraksi seakan saya tidak pernah bermain dengan mereka,” Meisner berkata pada saat itu. Meisner juga bertanya pada band jika dia bisa ikut dengan mereka di Millennium Concert mereka di the Staples Center di Los Angeles di malam tahun baru 1999, tapi dikatakan dia ditolak. Namun, dia tidak memiliki ganjalan dengan Henley dan Frey, tidak pernah menyinggung mereka selama bertahun-tahun meskipun dia atau Ledaon mempunyai rasa pahit pada Felder.

Menyusul kepergiannya dari the Eagles, Meisner merilis album solo pada 1978, Randy Meisner dan pada 1980 (One More Song). Randy mengatakan bahwa album tahun 1978-nya, yang dia produseri dengan Alan Brackett, adalah suatu uji coba dan tidak “terkonsep secara baik.” Album itu hanya menampilkan satu lagu yang ikut ditulis oleh Randy, sebuah aransemen baru dari “Take It to The Limit.” Dia menjelaskan bahwa “Elektra memiliki sebuah ‘klausul anggota yang tertinggal’ dan saya harus merekam sebuah album untuk mereka sebelum saya melakukan apa yang saya inginkan.” One More Song tahun 1980 diproduseri oleh Val Garay dan menampilkan vokal latar oleh Don Henley dan Glenn Frey pada trek title yang digubah oleh Jack Tempchin. Meisner ikut menulis enam dari sembilan lagu dari album, termasuk single Top 20 “Hearts on Fire,” berkolaborasi dengan penulis lagu Wendy Waldman dan Eric Kaz.

Dia melakukan tur dengan bandnya, Randy Meisner & the Silverados, selama awal 80an dan pada 1982 merilis album lain di CBS (Randy Meisner), direkam dengan anggota Heart dan diproduseri oleh Mike Flicker. Dia juga bekerja lagi sebagai pemain sesi, mendukung James Taylor, Joe Walsh, Dan Fogelberg, Bob Welch, Richie Furay, Richard Marx, Peter Lewis, Danny O’Keefe, Mac Gayden & Electric Range, juga menjadi bagian dari band one-hit, Black Tie (sebuah cover “Learning the Game’-nya Buddy Guy) – menampilkan Meisner bersama Jimmy Griffin (dari Bread) dan Billy Swan. Saat Griffin pergi dan digantikan oleh Charlie Rich, Jr., band berganti nama menjadi Meisner, Swan & Rich.

Dia juga secara singkat membentuk sebuah band dan melakukan tur dengan mantan penyanyi/penulis lagu Firefall, Rick Roberts bernama the Roberts-Meisner Band (Roberts sebelumnya di Burrito Brother dengan Bernie Leadon, terutama pada The Flying Burrito Brothers tahun 1971). Drumer The Roberts-Meisner Band adalah musisi terkenal Ron Grinel, yang juga bermain dengan Dan Fogelberg, Carole King, dan band-band lain, treutama band-band yang dimanajeri oleh Irving Azoff. Juga di band dimana Bray Ghiglia pada gitar, flute, saksofon, dan kibord, Cary Park pada gitar utama.

Aktifitas reuni band Meisner termasuk album Legacy dan tur dengan Poco pada 1989-90 dan penampilan the Eagles tahun 1998 di perayaan pelantikan untuk Rock and Roll Hall of Fame, dimana semua tujuh anggota lampau dan sekarang the Eagles membawakan “Take It Easy” dan “Hotel California”. Dia bahkan bereuni dengan the Drivin’ Dynamics untuk sebuah penampilan pada tahun 2000, saat band dan Randy sebagai artis solo dilantik ke dalam Nebraska Music Hall of Fame. Pada tahun 2000an dia tampil sebagai bagian dari grup tur World Classic Rockers. Setelah menderita sejumlah sakit di dada dan dirawat di rumah sakit pada bulan Agustus 2004, Meisner kembali ke jadwal turnya. Penampilan publik terakhirnya adalah pada tahun 2008 di Naples, Florida.

Meisner menikah dengan istri keduanya, Lana, pada November 1996 setelah dua belas tahun bersama. Dia saat ini tinggal di Los Angeles, California.

Banyak orang yang pernah berjumpa dan bekerja dengan Randy mengungjapkan kebaikan hatinya. Baik Don Felder dan James Taylor mendeskripsikan Meisner sebagai salah satu orang teramah yang pernah bekerja sama dengan mereka. Felder menambahkan, “Dia adalah seorang Midwestern yang hebat dengan hati yang besar dan jiwa yang penuh kasih.” Henry Diltz, yang sering memfoto Randy secara luas dengan the Eagles dan di awal 1980an selama karir solo Randy, mengatakan, “Randy Meisner adalah sebuah jiwa yang jantan. Pisces. Orang yang ramah dan bersahabat. Tidak ada getaran agresif sama sekali. Sangat manis. Dia sangat terbuka.” Rasa pemalunya juga menjadi ciri, dan mungkin membuatnya sebagai sedikit kesulitan sebagai musisi pada saat itu. “Randy sangat tidak nyaman denga apa yang disebut ketenaran,” Don Henley mengatakan pada penulis Marc Eliot.

Meisner telah berjuang dengan kecanduan alcohol dan narkoba sejak akhir 1960an, terutama selama jabatannya dengan the Eagles, saat dia bergumul dengan ketenaran barunya. Dia kemudian menyebut penggunaan narkobanya sebagai salah satu alasan utama untuk kegagalan pernikahan pertamanya, dan kemudian menjadi lepas selama beberapa periode pada akhir 1980an. Dia kemudian kambuh pada beberapa kesempatan. Penyalahgunaan itu kemudian merenggut kesehatan Meisner, dan menyusul serangan jantung minor pada tahun 2004 dia terpaksa membatalkan turnya. Saat kesehatannya terus memburuk, dia kemudian berhenti manggung, dengan penampilan terakhirnya pada tahun 2008 di Naples, Florida.

Pada Maret 2013, Meisner kembali mengalami gangguan kesehatan setelah kehilangan kesadaran di rumahnya di California. Sejumlah makanan menutup pernafasannya saat dia makan, dia dilarikan ke rumah sakit. Saat dokter optimis dengan kesembuhannya, Meisner mengalami koma beberapa waktu, dan keadaannya yang melemah tidak bisa menerima undangan untuk berpartisipasi di tur History of the Eagles bersama mantan rekan seband Bernie Leadon, yang berpartisipasi di tur itu. Insiden itu merusak kord vokalnya, meninggalkannya dengan suara dan perkataan yang lemah. Dia kemudian mengungkapkan bahwa mantan rekan sebandnya di the Eagles telah membayar biaya medis dari peristiwa itu.

Pada April 2015, Meisner dan istrinya menyangkal rumor bahwa istrinya mengambil keuntungan dari kecanduan alkohol dan narkobanya, mencoba memaksa memberinya botol vodka agar dia tetap minum, dalam tanggapan dari teman lama Meisner, James Newton, mengisi lembaran pada bulan April meminta bahwa Meisner akan ditempatkan dibawah pengawasan negara bagian karena masalah pribadi dan keuangannya. Karena hal ini, tiga bulan kemudian, Los Angeles County Superior Court menunjuk pengawas sementara untuk mengawasi selama 24 jam dari masalah narkoba dan medis Meisner, setelah dia didiagnosa dengan bipolar dan bunuh diri. Meisner telah mengancam akan membunuh dirinya, istrinya dan beberapa lainnya dengan AK-47.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...