Laman

Kamis, 24 Maret 2016

RIC OCASEK


Lahir dengan nama Richard T. Otcasek pada 23 Maret 1949 serta tumbuh di Baltimore, Maryland, AS. Saat ocasek berusia 16 tahun, keluarganya pindah ke Cleveland, Ohio.Setelah lulus dari Maple Heights High School, Oceasek secara singkat belajar di Bowling Green State dan Antioch College. Namun, dia keluar untuk mengejar karir dalam musik.

Ocasek bertemu dengan bassis Cars masa depan Benjamin Orr di Celeveland pada 1960an setelah Ocasek melihat Orr tampil dengan bandnya the Grasshoppers di Big 5 Show, sebuah acara musik lokal. Dia terhubung kembali dengan Orr beberapa tahun kemudian di Columbus, Ohio, dan keduanya mulai merencanakan band bersama. Segera, mereka membentuk band mereka sendiri dan mulai tampil di dan sekitar Ohio State University.

Ocasek dan Orr berada di berbagai band di Columbus dan Ann Arbor, Michigan sebelum berpindah ke Boston pada awal 1970an. Di Boston, mereka membentuk sebuah band folk rock bergaya Crosby, Stills and Nash bernama Milkwood. Mereka merilis sebuah album, How’s the Weather di Paramount Records pada awal 1973 tapi gagal masuk tangga album.Setelah Milkwood, Ocasek membentuk grup Richard and the Rabbits, yang menyertakan Orr dan kibordis Greg Hawkes, yang pernah bermain di album Milkwood. Ocasek dan Orr juga tampil sebagai duo akustik selama periode ini. Beberapa lagu yang mereka mainkan menjadi lagu awal Cars. Kemudian, Ocasek dan Orr bersatu dengan gitaris Elliot Easton di band Cap’n Swing. Cap’n Swing segera mendapatkan perhatian dari disc jockey WBCN Maxanne Sartori, yang mulai memainkan lagu-lagu dari demo mereka di acaranya. Setelah Cap’n Swing ditolah oleh beberapa label rekaman, Ocasek mengeluarkan pemain bass dan drummer dan memutuskan untuk membentuk sebuah band yang cocok dengan gaya penulisan lagunya. Orr mengambila alih bass dan David Robinson, yang dikenal untuk karirnya dengan the Modern Lovers, menjadi drummer. Hawkes kembali untuk memainkan kibord dan band menjadi “The Cars” di akhir 1976.


Kesuksesan besar Ocasek adalah sebagai anggota pendiri the Cars, yang memiliki sejumlah lagu-lagu hit dari 1978 hingga 1988; dia memainkan gitar ritem dan menyanyikan vokal utama untuk sebagian besar lagu-lagu mereka (bsssis Benjamin Orr adalah vokalis utama untuk lagu-lagu lainnya). Setelah memisahkan tugas penulisan lagu dengan Orr pada 1970an, Ocasek menjadi penulis lagu utama band, dan menulis hampir semua materi the Cars, hanya sedikit membagi kredit dengan rekan seband Greg Hawkes sebagai penulis lagu. Pada 2010, Ocasek bereuni dengan anggota asli yang masih hidup dari the Cars untuk merekam album pertama dalam 24 tahun, berjudul Move Like This, yang dirilis pada 20 Mei 2011.

Ocasek merilis album solo pertamanya pada 1982. Beatitude adalah variasi yang lebih eksperimental dari sound rock new wave the Cars. Pada beberapa lagu Ocasek memainkan smeua alat musik. Greg Hawkes juga bermain di album itu. Album susulan yang lebih berisi sintesizer, This Side of Paradise, dirilis pada 1986. Album ini menampilkan Hawkes, Elliot Easton dan Ben Orr. Single No. 15, “Emotion in Motion”, mengiringi album ini.

The Cars bubar pada 1988, dan dia hilang dari pandangan publik selama dua tahun. Dia muncul kembali pada 1990 dengan albumnya sendiri, Fireball Zone. Satu lagu, “Rockaway”, menikmati posisi yang bagus di tangga lagu, tapi album solonya mendapatkan penjualan yang mengecewakan, terutama jika dibandingkan kesuksesannya dengan the Cars. Dia kemudian merilis karya solo lainnya selama dekade itu, termasuk Quick Change World pada 1993, Getchertikitz tahun 1996 (sebuah kolaborasi dengan Alan Vega dari Suicide yang hanya memberikan puisi pada musik, efek suara, dll), dan album yang diproduseri Billy Corgan pada 1997, Troublizing (dimana Ocasek mendukungnya dengan tur yang sangat singkat, album pertamanya sejak meninggalkan the Cars). Pada 2005Ocasek merilis album lainnya, Nexterday, secara terbatas, tapi album ini mendapatkan ulasan positif.

Selama waktunya dengan the Cars, Ocasek membangun reputasi sebagai produser sukses, dan mengambil peran ini untuk band-band yang lama dan baru dengan genre yang berbeda seperti Rock for Light-nya Bad Brain dan Do the Collapse-nya Guided By Voices. Kredit produksinya termasuk Blue Album dan Green Album-nya Weezer (keduanya multi platinum), Suicide, Romeo Void, Hole, Bebe Buell, No Doubt, Nada Surf, band folk-punk Irlandia Black 47, Bad Religion, Johny Bravo, D Generation, The Wannadies, Possum Dixon, Martin Rev, Joanthan Richman dan album tahun 2006 oleh The Pink Spiders berjudul Teenage Graffitu. Dia juga memproduseri sebuah bagian dari album ketiga Motion City Soundtrack, Even If It Kills Me. Pada 2014, Ocasek memproduseri Everything Will Be Alright in the End, album studio kesembilan oleh Weezer dan kolaborasi ketiganya dengan band itu, dan For All My Sisters, album keenam oleh The Cribs.

Ocasek menulis sebuah buku puisi, Negative Theatre pada 1993. Buku ini satu kali diharapkan untuk digabungkan dengan sebuah album dan inkarnasi multimedia dengan judul yang sama, tapi rencana tersebut dibatalkan. Selama bertahun-tahun Ocasek memiliki sebuah hobi membuat sebuah gambar, foto, dan karya seni media, yang pada 2009, dipamerkan di galeri di Columbus, Ohio sebagai sebuah pameran berjudul “Teahead Scraps”.

Ocasek memiliki peran cameo sebagai pelukis beatnik di filem John Waters, Hairspray, dan memiliki bagian kecil di filem 1987 Made in Heaven dimana dia memainkan seorang mekanik.

Ocasek menyatakan di sebuah wawancara tahun 2005 di Rockline bahwa dia membenci tur dan seperti dia tidak akan melakukannya lagi. Dia juga menyatakan tidak akan bereuni dengan the Cars lagi, tapi memberikan ijin untuk mantan rekan sebandnya untuk melakukannya lagi dengan Todd Rundgren menggantikannya pada vokal sebagai the New Cars.

Pada 17 April 2006, Ocasek muncul di The Colbert Report dan sukarela untuk menggantikan Todd Rundgren. Dia muncul lagi pada 26 Juli 2006, episode untuk muncul dari para penonton saat dia sukarela untuk memimpin misi komando untuk “menyelamatkan” Stephen Jr., bayi burung elang di San Fransisco Zoo yang dinamakan dari Stephen Colbert. Dia juga muncul pada 18 April 2007, agar mendukung istrinya selama pemunculannya di acara itu, setelah mengetahui bahwa dia mendapati Colbert “sangat atraktif”. Dia telah sering muncul di episode lainnya juga.


The Cars, dengan Ocasek, muncul di The Colbert Report pada 9 Agustu 2011, untuk mempromosikan album baru mereka, Move Like This.

Pada 2012, Ocasek menulis buku lainnya, “Lyrics and Pose”, sebuah koleski lengkap dari lirik dari album-album solonya, juga dari album Cars. Buku itu juga berisi prosa dan puisi yang tidak pernah dibuatkan musiknya, juga fotografi dan karya artistic yang dikerjakan selama bertahun-tahun yang sebelumnya tidak diterbitkan.
Ocasek telah menikah tiga kali. Dia menikah dini dalam hidupnya, tapi bercerai dan menikah kembali dengan istrikeduanya, Suzanne Otcasek, pada 1971. Ocasek masih menikah dengan Suzanne saat dia bertemu dengan model Pavlina Porizkova selama memfilemkan video musik untuk lagu Cars “Drive” pada 1984. Ocasek dan Porizkova menikah pada 1989.

Ocasek memilki enam putra, dua dari masing-masing dari tiga pernikahannya. Putra tertuanya, Christopher Otcasek, adalah seorang penyanyi yang membentuk grup rock Glamour Camp yang merilis sebuah album pada 1989. Adam Otcasek lahir pada 1970. Eron lahir pada 1973 dan Derek lahir pada 1981.

Dia dan pendiri the Cars lainnya Benjamin Orr dikenal sebagai teman dekat. Pertemanan mereka diceritakan dalam lagu “silver” dimana Ocasek menulisnya sebagai sebuah dedikasi untuk Orr saat kematian Orr pada tahun 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...