Laman

Sabtu, 05 Maret 2016

LUCA TURILLI




Lahir pada tanggal 5 Maret 1972 di Trieste, Venezia Giulia, Italia adalah seorang musisi (terutama gitaris) dan penulis lagu Italia. Dia adalah salah satu pendiri band symphonic power metal Rhapsody of Fire. Dia juga bekerja pada sebuah trilogy album solo sebagai Luca Turilli, dan merilis sat album dibawah nama Luca Turilli’s Dreamquest, sebuah proyek yang dia kerjakan dengan Dominique Leurquin. Pada tahun 2008, Luca memulai kursus gitar online bernama Luca Turilli’s Neoclassical Revelation. Kursus itu mengambil namanya dari gaya permainan neoclassical-nya.

Karena terpengaruh oleh ayahnya, dia menjadi tertarik dengan musik klasik dan belajar untuk memainkan piano dan gitar.


Pada tahun 1993, Turilli selamat dari kanker pada usia 21 tahun. Pada tahun yang sama, dia mendirikan band Thundercross, yang kemudian berganti nama menjadi Rhapsody setelah merilis demo pertamanya, dan berganti nama sekali lagi menjadi Rhapsodyof Fire karena alasan hak cipta pada tahun 2006.


Dalam wawancara, mengatakan bahwa Manowae, Blind Guardian, Helloween, dan Crimson Glory adalah pengaruh pada dirinya dan anggota Rhapsody of Fire lainnya.


Luca Turilli terpengaruh oleh gitaris-gitaris seperti Yngwie Malmsteen dan Jaso Becker dengan struktur dan frasa neo-klasik – nya. Permainan gitar solonya sering memasukkan penggunaan yang luas dari sweep picked arpeggios, tremolo picking, classically influenced phrases, dan scales seperti Aeolian, harmonic minor, Phrygian mode, locrian, dan melodic minor. Di album terakhrinya dia memperkenalkan elemen etnik baru juga (skala Hirajoshi dan Pentatonic).


Pada setiap album Rhapsody of Fire, Luca adalah satu-satunya lirikis dan menggubah semua musik dengan kibordis Alex Staropoli (kecuali untuk Il Canto del Vento yang lirik dan musiknya ditulis oleh vokalis Fabio Lione) dan memainkan sebagian besar gitar utama. Dia menggubah semua musik kedua proyek solonya. Dia memainkan gitar di trilogy solonyadan kibord dengan Luca Turilli’s Dreamquest yang menampilkan Dominique Leurquin sebagai gitaris.

Pada Agustus 2011, Turilli dan Staropoli memutuskan perpisahan secara baik-baik. Alex setuju untuk terus sebagai Rhapsody of Fire, sedangkan Luca memutuskan terus sebagai Luca Turilli’s Rhapsody, menambahkan namanya diatas logo karena alasan hak cipta dan persetujuan legal lama dan memberhentikan secara total band Luca Turilli.


Luca Turilli menggunakan gitar listrik custom “Luca Turilli” yang dibuat oleh luthie Perancis, Christophe Capelli. Dia memiliki empat buah gitar (hitam, putih, biru dan merah) yang menjadi bagian seri pertamanya (Neoclassical Revelation Series) dan tiga buah (hitam, putih dan merah) yang menjadi bagian seri “Neoclassical revelation 2.0” baru.


Turilli juga sempat menjadi gitaris tamu di band-band lain seperti: Kamelot pada album Epica pada lagu “Descent of the Archangel” dan Dyslesia pada album Who Dares Wins pada lagu “Unknown Fighter”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...