Laman

Selasa, 15 Maret 2016

MIKE MUIR




Lahir pada 14 Maret 1963 di Venice, California dengan nama Michael Muir. Dia tumbuh di Santa Monica. Muir adalah adik dari Jim Muir dari tim Dogtown skateboarding. Jim mengenalkan Mike ke musik metal juga skateboard. Muir bersekolah di Santa Monica College setelah dikeluarkan dari sekolah saat kelas 10. Pada tahun 2003 Muir mendapatkan satu dari dua operasi punggungnya karena retak dan hernia. Yang lain, pada 2005, yang menyebabkannya untuk membatalkan jadwal festival Brasil dan pertunjukan Suicidal. Muir menikah dan memiliki 3 anak, dan pada awal 2011, kembali ke AS setelah periode singkat tinggal di Queensland, Australia.


Rumahnya dibuat ke dalam gaya "horror house" di acara Monster House di Discovery Channel.

Muir menyebut band-band seperti the Sex Pistols, the Ramones, Black Sabbath, UFO dan AC/DC, Van Halen, Emerson, Lake & Palmer, Led Zeppelin dan Kiss sebagai pengaruh awal musiknya, dan mengatakan bahwa dia dikenalkan ke musik funk oleh mantan rekan seband Robert Trujillo. Muir mencampurkan pengaruh funk kepada beberapa lagu oleh Suicidal Tendencies dan kepada proyek funk metal sampingannya, Infectious Grooves.


Muir membentuk Suicidal Tendencies pada 1981 saat dia berusia 18 tahun. Band ini awalnya terdiri dari Muir pada vokal, Mike Ball pada gitar, Carlos "Egie" Egert pada drum, dan Mike Dunnigan pada bass. Terdapat beberapa perubahan lineup sebelum Muir mempekerjakan Grant Estes, Louiche Mayorga dan Amery Smith masing-masing pada gitar, bass dan drum. Pada 1983, mereka merilis album self-title mereka, dengan sukses dari lagu anthem "Institutioanlized", yang menjadi salah satu video hardcore punk yang menerima penyiaran rution di MTV. Mereka telah memainkan tur dan festival secara luas. Saat gitaris No Mercy Mike Clark dipekerjakan sebagai gitaris kedua pada 1987, Suicidal Tendencies mulai membuat perubahan dari punk ke metal, dengan demikian menciptakan apa yang menjadi crossover thrash, dan kemudian mulai menambahkan pengaruh funk ke musik mereka. Robert Trujillo, yang merupakan bassis untuk Suicidal Tendencies dari 1989 hingga 1995, bertanggung jawab untuk membuat Muir menyukai musik funk, dan keduanya kemudian membentuk Infectious Grooves untuk memainkan musik yang lebih berorientasi funk. Disebut sebagai salah satu grup crossover thrash paling penting, suicidal Tendencies aktif hingga 1995, tapi reuni setahun kemudian. Suicidal Tendencies telah melakukan tur atau bermain di pertunjukan pilihan hampir setiap tahun, dan hingga 2013 merilis album studio ke 9 mereka, 13, mereka belum merilis sebuah album yang berisi musik baru di lebih dari satu dekade. Antara perilisan Free Your Soul and Save My Mind dan 13, band terus membuat debut materi baru di panggung dan melalui rilisan kompilasi secara rutin.

Muir membentuk Los Cycos pada tahun 1984 selama tahun pertama dari 4 tahun hiatus rekaman Suicidal Tendencies. Gitaris saat ini Jon Nelson meninggalkan grup dan Suicidal Tendencies dilarang tampil di pertunjukan LA, terutama karena sebuah insiden di Perkins Palace dimana penonton mereka membuat rugi sebanyak 10 baris, membuatnya tidak mungkin bagi promoter untuk memperoleh asuransi jika Suicidal ikut serta. Muir memulai label Suicidal Records dengan bassis Louiche Mayorga. Los Cycos awalnya berisi Mike Muir (vokal), Bob Heathcote (bass), Anthony "Bob" Gallo (gitar) dan Amery Smith (drum). Setelah beberapa kali latihan, Amery Smith meninggalkan lineup, dengan rekan seband Jon Nelson untuk memulai band mereka sendiri (The Brood). Los Cycos kemudian berisi: Grant Estes pada gitar utama, Gallo beralih ke ritem dan pilihan asli Bob Heathcote dan Amery Smith digantikan oleh Louiche Mayorga (bass) dan Sal Troy-nya No Mercy (drum). Latihan berlanjut dalam persiapan untuk rekaman debut mereka untuk "Welcome to Venice" di Suicidal Records. Dengan lineup final menjadi mantap dan dua lagu "It's Not Easy" dan "A Little Each Day", Los Cycos lahir. "Welcome to Venice" adalah rekaman pertama yang dirilis di Suicidal Records, dan album ini juga menyertakan band lokal Venice, Suicidal Tendencies, Beowulf, No Mercy dan Excel. Sayangnya master rekaman asli hilang karena kebakaran dan tidak ada usaha untuk merilisnya secara digital. Vokal Mike Muir dapat didengar di lagu Suicidal Tendencies "Look Up...(The Boys Are Back)" dan lagu Los Cycos "It's Not Easy". Grant Estes memainkan semua gitar di rekaman itu.

Muir telah merilis album solo dibawah nama julukannya Cyco Miko dan menyanyi untuk No Mercy, menggantikan penyanyi asli Kevin Guercio, yang menyanyi untuk band di kompilasi Welcome to Venice. Cyco Miko merilis tiga album di label rekaman Suicidal Records. Album Schizophrenic Born Again Problem Child dirilis pada 2001, menyusul Lost My Brain! (Once Again) pada 1996. Pada Oktober 2011 album ketiga Cyco Miko dirilis secara luas, menampilkan musik yang sebelumnya belum dirilis dan baru ditulis dari Cyco Miko, Suicidal Tendencies dan Infectious Grooves. Album itu berjudul "The Mad Mad Muir Musical Tour - Part 1" menampilkan anggota band Suicidal saat ini juga penampilan oleh Fletcher Dragge, Robert Trujillo dan Brooks Wackerman. No Mercy hanya merilis satu album dengan Muir, Widespread Bloodshed/Love Runs Red di Suicidal Records.


Pada tahun 1989, tak lama setelah Robert Trujillo bergabung dengan Suicidal Tendencies, Muir dan Trujillo membentuk Infectious Grooves, sebuah band funk metal yang sering membawa jenis humor pada musiknya: album mereka berisi sketsa komedi oleh pencinta reptil bernama Aladdin Sarsippius Sulemenagic Jackson The Third. Hingga kini, Infectious Grroves telah merilis empat album.

Muir menjadi produser eksekutif album debut Excel pada 1987, Split Image.

Muir mengisi vokal pada lagu P.O.D. "Kaliforn-Eye-A" dari album 2008 mereka, When Angels & Serpents Dance.

Muir dikenal sebagai pembicara pada pandangannya tentang industri dan masyarakat musik. Dia telah lama menjadi lawan Parents Music Resource Center (PMRC), dan telah merefleksikan hal ini dalam wawancara dan beberapa lagu (sebut saja "You Can't Bring Me Down" dan "Lovely"). Muir terlibat pertikaian yang menjurus kekerasan dengan frontman Megadeth Dave Mustaine selama tur Clash of the Titans Eropa, tapi keduanya telah berekonsiliasi dan kini sudah berteman.

Muir mengkritik band Rage Against the Machine, yang dikenal untuk mengekspresikan anti perushaan besar, politik saya kiri di lirik mereka, tapi menandatangani kontrak dengan Epic Records, cabang dari Sony, sebuah perusahaan konglomerasi multinasional Jepang. Lagu Infectious Grooves "Do What I Tell Ya!", dari album mereka Groove Family Cyco, mengkritik band itu untuk kontradiksi ini. Muir kemudian menyatakan bahwa gitaris rage Against the Machine, Tom Morello, menanggapi kritik itu dengan menyerang Suicidal Tendencies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...