Laman

Rabu, 16 Maret 2016

JON SCHAFFER




Lahir dengan nama lengkap Jonathan Ryan Shaffer pada 15 Maret di Franklin, Indiana, AS. Dia awalnya diperkenalkan pada musik rock di usia tiga tahun. Kakak perempuannya mengenalkan Jon kepada band-band seperti Black Sabbath, Deep Purple, Alice Cooper dan Blue Oyster Cult. Pada tahun 1979, pada usia sebelas tahun, Jon menghadiri konser Kiss dengan ayahnya. Sejak itu, Jon mengatalan bahwa ini adalah momen saat dia menyadari apa yang ingin dia lakukan untuk kehidupannya.

Schaffer belajar di Lutheran school selama lima tahun, dimana selama ini dia memiliki banyak amarah dan pemberontakan, karena sifat kasar dari para pastor. Pada satu kesempatan, salah satu pastor memasukkan sebatang sabun ke tenggorokan Jon, karena pastor itu merasa terancam karena penolakan Jon untuk patuh, setelah dia tidak bisa menjawab pertanyaan Jon tentang evolusi melawan kreasionisme. Menurut Jon, hal ini memiliki efek padanya saat membentuk sebuah band, maka dia dapat “membktikan orang-orang ini salah”.


Pada tahun 1984, pada usia 16 tahun, Jon pindah ke Tampa, Florida. Tak lama sebelum dia pergi, salah satu teman masa kecil Jon meninggal karena sebuah kecelakaan sepeda motor, yang makin membuat Jon ingin pindah ke Florida dan memulai sebuah band. Saat di Tampa, Jon tidur di mobilnya hingga dia hampir kehilangan nyawanya dalam sebuah kecelakaan mobil, setelah itu dia mendapatkan sebuah apartemen dan sebuah pekerjaan sebagai tukang reparasi atap.


Pada tahun 1984, Jon membentuk band panggung singkat bernama “The Rose”. Band itu segera bubar, setelah dibentuk Jon, yang nantinya menjadi Iced Earth, dibawah nama “Purgatory” pada 20 Januari 1985. Jon memainkan gitar ritem dan juga merancang logo band. Logomitu awalnya digunakan untuk The Rose, tapi setelah band bubar, Jon menggunakan ulang logo itu untuk Purgatory dan kemudian untuk Iced Earth.


Pada tahun 1990, setelah beberapa perubahan lineup, band (kini dikenal sebagai Iced Earth) merilis album debut self-title mereka. Disamping memainkan ritem gitar dan menyanyikan vokal latar, Jon juga bertindak sebagai produser album, seperti yang dia lakukan pada semua album Iced Earth. Tahun berikutnya, band merilis album tindak lanjut, Night of the Stormrider, yang juga menampilkan Jon menyanyikan vokal utama pada lagu “Stormrider”.


Setelah mengalami penuruan antara 1992 dan 1995, Iced Earth bangkit kembali dengan lineup baru, yang menyertakan penyanyi Matt Barlow, yang bertahan dengan band hingga 2003. Band merilis album Burnt Offerings dan The Dark Saga masing-masing pada 1995 dan 1996, hingga pada 1998, Iced Earth merilis album Something Wicked This Way Comes, yang menampilkan tiga lagu (“Prophecy”, “Birth of the Wicked” dan “The Coming Curse”) yang didasarkan pada konsep Something Wicked-nya Jon Shaffer. Lagu-lagu itu menceritakan serbuah karakter yang diciptakan Jon, bernama Set Abomiane, yang juga muncul di sampul depan album.


Setelah Something Wicked This Way Comes, Iced Earth merilis album Horrow Show pada tahun 2001, dimana setelah itu memulai album susulan, The Glorius Burde. Awalnya Matt Barlow telah merekam trek vokal untuk album, tapi setelah kurangnya minat dalam band setelah peristiwa 9/11, dia meninggalkan grup pada 2003 dan bergabung dengan Georgetown Police Department di Georgetown, Delaware. Matt digantikan oleh mantan penyanyi Judas Priest Tim “Ripper” Owens, yang menyanyikan ulang seluruh album. The Glorius Burden dirilis pada Januari 2004, setelah itu Jon mulai mengerjakan dua album konsep berdasarkan alur cerita Something Wicked-nya. Album pertama, Framing Armageddon: Something Wicked Part 1 dirilis pada 11 September 2007, setelah itu pada Desember 2007, diumumkan bahwa Matt Barlow akan kembali ke Iced Earth. Album kedua The Crucible of Man: Something Wicked Part 2, dirilis pada 5 September 2008, dan menampilkan Matt sekali lagi pada vokal.


Pada tahun 2011, setelah sekitar dua tahun kembali ke band, Barlow mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa dia meninggalkan Iced Earth agar bisa meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Barlow kemudian digantikan oleh Stu Block dari Into Eternity, yang pernah membuka untuk Iced Earth pada 2008. Dengan Block, band merekam album Dystopia, yang dirilis pada 17 Oktopber 2011. Dari Oktober 2011, hingga Desember 2012, Iced Earth melakukan tur untuk mendukung Dystopia, selama itu juga mereka merekam album Live in Ancient Kourion. Pada tahun 2014 Iced Earth merilis album Plagues of Babylon.

Schaffer memiliki proyek sampingan bernama Demons and Wizards, yang dibentuk dengan frontman Blind Guardian Hansi Kursch. Jon dan Hansi awalnya bertemu di awal 1990an, saat Iced Earth dan Blind Guardia melakukan tur bersama. Demons and Wizards merilis album debut self-title mereka pada tahun 2000. Disamping Jon dan Hansi, album itu juga menampilkan Mark Prator pada drum dan Jim Morris pada gitar utama. Album kedua grup, Touched by the Crimson King dirilis pada 2005, dan menampilkan sejumlah musisi tamu, antara lain Bobby Jarzombek, Jim Morris, Rubin Drake, Howard Helm, Kathy Helm, Tori Fuson, Jesse Morris dan Krystyna Kolaczynski.

Dalam sebuah video yang dibuat pada 2001, Shaffer dan Kursch membicarakan tentang masa depan Demons and Wizards dan menyatakan, itu hanya masalah pengaturan jadwal mereka saat mereka memulai pengerjaan album ketiga.

Jon Schaffer membentuk proyek sampingan yang sangat menyentuh politik bernama Sons of Liberty pada tahun 2009. Album debut Sons of Liberty, Brush-fires of the Mind, dirilis pada Desember 2009 sebagai unduhan gratis di situs band (album ini kemudian juga tersedia dalam bentuk CD dan vinyl. Schaffer menyanyi, memainkan gitar dan memprogram drum, tapi album ini juga menampilkan sejumlah tamu, antaranya Jim Morris, Ruben Drake, Troy Seele, Howard Helm dan Jeff Brandt. Selama tur pendukung, John Shaffer didukung oleh Troy Seele, Freddie Vidales dan Brent Smedley.

Pada Desember 2011, Sons of Liberty merilis EP Spirit of the Times. Sekali lagi, album ini menampilkan Schaffer menyanyi, memainkan gitar dan memprogram dum, juga Jim Morris dan Ruben Drake.

Schaffer memiliki sebuah toko bernama “Spirit of ‘76”. Dia juga berpartisipasi di filem Silver Circle. Pada 2012, Schaffer tampil sebagai vokalis tamu pada album Anarchadia, Let Us All Unite, di lagu “True World Order.” Schaffer juga mengekspresikan rasa ketertarikannya dalam mengerjakan seri buku komik berdasarkan album Night of the Stormrider dan Something Wicked Saga.

Pada tahun 1996, saat tampil di Berlin, Schaffer mengalami cedera leher dimana dia menjalani operasi pada tahun 2000. Pada awal 2000an, dia menjalani operasi lagi, kali ini untuk masalah punggung bawah. Pada tahun 2005, putrid Schaffer lahir,  yang dia anggap memberinya “perspective”, yang dia “tidak pernah miliki sebelumnya”.

Disamping bermain musik, Schaffer menikmati pelajaran sejarah dan peristiwa saat ini, juga “berdiri melawan, dan mengekspos, tirani”. Dia juga menikmati mengendarai sepeda motor, scuba diving, white water rafting dan berolahraga. Schaffer menyebut Tom Schafer, Thomas Jefferson, George Washington, Samuel Adams, Patrick Henry, Stephen Toboz, Steve Harris, Ronnie James Dio, Hansi Kursch, Aaron Russo, G. Edward Griffin dan Ron Paul sebagai orang-orang yang menginspirasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...