Laman

Minggu, 06 Maret 2016

WARREL DANE




Terlahir dengan nama Warrel George Baker di Seattle, Washington, AS pada tanggal 7 Maret 1961, adalah penyanyi utama band power metal Amerika, Sanctuary. Dia juga mantan penyanyi utama dari band progressive metal yang kini tidak aktif, Nevermore. Dia mempunyai suara baritone natural, walaupun dia juga punya suara high-pitch saat dengan Serpent's Knight dan 2 album pertama Sanctuary. Kemudian dalam karirnya, dia lebih dikenal dengan suara 'dalam', suara dramatik.


Dane terlatih selama lima tahun sebagai penyanyi opera dan  memiliki jangkauan vokal sangant luas, berkisar dari notasi rendah G# dibawah C, atau G#1, ke notasi setinggi Bb dibawah soprabo C, atau Bb5. Saat vokal bergaya head voice-nya menjadi yang utama di album Sanctuary yang lama, terdapat perbedaan dengan Nevermore. Album kembalinya Sanctuary pada tahun 2014, The Year the Sun Died menyertakan jangkauan vokal tinggi ini pada tiga lagu.


Warrel Dane menyebut Judas Priest, Iron Maiden, Black Sabbath, Jefferson Airplanes, Simon & Garfunkel, The Beatles, The Doors sebagai pengaruh secara musikal dan Ronnie James Dio, rob Halford, Bruce Dickinson sebagai inspirasi utama dalam olah vokalnya.


Bersama dengan pemain bass Jim Seppard (Nevermore), dia adalah koki berijazah dan pernah punya sebuah restoran di Seattle. Sebagai cerminan dalam penulisan lagunya, Warrel sangat kritis tentang agama dan pemerintahan dan telah mengekspresikannya dengan kecanggihan teknologi.


Rekaman solo pertama Dane, Praises to the War Machine dirilis pada 13 Mei 2008 di Century Media Records. Dia tengah mengerjakan album kedua. Album ini akan berbeda dengan album solo pertamanya. Beberapa lagunya akan menjadi brutal, kata Dane.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...