Laman

Kamis, 17 Maret 2016

NANCY WILSON




Lahir dengan nama Nancy Lamoureaux Wilson pada 16 Maret 1954 di San Fransisco, California, AS. Ibunya, Lou Wilson, adalah seorang pianis konser dan penyanyi kor, dan ayahnya, John Wilson, seorang mantan marinir, yang juga seorang musisi dan penyanyi yang pernah memimpin band US Marine Corps. Kakak Nancy, Ann, menjadi rekan sebandnya di Heart.


Karena karir militer John Wilson, keluarga itu sering berpindah saat Nancy masih anak-anak, tinggal dekat basis militer di Panama dan Taiwan sebelum berdiam di Seattle, Washington pada awal 1960an.


Agar bisa menjaga sebuah rasa keberadaan di rumah tidak peduli dimana mereka berdiam pada saat tertentu, keluarga Wilson memutar musik. “Pada hari minggu kami membuat pancake dan mendengar opera,” Nancy menngenang. “Ayah saya menjadi pengatur di ruang tamu. Kami akan mengikutinya dan menyanyi. Segala jenid musik dari musik klasik hingga Ray Charles, Judy Garland, Peggy Lee, bossa nova, dan musik elektronik eksperimental awal. Saya mempelajari banyak musik sejak awal.

Wilson kemudian mengingat bahwa dia memantapkan hatinya untuk menjadi seorang bintang rock pada usia 9 tahun, saat dia menyaksikan penampilan debut legendaris the Beatles di The Ed Sullivan Show. Nancy dan Ann Wilson “adalah penggemar Beatles yang ingin menjadi the Beatles, bukan pacar mereka,” kata Wilson.


Pada tahun 1963, Ann mengalami sakit parah dengan mononucleosis dan harus absen sekolah selama berbulan-bulan. Agar dia tetap beraktifitas selama bulan-bulan itu, orangtuanya membelikan Ann sebuah gitar. Tapi Nancy yang dengat cepat mengambil alih alat musik itu, memperlihatkan bakat yang lebih besar dan keahlian untuk gitar sedangkan Ann, juga seorang pecinta musik, membuktikan diri sebagai seorang penyanyi berbakat dan berkarakter. Mempelajari buku klasik Mel Bay, Guitar Schords dan belajar memainkan lagu-lagu Beatles dengan cara mendengarkan, pada saat dia mencapai tingkat mahir Wilson sudah menjadi seorang pemain gitar dengan keahlian tinggi, terutama pada gitar akustik.

Saat Nancy di SMP dan Ann di SMA, Wilson bersaudari itu tampil di band lokal seperti Rapunzel dan Viewpoint. Setelah kakaknya lulus dari SMA, Nancy sering tampil di seputaran coffeehouse Seattle sebagai artis solo. Setelah lulus dari SMA sendiri pada tahun 1972, dia menolak undangan untuk bergabung dengan band kakaknya, Heart di Vancouver, malahan dia mendaftar di Pacific Universiry di Forest Grove, Oregon, untuk mempelajari seni dan literatur Jerman.


Namun, dibawah bujukan rutin dari kakaknya untuk datang ke Vancouver dan bergabung dengan Heart-yang telah memantapkan diri mereka sebagai salah satu band terdepan Vancouver-Nancy akhirnya luluh pada tahun 1974, meninggalkan sekolah untuk bergabung dengan kakaknya dan rekan-rekan sebandnya di Canada. “Ann san saya selalu berakhir dengan bermain di sebuah band bersama,” Nancy kemudian mengenang. “Saya benar-benar merasa dalam jiwa saya bahwa saya perlu untuk menyingkirkan hal itu dan menjalani hidup tanpa Ann maka saya membawa lebih materi saat saya kembali.”

Saat dia adalah pendatang baru dan anggota termuda dari Heart, Nancy segera membuat keberadaannya dalam band menjadi terasa. “Saya segera mulai menulis dan kami ingin menggabungkan akustik ke dalam hard rock. Led Zeppelin adalah pengaruh pada kami, karena mereka memiliki elektrik dan akustik. Itu adalah fokus kami. Kami akan membuat band memiliki ciri, dan kami berhasil. Kami ditolak setiap label mayor, dua kali, dalam prosesnya.” Akhirnya, pada tahun 1976, Heart meyakinkan sebuah label kecil Kanada, Mushroom Records, untuk merilis album debut mereka, Dreamboat Annie.

Ditopang oleh trek utamanya yang ikonik “Magic Man” dan dua single hit tambahan, “Dreamboat Annie” dan “Crazy on You,” Dreamboat Annie (1976) menjadi sukses komersil yang mengejutkan, memuncaki ke No. 7 di tangga album AS. Album susulan Heart tahun 1977, Little Queen, menampilkan lagu yang kini menjadi klasik “Barracuda,”, membuktikan kesuksesan komersil dan kritis lain yang diakui.


Album-album Heart lainnya yang diakui adalah Dog & Butterfly (1978), menampilkan single-single “Straight On” dan “Dog & Butterfly,” BeBe le Strange (1980), menampilkan “Even It Up,” dan Private Audition (1983), menampilkan “This Man Is Mine.”

Walaupun anggota Heart datang dan pergi dengan frekuensi yang tidak bisa ditebak selama durasi karir panjang band, Nancy dan Ann Wilson selalau menjadi kekuatan pendorong band-gitaris utama dan penyanyi utama dan penulis lagu utamanya. Heart menikmati tempat penting dalam sejarah musik rock sebagai band rock yang dikomandani wanita untuk mencapai popularitas besar.

Pada 1985, Heart merubah arah untuk menggali sound yang lebih kea rah pop dengan album kedelapan merekam, Heart. Hasilnya adalah kesuksesan yang lebih komersil. Heart menjadi album band satu-satunya yang mencapai No. 1 di tangga album Billboard dengan penjualan sebesar 5 juta buah. Single “These Dreams” mencapai No. 1 di chart single Amerika, dan tiga lagu lainnya, “What About Love,” “Never” dan “Nothin’ At All,” masuk ke Top 10. Album Heart berikutnya, Bad Animal tahun 1987, hampir menyamai sukses sebelumnya, mencapai No. 2 di Billboard chart dengan lagu-lagu hit “Alone” dan “Who Will You Run To.” Melengkapi trio album yang menandai puncak popularitas Heart adalah Brigade (1990), menampilkan single ikonik “All I Wanna Is Make Love To You.”


Setelah album 1993 mereka, Desire Walks On gagal untuk mencapai sukses album band terdahulu, Wilson bersaudari untuk sementara membubarkan Heart untuk membentuk sebuah band baru bernama The Lovemongers. The Lovemongers melakukan tur singkat di Pacific Northwest dan merilis sebuah album, Whirlygig, pada 1997. Namun, bersaudari itu membentuk kembali Heart dan merilis album kembali pada 2004, Jupiters Darling, yang memperoleh pujian tinggi secara kritis tapi tidak terjual secara baik. Album Heart berikutnya, Red Velvet Car, dirilis pada tahun 2010, mengembalikan mereka ke kesuksesan utama nasional dan komsersil, mencapai No. 10 di chart Billboard dan menampilkan single-single terkenal “WTF” dan “Hey You.”

Nancy menikah dengan sutradara filem Cameron Crowe pada tahun 1986. Mereka memperoleh putra kembar sebelum bercerai pada 2010, setelah 24 tahun dalam pernikahan.

Sebagai gitaris utama Heart-band yang melepaskan gitar akustik dan masuk ke hard rock, menjadi salah satu band rock tersukses sepanjang masa dengan album-album hit yang merentang lebih dari tiga dekade-Nancy Wilson memegang sebuah tempat khusus dalam sejarah musik rock. Namun, bahkan setelah tahun-tahun tersebut dan lagu-lagu dan rekaman hit, Nancy dan kakaknya tetap dengan mantap berfokus pada apa yang mereka pandang sebagai misi hidup mereka – untuk membuat dan membagikan musik yang indah.

“Saya suka tetap berfikus pada apa yang kami coba selesaikan, maka kami berharap dapat membuat sesuatu yang hebat dan mungkin bahkan lebih tinggi,” Nancy berkata. “Karena saya pikir hal itulah yang kami letakkan disini untuk dikerjakan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...