Laman

Minggu, 13 Maret 2016

ROY KHAN




Bernama lengkap Roy Saetre Khantatat yang dilahirkan di Elverum, Hedmark, Norwegia pada tanggal 12 Maret 1970, merupakan mantan vokalis utama dari band bergenre symphonic power metal asal Amerika, KAMELOT, mulai tahun 1997 hingga kepergiannya pada tahun 2001. Dia ikut menulis sebagian besar lagu Kamelot dengan gitaris dan pendiri band Thomas Youngblood selama dia menjadi vokalis. Sebelum bergabung dengan Kamelot, dia adalah vokalis utama dari band progresif metal asal Norwegia, CONCEPTION dari tahun 1991 hingga 1997 saat mereka dibubarkan. 


Dia dilahirkan dari ibu berkebangsaan Norwegia dan ayah berketurunan Thailand, dan mengambil kedua nama keluarga mereka. Kakek dari pihak ibu, Kare Saetre, adalah pengaruh utama untuk aspirasi musiknya, sesuatu yang sering disebutkan Khan dalam beberapa wawancara. Saetre kemudian tampil bersama cucunya di atas panggung beberapa kali.

Selama masa sekolahnya, dia mempersingkat "Khantatat" menjadi "Khan" supaya lebih mudah disebutkan. Roy mulai menyanyi pada usia dini, dan pada saat berusia 17 tahun, saat di kamar mandi di sekolah, Roy tertangkap sedang menyanyikan "Alone" milik Heart oleh teman sekolahnya dan menawarkan untuk bergabung dengan bandnya. Setelah lulus SMU, Roy mempelajari opera selama 3 tahun.


Setelah menyelesaikan pelajaran operanya, Khan bergabung dengan band progressive metal Norwegia, Conception, setela penyanyi sebelumnya keluar pada tahun 1991. Khan terpilih setelah beberapa penyanyi potensial diaudisi. Band merilis beberapa album di beberapa tahun berikutnya sebelum bubar pada tahun 1998, setahun setelah Khan meninggalkan band untuk mengejar karir dengan Kamelot

Pada tahun 2005, Khan bereuni dengan Conception dan bermain di the 2005 ProgPower USA VI festival pada hari Jumat 16 September dan 15 Years & 100 Issues Festival milik Scream Magazine pada hari sabtu tanggal 1 Oktober. Khan, gitaris Tore Ostby (juga dikenal dari band ARK) dan anggota Conception lain bereuni; pada saat itu diklarifikasikan bahwa Khan akan tetap mendukung Kamelot.


Pada 1997, Khan direkrut oleh pendiri Kamelot Thomas Youngblood setelah vokalis band terdahulu dipecat. Khan menampilkan vokal utama pada rilisan-rilisan “Siege Perilous” (1998), “The Fourth Lagacy” (1999), “Karma” (2001), “Epica” (2003), “The Black Halo” (2005), “Ghost Opera” (2007), dan “Poetry for the Poisoned” (2010).

Pada September 2010, Khan menderita kelelahan berat dan pengsan selama latihan terakhir untuk tur mendatang. Awalnya band memilih untuk melanjutkan tur dengan vokalis pengganti, tapi kemudian memutuskan untuk menunda tur Amerika Utara saat Khan menyembuhkan diri. Tur tersebut akhirnya berjalan dengan vokalis Rhapsody of Fire Fabio Lione.

Setelah spekulasi diantara para penggemar dan media bahwa Khan menderita kecemasan berat dan depresi, Khan sendiri mengumumkan kepada pers Norwegia bahwa alasan untuk pingsannya adalah rasa kelelahan yang tinggi. Dia kemudian mengungkapkan bahwa dia memutuskan untuk meninggalkan band pada titik ini, untuk memprioritaskan kesehatan dan keluarganya, tapi sebuah kesepakatn dengan Youngblood dan anggota band lainnya, mereka tidak mengumumkan kepergiannya ini dalam kasus dia memulihkan diri dan merubah pikirannya.

Pada 21 April 2011. Khan sendiri mengumumkan kepergiannya dari band di blognya, dengan band membuat pengumuman resmi sehari setelahnya. Di pengumuman itu, Youngblood menulis bahwa Khan telah memberikan banyak waktu untuk membuat keputusan itu dan band menghormatinya.

Pada 8 Juni 2012, Youngblood, megumumkan dalam sebuah wawancara bahwa dia tetap menjalin kontak dengan Khan setelah kepergiannya. Thomas menyatakan Khan dalam kesehatan yang baik, dan bahagia; dia bekerja dan bertahan di Norwegia dengan keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...