Laman

Selasa, 08 Maret 2016

MATTHEW FISHER




Lahir pada 7 Maret 1946 dengan nama Matthew Charles Fisher di Addiscombe, Croydon, Inggris. Dia bersekolah di Selhurst Grammar School, memainkan organ di pembukaan pagi hari. Dia mulai bermain di band di usia remajanya, awalnya memainkan bass gitar, tapi sekitar tahun 1964, setelah mendengar The Animals dan Georgie Fame, dia memutuskan bahwa dia lebih condong ingin menjadi organis. Setelah secara singkat berkarir sebagai guru musik, mendaftar di the Guildhall School of Music selama satu tahun, dia keluar, memperoleh dua organ Vox Continental, dan menggunakan mereka di tur dengan The Gamblers, band pendukung untuk Billy Fury. Setelah The Gamblers, dia bermain dengan berbagai grup lokal sebelum bergabung dengan Peter Jay and the Jaywalkers pada tahun 1996.


Saat melakukan tur dengan the Jaywalkers, dia bertemu Ian McLagan, organis the Small Faces, dan menjadi tertarik dengan sound organ Hammond M102 dan Leslie speaker yang digunakan McLagan. Setelah meminjam uang dari neneknya, dia membeli model Hammond yang sama dan mulai membuat iklan pertunjukan di the Melody Maker. Dia dengan cepat mengetahui bahwa memiliki sebuah Hamond membuatnya sangat diminati sebagai musisi, mengatakan “Memiliki Hammond seperti memiliki ijin untuk mencetak uang”, dan pada akhir tahun mendapatkan pekerjaan rutin dengan grup pendukung Screaming Lord Sutch, The Savages, bermain bersama Ritchie Blackmore. Kemudian, Gary Brooker dan Keith Reed merekrutnya untuk grup baru mereka, Procol Harum, dan memutuskan untuk mengunjunginya di rumah Croydon-nya untuk mendiskusikan formasi band.

Fisher bergabung dengan Procol Harum saat dimulainya tahun 1967, walaupun dia tetap melakukan tur dengan Sutch untuk jangka pendek. Saat semua anggota band berpengalaman dengan grup lainnya, Fisher adalah satu-satunya anggota dengan pelatihan musik resmi. Dia mengingat bahwa A Whiter Shade of Pale aslinya adalah emaot bait dan panjang 10 menit, dengan solo terimprovisai diantaranya, dan meyakinkan anggota grup lainnya bahwa dia harus melakukan semua solo saat lagu itu direkam.


Lebih jauh, dia merasa, setelah melihat kertas musik untuk A Whiter Shade of Pale, bahwa dia layak mendapatkan kredit ikut menggubah dengan introduksi yang terkenal dan alur solo yang ada dalam lagu. Brooker dan Reid, yang telah menggubah struktur dasar dari lagu sebelum merekrut Fisher, menolak.

Saat A Whiter Shade of Pale mendapat sukses seketika, mencapai nomor 1 di tangga lagu UK untuk beberapa minggu, Fisher tidak mengingat saat itu sebagai orang yang bahagia untuk band. Dimaksudkan sebagai band bawah tanah, mereka tidak diterima disana sebelum memiliki sebuah single hit, dan dia sangat tidak senang dengan pertunjukan awal band.

Kedatangan gitaris Robin Trower dan drummer B.J. Wilson ke Procol Harum di pertengan 1967 terasa kana membawa stabilitas band. Kredit penulisan lagu resmi pertama Fisher adalah instrumental Repent Walpurgis di album debut band, yang ditransformasikan oleh permainan solo Trower yang terpengaruh blues diatas alur organ Fisher yang terpengaruh secara klasik. Namun demikian, untuk menanggapi kurangnya kredit penulisan lagunya (terutama pada A Whiter Shade of Pale), menjadi asing dengan Brooker, Trower dan Wilson (yang tumbuh besar bersama di Southend on Sea dan sebelumnya bermain di The Paramounts), dan masih menderita dari kematian ayahnya pada tahun 1965, Fisher ingin menninggalkan Procol Harum. Meskipun telah membicarakan hal itu, dia terus berusaha untuk meningalkan band pada beberapa kesempatan di dua setengah tahun berikutnya hingga akhirnya pergi pada akhir 1969.

Walaupun tidak lagi terlibat secara langusng dalam rekaman dan tur, Fisher terus sebagai produser untuk grup. Setelah Trower pergi pada tahun 1971 untuk berkarir solo, dia secara singkat bergabung kembali dengan band, dengan rekan seband Chris Copping beralih penuh waktu ke bass. Dia tidak bahagaia dengan situasi keungan band, dan dengan pengganti Trower, Dave Ball, dan maka dia pergi lagi, kali ini secara penuh, untuk menjadi produser penuh waktu untuk CBS.


Selain karyanya dengan Procol Harum, dia adalah produser untuk antara lain Robin Trower, James Dewar dan Tir Na Nog; dan menikmati karir solo, terutama terkenal di Yunani, dimana lagu tahun 1980-nya “Why’d I Have To Fall In Love With You” dianggap sebuah klasik. Album-album solonya antara lain Journey’s End (1973), I’ll Be There (1974), Matthew Fisher (1980), dan Strange Days (1981).

Dua album yang dia produseri untuk Trower, Bridge of Sighs (1974) dan For Earth Below (1975), disertifikasi emas oleh RIAA, sedangkan “A Whiter Shade of Pale” telah menikmati status multi-platinum. Permainan organ Hammond Fisher pada versi instrumental david Lanz dari “A Whiter Shade of Pale” dari CD 1988-nya, Cristofori’s Dream, membantu album itu mendapatkan emas juga. Tahun sebelumnya, Fisher memproduseri (untuk Primitive Records) dan tampil di 12” single “All Washed Up” oleh band Northampton ‘Magnolia Siege’ (penyanyi Richard Jones atau Rik Ramjet), memainkan honky-tonk piano pada akhir B-side dari rekaman ulangannya.

Fisher ikut menulis dan tampil di soundtrack dari film avant-garde tahun 1968, Separation, yang dirilis pada DVD di UK pada Juli 2009 dan di AS pada Maret 2010. Instrumental Fisher “Theme From Separation” pada albumnya Journey’s End adalah dari filem itu, dan soundtrack juga memasukkan aransemen alternative dari musik itu untuk Hammond, bass dan harpsichord.

Fisher ikut memproduseri sebuah album oleh grup Praire Madness pada tahun 1972, dimana dia juga memainkan organ dan harpsichord. Ini adalah sebuah duo piano-gitar dengan iringan band, tapi mendapatkan sukses terbatas. Dia juga memainkan kibord untuk Screaming Lord Sutch di album 1972-nya, hands of Jack the Ripper dan memainkan piano di tur David Bowie pada bulan Juni dan Juli 1972, dengan The Spiders from Mars.

Fisher keluar dari Procol Harum pada tahun 1969 setelah perilisan album ektiga mereka, A Salty Dog, dimana dia juga menjadi produser. Dia bergabung kembali dengan band pada 1991 untuk album The Prodigal Stranger dan merilis dua album lagi dengan mereka, One More Time – Live in Utrecht 1992 dan The Well’s on Fire. Selain dia muncul di dua DVD konser, Live in Copenhagen dan Live at the Union Chapel, tapi keluar dari band lagi pada tahun 2004. Dia saat adalah seorang programmer komputer di Croydon, London.

Pada tahun 2009, House of Lords menemukan Fisher adalah penulis bersama dan ikut memiliki lagu ikonik Procol Harum ‘A Whiter Shade of Pale’ oleh kenyataan dari kontribusinya untuk lagu itu dalam bentuk solo organ-nya, meskipun menunggu hampir 40 tahun sejak perilisannya untuk membuat sebuah klaim. Fisher memenangkan kasus itu pada 20 Desember 2006 tapi diberi 40% dari bagian composer dari hak cipta musik, dibandingkan dari 50% yang dia cari dan tidak mendapatkan hak royalti sebelum tahun 2005.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...