Laman

Senin, 14 Desember 2015

TIM SKOLD




Tim Sköld lahir pada tanggal 14 Desember 1966 di Skövde, sebuah kota kecil di Vstergotland, Swedia. Ia dibesarkan di Timmersdala, 21 kilometer barat laut dari Skövde. Dia memiliki adik bernama Linda. Sköld dibesarkan dalam lingkungan yang sangat liberal sebagai putra dari seorang ibu berusia 15 tahun bernama Åse dan ayah yang mencoba untuk mendapatkan pekerjaan sebagai drummer semi-profesional.


Pada usia 11, Sköld bergabung dengan sebuah band playback (di mana Band bergaya pada materi rekaman). Band Sköld ini akan bermain untuk pertemuan sekolah dengan rekaman Kiss, Bowie dan Sweet dimainkan pada pemutar kaset.
 
Sköld pertama menyewa gitar bass pada usia 12 tahun , dan pada saat ia berusia 13 tahun, ia bermain dan bernyanyi di band pertama yang sebenarnya. Sköld kemudian bertemu gitaris Harry Cody pada pesta Malam Tahun Baru, dan mereka membentuk kemitraan kreatif yang akan berlangsung selama bertahun-tahun yang akan datang. Mimpi mereka adalah pergi ke Amerika Serikat untuk menjadi bintang rock. Pada usia 17 tahun, setelah 2 tahun belajar Proses Engineering di sebuah sekolah persiapan, Sköld pindah ke apartemen sendiri dan mengambil pekerjaan di pabrik pembuatan peralatan militer. Setengah tahun kemudian, ia direkrut menjadi tentara. Dia membawa bass-nya ke basis militer dan menyelinap ke kamar mandi untuk berlatih setelah semua orang pergi tidur. Sköld juga terus berlatih dengan Cody pada akhir pekan, dan setelah keluar dari tentara ia mengambil banyak pekerjaan yang aneh termasuk asisten perpustakaan, karyawan Volvo dan sebagai tukang kebun di pemandian.

Pada usia 19, Sköld dan Cody berbicara sebuah perusahaan rekaman Swedia yag memungkinkan mereka untuk membuat rekaman, yang dapat mereka gunakan sebagai demo untuk mencapai pasar Amerika. Mulai dari sebagai Shylock, tekad mereka segera terbayar setelah membentuk Kingpin.
 
Selama awal 80-an, bassis Sköld dan gitaris Cody membentuk band glam metal bernama Kingpin di tempat asal mereka Skövde, Swedia. Mereka terinspirasi oleh band-band hard rock flamboyan yang mengalir dari Los Angeles pada saat itu, serta band Inggris seperti Sigue Sigue Sputnik dan Zodiac Mindwarp.


Band ini memulai karir mereka dengan 7"single berjudul "Shout It Out "(yang menjadi # 1 di Swedia) pada tahun 1987. Mereka kemudian merekrut vokalis Zinny J. Zan dan drummer Stixx Galore beberapa waktu kemudian. Kingpin merilis satu-satunya album mereka di Swedia, Welcome to the Bop City, tahun berikutnya, dan kemudian pindah ke Los Angeles.
Teken kontrak dengan Cliff Cultreri di Relativity Records, Kingpin berganti nama menjadi Shotgun Mesiah (karena band berbasis di San Francisco memegang hak atas nama Kingpin), melakukan remix dan repackage album Welcome To Bop City sebagai album self-titled, dan dirilis sebagai debut internasional mereka pada tahun 1989. 

Setelah memiliki hits di MTV seperti "Do not Care 'Bout Nothin'" dan "Shout It Out", sambil band membuat tindak lanjut album debut self-titled mereka, Zan dibiarkan pergi. Mereka menyewa seorang bassis baru, Bobby Lycon, dari New York City, dan atas saran Cody Tim Tim beralih ke vokal. Pada saat ini, Tim Tim, yang perannya sekarang frontman, adalah nama lain Tim Skold. Mereka merilis Second Coming pada tahun 1991, yang secara antusias diterima oleh media, dan merupakan album mereka yang paling sukses hingga saat ini. Dua single yang dirilis dari album, "Heartbreak Blvd." dan "Living Without You".
 
Tak lama setelah itu, band ini menindaklanjuti dengan sebuah EP berjudul I Want More, yang berisi beberapa cover punk bersama dengan lagu-lagu yang direkam ulang dari album mereka sebelumnya I Want More, "Babylon" dan versi akustik "Nobody's Home". Segera setelah rilis ini, Shotgun Mesiah menyisakan dua anggota asli, Sköld dan Cody, karena kepergian Stixx dan Lycon.
 
Masih terikat kontrak dengan Relativity Records, Sköld dan Cody memutuskan untuk kembali ke Swedia untuk rekaman album Shotgun Mesiah ketiga, Violent New Breed, yang mengarah ke industrial metal. Album ini dirilis pada tahun 1993 dan sekarang dianggap klasik karena "sebelum waktunya" penggabungan pengaruh industrial. Namun, pada saat dirilis menerima tinjauan yang beragam dan penerimaan yang berbeda dari masyarakat, yang akhirnya meyakinkan keduanya untuk mengakhiri band, yang mengarah Sköld untuk memulai proyek solonya, Skold.
 
Setelah pembubaran dari Shotgun Mesiah, Sköld melanjutkan untuk bersolo karir. Menulis semua lagu dan memainkan semua instrumen sendiri, album debut self-titled-nya, Skold, dirilis pada tahun 1996 oleh RCA. Album ini juga diproduseri dengan Scott Humphrey.
 
Mempromosikan album debutnya, Sköld dan sisa band live Skold melanjutkan tur singkat dengan Genitorturers. Beberapa lagu di album Skold digunakan dalam film seperti Disturbing Beahaviour ("Hail Mary"), Universal Soldier: The Return ("Chaos") dan permainan PlayStation Twisted Metal 4 ("Chaos"). Selama karir solonya, Sköld juga melakukan remix untuk beberapa band, seperti Prong, Nature dan Drown. Dia juga bertemu frontman KMFDM Sascha Konietzko selama waktunya di studio.
 
Sekitar tahun 2002, Sköld merekam tindak lanjut album self-titled-nya di tahun 1996. Lagu-lagu ini tidak pernah secara resmi dirilis. Sköld menyatakan dalam sebuah wawancara dengan The Sychophant bahwa ia telah membuat demo dengan 10 salinan yang pernah dibuat. Demo ini memiliki 10 lagu. Enam dari 10 yang dirilis pada jaringan file sharing tanpa ijin dari Sköld: "Burn", "Dead God", "I Hate", "Believe", "The Point", dan "Don't Pray". Demo ini dikenal sebagai Dead God EP, meskipun Sköld mengatakan bahwa itu berjudul Disrupting the Orderly Routine of the Institution. Tata sampul asli dibuat dengan printer inkjet dan judul ditulis dalam huruf drippy. Demo ini diberikan kepada beberapa teman yang dapat dipercaya Sköld, tapi lagu-lagunya muncul di internet dari salah satu dari mereka. Sköld mengatakan bahwa "seseorang menyarankan kepada saya bahwa saya harus kembali ke mereka dan menyelesaikan dan merilisnya. Dan mungkin aku akan melakukannya akan satu hari, siapa tahu?"

Pada tanggal 3 November 2009, "I Will Not Forget", "A Dark Star", dan "Bullets Ricochet" dirilis di iTunes dan Amazon sebagai single baru Skold. Juga di November itu, situs resmi Sköld mengumumkan bahwa ia akan merilis album solo kedua pada awal tahun 2010. Namun, album itu belum dirilis di tahun 2010. Pada bulan Januari 2011, Metropolis Records mengumumkan bahwa mereka merilis rekaman dan single baru di musim semi 2011. Pada tanggal 10 Mei 2011 Sköld merilis Anomie.
 
Pada tanggal 17 Maret 2014, terungkap bahwa album baru berjudul The Undoing, akan dirilis pada 15 April 2014. Beberapa hari kemudian, pada 23 Maret 2014, Skold mengumumkan bahwa rilis telah dibatalkan " karena perkembangan tak terduga ", dan semua pre-order akan dikembalikan.


Setelah karir solo singkat, Sköld bergabung dengan KMFDM pada tahun 1997. Keterlibatan pertamanya dengan KMFDM berada di album Symbols. Dia menulis dan menyanyikan lagu "Anarchy", yang menjadi hit di klub, dan melahirkan remix berikutnya dari track yang dilakukan oleh Sköld sendiri. Album berikutnya dengan KMFDM, Adios, dirilis pada tahun 1999. Sköld mengambil peran yang lebih menonjol di band, tidak hanya sebagai co-vokalis, co-penulis, dan bassist, tetapi juga sebagai produser, penata rekam, dan programmer, bersama pendiri KMFDM Sascha Konietzko.
 
Karena gejolak dalam band, Konietzko dan Sköld mengakhiri KMFDM pada tahun 1999, dan memulai sebagai MDFMK tahun berikutnya. Mereka merilis satu album, MDFMK, dirilis pada tahun 2000 oleh Universal Records. Band, termasuk Lucia Cifarelli (sebelumnya dari Bor), mengambil sound yang lebih "futuristik", yang tidak sama dengan industrial rock KMFDM, dan menambahkan campuran drum & bass, trance dan europop, terutama dalam produksi sebuah gaya yang condong ke arah "electronica". MDFMK menampilkan ketiga anggota berbagi tugas vokal. Lagu mereka "Missing Time" digunakan dalam film animasi Heavy Metal 2000.


Pada tahun 2002, trio ini mereformasi KMFDM bersama dengan Raymond Watts, dan merilis Attak. Setelah itu, Sköld meninggalkan band. Karena komitmen untuk memproduksi album Marilyn Manson The Golden Age of Grotesque, Sköld tidak dapat bergabung dengan tur Sturm & Drang KMFDM di tahun 2002; namun dia tampil dua kali di pertunjukan pada bulan Juni.
 
Pada tanggal 16 Desember 2008, situs KMFDM mengumumkan bahwa Sköld dan Konietzko akan merilis album bersama-sama, berjudul Skold vs KMFDM. Album ini dirilis pada tanggal 24 Februari 2009.
 
Sköld menjadi produser dan mengerjakan instrumentasi di album KMFDM, Blitz, dirilis 24 Maret 2009. Kemudian pada tahun yang sama ia memberikan kontribusi remix untuk album remix Lefst Spine Down berjudul Voltage 2.3: Remixed dan Revisited, serta album American Porn Songs milik 16volt.

Sköld melakukan pertunjukan sebagai fill-in gitar dengan Taime Downe's The Newlydeads pada tanggal 13 Desember 2000 di the Pretty Uglu Club di Los Angeles. Sköld, pada bass, bergabung dengan Ohgr, proyek dari vokalis Skinny Puppy Nivek Ogre, untuk tur untuk mendukung album pertamanya, Welt, pada tahun 2001, meskipun ia tidak muncul di album.
 
Keterlibatan Sköld dengan Marilyn Manson mulai sebagai produser untuk single "Tainted Love", yang ditampilkan dalam film komedi remaja / parodi Not Another Teen Movie tahun 2001 dan muncul di soundtrack. Manson dan Sköld melanjutkan untuk membuat musik film Resident Evil, yang dirilis pada tahun 2002. Beberapa trek ditampilkan di soundtrack film Resident Evil.


Sköld resmi bergabung dengan Marilyn Manson pada tahun 2002 setelah kepergian bassis Twiggy Ramirez. Pada saat ini, Sköld tidak hanya bassis untuk band, tapi ia juga memproduksi, mengedit, menciptakan tata sampul, elektronik, pemrograman drum dan ketukan, bermain gitar, kibord, akordeon dan synthesizer bass untuk album The Golden Age of Grotesque.
 
Dia digambarkan oleh Manson sebagai, "the power that attitude brings to an album" Pada rilisan band 2004, Lest We Forget: The Best Of, Sköld menjadi produser, bermain gitar, dan menyanyikan vokal latar pada cover versi "Personal Jesus", yang juga dirilis sebagai single. Bertepatan dengan rilis The Nightmare Before Christmas 3D pada bulan Oktober 2006, Manson dan Sköld membuat kontribusi versi cover "This Is Halloween" untuk The Nightmare Before Christmas soundtrack, dengan Sköld mengurus musik sedangkan Manson menyanyi.

Kali ini juga sebagai awal dari pengerjaan album studio keenam Marilyn Manson berjudul Eat Me, Drink Me. Album ini dirilis di seluruh dunia pada tanggal 5 Juni 2007.
 
Sköld bermain gitar pada tur dunia band tahun 2007, Rape of the World, dengan Rob Holliday (sebelumnya gitaris / bassis untuk Curve, Gary Numan, Misi dan The Prodigy) mengambil alih tugas bass.
 
Pada 9 Januari 2008 Marilyn Manson membuat buletin di MySpace yang melaporkan bahwa Sköld telah meninggalkan band dan mantan bassis Twiggy Ramirez telah kembali untuk mengambil tempatnya.


Pada tahun 2009, Sköld membentuk supergrup Skandinavia Doctor Midnight & The Mercy Cult dengan Hank von Helvete. Mereka merilis album debut mereka, I Declare: Treason, pada 6 Juni 2011.
 
Sköld, bersama dengan Jason Suecof, mejadi produser album studio Infamous milik Motionless In White di tahun 2012. Sköld juga memberikan kontribusi penulisan lagu pada 5 lagu. Skold juga diumumkan sebagai artis yang tampil pada lagu "Final Dictvm" dari album Reincarnate.

Skold telah menampilkan banyak genre musik yang berbeda mulai dari glam metal ke heavy metal ke industrial rock ke elctro-industrial. Dengan Kingpin dan Shotgun Mesiah ia menampilkan hard rock, glam metal, dan akhirnya bermain industrial rock dalam materi mereka kemudian; Dengan KMFDM ia menampilkan industrial rock, industrial metal, elektro-industrial, dan techno; Dengan MDFMK ia menampilkan straight up industrial rock; Dengan ohGr ia menampilkan elektronic music, dengan genre berbasis industrial seperti IDM dan elektro-industrial; Dengan The Newlydeads ia kembali menampilkan straight up industrial rock; dan dengan Dokter Midnight & The Mercy Cult ia menampilkan heavy metal dan hard rock, dengan rasa Gothic rock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...