Laman

Senin, 28 Desember 2015

STEPHAN FORTE




Dilahirkan di Montpellier pada 16 November 1978. Dia adalah pendiri band heavy metal Adagio. Permainan gitarnya dimasukkan ke dalam gerakan neoklasik.

Pada usia 5 tahun Forte menerima gitar pertamanya, yang diberikan oleh kakaknya. Lagu pertama yang dia pelajari adalah milik Alice Cooper, I'm Eighteen. Pada usia 14 tahun dia ingin menjadi musisi profesional setelah mengenal musik Yngwie Malmsteen. Maka dia membentuk band pertamanya, yang memiliki gaya ekstrim (grind dan death metal). Secara bersamaan, dia mengambil les gitar selama 3 tahun dengan Thierry Pontet.


Pada usia 18 tahun, dia menghentikan pelajarannya untuk mengabdikan dirinya untuk praktek instrumental. Ia bergabung dengan sekolah musik terkenal CMCN Nancy di mana ia menyelesaikan pelatihan dalam teori musik. Setelah satu tahun, ia kembali ke Montpellier dan menjadi tertarik pada gaya musik lain untuk memperluas cakrawalanya.
 
Pada tahun 1996, Stephan menciptakan demo instrumental pertamanya berjudul Visions. Hal ini memungkinkan dia untuk diperhatikan oleh para profesional musik dan menjadi pendukung untuk beberapa merek instrumen. Pertemuannya dengan Yngwie Malmsteen (untuk siapa ia membuka konser pada tahun 1998) bertepatan dengan waktu ketika mulai bekerja pada komposisi vokal dan bukan hanya instrumental.


Pada bulan September 1999, Stephan membuat delapan judul lagu yang dikirmkan ke label Nothing To Say. Tertarik, label membahas dengan kelompoknya dan diberikan pilihan supaya komposisi tersebut dapat dibuat menjadi sebuah album. Untuk proyek ini, Stephan ingin bekerja dengan Vitalij Kuprij, pemain kibord asal Ukraina untuk band Artension.  Jadi ia pergi untuk bergabung dengannya di Philadelphia. Namun, kerjasama ini tidak berhasil karena berbagai alasan.
 
Kembali di Perancis, Stephan mengadakan pendekatan ke Richard Andersson asal Swedia, komposer dan kibordis kelompok Majestic, Dirk Bruinenberg, drummer dari grup heavy metal Elegy, dan Franck Hermanny. Pada bulan Juni 2000, ia juga merekrut vokalis Inggris David Readman setelah melihat dia di atas panggung pada konser band-nya Pink Cream 69, mereka merekam album pertama Adagio: Sanctus Ignis.


Kemudian diikuti oleh tiga album: Underworld pada tahun 2003, Dominate pada 2006 dan Archangel in Black pada tahun 2009. Komposisi grup ini berganti beberapa kali, dengan kepergian dari Dirk Bruinenberg, Richard Andersson dan David Readman, dan kedatangan Kevin Codfert dan Eric Lebailly tapi Stephan selalu menentukan komposisi semua bagian lagu.
 
Sejak tahun 2005, Stephan mempunayi peran tambahan dalam Adagio: vokal ekstrim. Memang, album Dominate berisi bagian yang dinyanyikan dengan suara black metal yang khas, tugas bagi Stephan, baik di studio dan di panggung. Album Underworld juga menyertakan sedikit bagian dengan jenis suara ini, tugas yang dilaukan oleh Hreidmarr, penyanyi dari Anorexia Nervosa.


Pada tahun 2010, Stephan mengumumkan peluncuran album solo instrumentalnya, berjudul The Shadows Compendium, memiliki musisi tamu yang bergengsi seperti Jeff Loomis (Nevermore), Derek Taylor, Rusty Cooley (Shrapnel) dan Phil Campbell (Motorhead). Album ini dirilis pada tahun berikutnya.
 
Pada tahun 2014, Stephan Forte mengumumkan pembentukan label sendiri, Nemesis Zeta, yang merilis album solo baru, Enigma Hitam Opera, menampilkan Morgan Berthet pada drum. Album juga memiliki bintang tamu seperti Marty Friedman, Andy James dan Marco Sfogli.

Forte mengaku terpengaruh oleh beberapa 'shredder' (solis teknikal) seperti Marty Friedman, Jason Becker, Shawn Lane dan tentu saja Yngwie Malmsteen. Musik tradisional yang mempengaruhinya berasal dari berbabagi wilayah dunia, seperti musik oriental atau Eropa Timur, dan musik klasik kontemporer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...