Laman

Kamis, 31 Desember 2015

ARNEL PINEDA




Dia lahir dari pasangan Restituto Lising Pineda dan Josefina Manansala Campaner di St. Jude Thaddeus Diagnostic Clinic di Tondo, Manila, Filipina pada 5 September 1967 dengan nama lengkap Arnel Campaner Pineda. Sang ibu menanamkan kecintaannya akan bernyanyi pada usia dini, mendorongnya untuk menyanyi bersama lagu-lagu dari penyanyi favorit sang ibu seperti Karen Carpenter dan Barbra Streisand. Saat tumbuh, orangtuanya memasukkannya dalam kontes menyanyi.

Ibunya, yang menderita penyakit jantung, meninggal saat dia berusia 13 tahun. Penyakit itu membuat keluarga itu mempunyai hutang banyak. Lebih dari 6 bulan tidak mampu membayar sewa apartemen dan meberi nafkah keluarga, ayahnya memutuskan untuk pindah dan meminta pihak keluarga untuk merawat Arnel dan saudara-saudaranya. Untuk meringankan beban ayahnya, Arnel keluar dari sekolah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.


Selama 2 tahun dia menghabiskan hidupnya di jalanan, tidur dimanapun dia bisa: di taman umum, atau di sebuah kursi sempit di luar rumah temannya yang penuh sesak. Dia memperoleh uang harian dengan mengumpulkan botol gelas, koran, dan besi tua dan menjualnya ke pendaur ulang. Dia juga ke pelabuhan dengan teman-temannya dan mengambil pekerjaan seperti membersihkan besi tua dan geladak kapal. Dia tidak cukup makan, kadang kadang sebungkus kecil Marie biscuit sebagai makanan untuk 2 hari.

Pada 1982, saat dia berusia 15 tahun, dia menjadi penyanyi utama grup Filipina Ijos. Pada 1986, beberapa anggota Ijos membentuk sebuah grup bernama Amo. Pada 1988, Amo masuk dan memenagkan Yamaha World Band Explosion. Pada 1989 Amo menjadi band pembuka konser Robert Palmer. 

Pada 1990, Arnel dan anggota lain Amo membentuk band lain bernama Intensity Five dan masuk lagi ke Yamaha World Band Explosion. Arnel memenangkan penghargaan sebagai vokalis terbaik dan band menjadi runner-up. Kemudian Amo berpisah dengan pimpinan band Ulysis Ablang dan membentuk band di belakang Arnel, New Age. Pada 1991, seorang agen bakat melihat Arnel dan New Age dan meminta mereka pindah ke Hong Kong. Pada 1994, Arnel menderita sakit parah, yang hampir menghancurkan suaranya. Dia kemudian kembali ke Filipina. Setelah 6 bulan menjalani penyembuhan, dia mampu menyanyi lagi. Dia kembali ke Hong Komg dan menyanyi lagi dengan bandnya. Pada 1998, pemilik Igor's, sebuah restauran/klub bertema horor, meminta New Age untuk tampil disana. Berpakaian tengkorak, mereka menyebut diri mereka The Rolling Bones.


Pada 1999, Arnel mendapat perhatian dari label rekaman Warner Bros. dan terbang kembali ke Filipina saat libur untuk merekam album solo, Arnel Pineda. Dia tetap melanjutkan tampil dengan New Age saat pembuatan album dan untuk beberapa tahun setelahnya.

Pada 2004, tiga orang anggota New Age membentuk band dengan penyanyi wanita yang berbagi vokal dengan Arnel dan menamakan diri mereka Most W@anted. Pada 2005, Arnel merekam lagu tema untuk sebuah acara radio Filipina Dayo. Sebuah band bernama The Visitors dibentuk untuk mempromosikan lagu itu yang terdiri dari 3 anggota Ijos/Yjoz, Amo, New Age dan Most W@anted.

Pada 2006, Arnel membentuk The Zoo bersama gitaris Monet Cajipe, bassis Emil Bondoc, kibordis Edgar Mendoza, dan drumer Mckoy Alcantara. Mereka dikontrak oleh Sundance Entertainemnt Corporation. Album pertama The Zoo Zoology dirilis oleh MCA Universal pada 12 September 2007.


Video The Zoo membawakan lagu-lagu milik Journey, Survivor, Aerosmith, Led Zeppelin, Air Supply, The Eagles, Kenny Loggins, Stryper dan aksi-aksi ngetop lainnya dari era 1970-an, 1980-an dan 1990-an, mulai muncul di Youtube pada Februari 2007. Pada 28 Juni 2007, Neal Schon dari Journey mengontak Noel Gomez, seorang teman lama dan penggemar Arnel yang telah mengunggah video-video tersebut, untuk meminta informasi kontak Arnel. Schon mengirim sebuah e-mail kepada Arnel mengundangnya untuk audisi bagi Journey. Arnel awalnya menganggap email itu sebagai hoax, tapi setelah didesak oleh Gomez, dia akhirnya membalas email dari Schon. 10 menit kemudian, Arnel menerima panggilan telepon dari Schon. Pada 12 Agustus, Arnel, bersama dengan manajernya Bert de Leon, terbang ke Marin County, sebelah utara San Fransisco, untuk audisi selama 2 hari. Pada 5 Desember 2007, Arnel Pineda diumumkan sebagai penyanyi utama baru dari Journey.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...