Laman

Kamis, 31 Desember 2015

GINGER BAKER


Dilahirkan dengan nama Edward Baker di Lewisham, South London pada 19 Agustus 1939. Saat masih remaja, dia berlatih dan bertandong sebagai pembalap sepeda, membuatnya mempunyai kaki yang kuat yang berkontribusi pada kemampunannya pada doubel bass drums. Ginger berencana untuk menjadi pesepeda profesional, hingga dia membeli perangkat drum pertamanya pada usia 15 tahun. Baker sangat tertarik pada seni modern dan jazz, sebuah bakat pemberontak dengan penampilan eksentrik dan bakat artistik. Kemudian, dia tertarik pada seni patung, lukisan, rally dan polo. Hal-hal itu merupakan kesukaanya yang beragam yang membawanya menjadi peniup trumpet di band lokal Air Training Corp. Melihat pemain drum membuat Ginger ingin bermain drum juga.



Setelah bermain selama beberapa bulan, Ginger mendapat pekerjaan dengan band jazz tradisional lokal yang dipimpin oleh Bob Wallis. Pada usia 16 tahun, dia berhenti dari pekerjaan itu, meninggalkan rumah, dan menghabiskan 1 tahun di jalan. Setelah beberapa lama, Ginger mulai mendalami perangkat musiknya. Dengan karakteristik yang dia miliki, dia memutuskan untuk membuat perangkat miliknya sendiri. Ginger membuat pernagkatnya pada 1961 dengan memakainya hingga 1966, saat dia membeli perangkat drum Ludwig pertamanya. Sedihnya, drum inilah yang dihancurkan oleh Jack Bruce dengan bassnya di panggung selama bermain dengan Graham Bond. Bruce kemudian mengingat bahwa drum itu mempunyai sound yang spektakuler - sepertinya tidak ada perangkat lainnya yang terdengar seperti itu.


Pada 1962, Ginger masuk ke scene R&B, bergabung dengan Alexis Korner's Blues Incorporated pada Agustus tahun itu, menjadi drumer atas rekomendasi Charlie Watts.

Pada Februari 1963, Ginger, Graham Bond, dan Jack Bruce meninggalkan Alexis Korner untuk membentuk Graham Bond Organisation. Ginger bertahan dengan Bond hingga 1996 saat dia membentuk CREAM.

Baker menyebut Phil Seamen, Art Blakely, Max Roach, Elvin Jones, Philly Joe Jones dan Baby Dodds sebagai pengaruh dalam gaya permainannya.

Gaya permainan Baker mempengaruhi banyak pemain drum, antara lain John Bonham, Peter Criss, Neil Peart, Stewart Copeland, Ian Paice, Terry Bozzio, Tommy Aldridge, Bill Bruford, Alex Van Halen, Danny Seraphine dan Nick Mason.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...