Laman

Jumat, 25 Desember 2015

JARED LETO




Dilahirkan dengan nama Jared Joseph Leto pada 26 Desember 1971 di Bossier City, Louisiana, AS, adalah seorang aktor, penyanyi, penulis lagu, musisi, sutradara, produser, aktivis, filantropis, fotografer, dan pebisnis Amerika Serikat.

Orangtuanya bernama Constance (Metrejon). Ibunya memiliki keturunan Cajun. "Leto" adalah nama tengah ayah tirinya. Orangtuanya bercerai saat dia masih anak-anak, dan dia memiliki abang Shannon Leto yang tinggal dengan ibunya dan kakek-nenek dari pihak ibu mereka, William Lee Metrejon dan Ruby Russell. Ayahnya menikah lagi dan bunuh diri saat Jared berusia 8 tahun. Leto sering berpindah dengan keluarganya dari asalnya Louisiana ke kota yang berbeda di negara bagian. Leto memiliki dua orang adik tiri dari pernikahan kedua ayahnya.


Constance bergabung dengan gerakan hippie dan mendorong putranya untuk terlibat dengan seni. Leto mulai bermain musik dengan abangnya di usia muda dan alat musik pertamanya adalah piano yang patah.

Setelah keluar lebih awal di kelas 10, Leto memutuskan untuk kembali dan fokus pada pendidikannya di Emerson Prepatiry School di Washington, DC, tapi lulus dari Flint Hill School di Oakton, Virginia. Dia tertarik di seni visual dan mendaftar di University of the Arts di Philadelphia. Setelah membangun rasa tertarik dalam pembuatan film, dia pindah ke School of Visual Arts di New York City. Saat dia menjadi murid disana, dia menulis dan membintangi film pendeknya sendiri, Crying Joy.

Leto mulai dikenal atas perannya sebagai Jordan Catalano dalam drama televisi remaja My So-Called Life pada tahun 1994. Ia bermain film untuk pertama kalinya pada tahun 1995 dengan membintangi How to Make an American Quilt, dan menerima pujian kritis atas penampilannya dalam film Prefontaine (1997). Leto berperan sebagai aktor pendukung dalam film The Thin Red Line (1998), Fight Club (1998) dan American Psycho (2000), serta peran utama dalam Urban Legend (1998), dan mendapat pujian luas setelah memerankan seorang pecandu heroin dalam film Requiem for a Dream (2000). Leto kemudian mulai berfokus pada karier musiknya, dan kembali berkecimpung di dunia akting dengan membintangi Panic Room (2002), Alexander (2004), Lord of War (2005), Lonely Hearts (2006), Chapter 27 (2007), dan Mr. Nobody (2009). Ia memulai debut penyutradaraannya pada tahun 2012 melalui film Artifact.

Akting Leto sebagai seorang wanita transgender dalam film Dallas Buyers Club (2013) meraih pujian dan telah menghantarkannya memenangkan Golden Globe Award, Screen Actors Guild Award, Broadcast Film Critics Association Award, dan dinominasikan dalam Academy Award. Leto dianggap sebagai aktor watak, yang dikenal atas perhatian dan keseriusannnya terhadap peran yang ia mainkan. 

Selain berkarier di dunia film, Leto juga berkecimpung di dunia musik. Ia adalah vokalis utama, multiinstrumentalis, dan penulis lagu utama bagi Thirty Seconds to Mars, grup musik yang ia bentuk di Los Angeles pada tahun 2008 bersama kakaknya, Shannon Leto. Album debut mereka, 30 Seconds to Mars, dirilis pada tahun 2002. Grup musik ini meraih popularitas di seluruh dunia setelah merilis album kedua yang bertajuk A Beautiful Lie (2005). Album mereka berikutnya, This Is War (2009) dan Love, Lust, Faith and Dreams (2013), juga sukses secara komersial. Hingga Mei 2013, grup musik ini telah menjual lebih dari 10 juta keping album di seluruh dunia. Leto juga menyutradarai sejumlah video musik, termasuk "The Kill" (2006), "Kings and Queens" (2009), dan "Up in the Air" (2013).

Pada tahun 2014, Leto tayang perdana seri dokumenter Into the Wild, yang menceritakan cerita belakang panggung tur konser dengan nama yang sama oleh Thirty Seconds to Mars yang membuat band bisa tampil di arena di seluruh dunia dan disertifikasi oleh Guinnes World Records sebagai tur terpanjang dalam sejarah musik rock. Seri ini diproduseri oleh Leto dan Emma Ludbrok dan dirilis melalui platform online VyRT. Pada Desember tahun itu, Warner Bros. mengkonfirmasi bahwa Leto akan berperan sebagai Joker di Suicide Squad (2016), sebuah film penjahat super berdasarkan seri buku komik dengan nama sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...