Laman

Kamis, 24 Desember 2015

JOSH FREESE




Dilahirkan pada 25 Desember 1972) di, Orlando, Florida, AS. Ayahnya, Stan Freese, mengatur Disney World (Florida) dan Disneyland (California) Band, dan ibunya adalah seorang pianis klasik. Freese mulai bermain drum ketika ia berusia 8 tahun. Ia mulai bermain secara profesional pada usia 12 (terutama dalam Top 40 Band di Disneyland). Ia bermain drum elektronik di band rock remaja bernama Polo, pemenang Star Search SMP. Polo sudah memiliki drummer sebelum bergabung dengan Magic Kingdom, pendiri band Jimmy Keegan, tetapi mereka menemukan ruang di atas panggung untuk anak direktur band Disneyland, Stan Freese. Band lain di panggung yang sama yang terbatas untuk membawakan Top 40 hits, tapi kendala seperti tidak berlaku untuk Polo. Band ini merekam dan merilis sebuah EP yang menerima pemutaran beberapa kali di KROQ, stasiun musik alternatif utama di daerah Los Angeles.


Koneksi keluarga dan paparan yang sesuai bagi Freese yang masih muda membawa kesepakatan dukungan dengan perusahaan drum elektronik Simmons. Ada iklan Simmons lama (disutradarai oleh Mitch brisker), menampilkan Freese pada bagian konten tambahan dari the Vandals 'Live at the House of Blues DVD. Pada usia 16, ia meninggalkan SMA dan mulai tur dan membuat rekaman, pertama dengan Dweezil Zappa dan kemudian dengan the Vandals. Dia telah bekerja dengan banyak seniman terhormat dalam 15 tahun terakhir, sebagai drummer sesi panggilan pertama dan kadang-kadang sebagai pengganti sementara. Adik Freese, Jason Freese, memainkan kibord di Green Day dan juga telah rekaman dan tur dengan the Goo Goo Dolls, Dr. Dre, Jewel, Lenny Kravitz, Liz Phair, Foxboro Hot Tubs, Joe Walsh, dan Weezer.
 
Pada tahun 1998, Freese merekam sejumlah lagu yang ia tulis dan membawakannya sendiri (termasuk bass, gitar, kibord dan vokal). Hasilnya adalah lo-fi, EP 6 lagu Destroy Earth As Soon As Possible, dirilis di bawah nama 'Princess' oleh TON/Stone Lizard Records.
 
Pada tahun 2000, lagu "Caffeine and Vaseline" dan "Rock N 'Roll Chicken" yang dihidupkan kembali untuk album 12-lagu The Notorious One Man Orgy, kali ini dirilis di bawah nama Freese sendiri oleh Kung Fu Records. Penampilan tamu termasuk Stone Gossard, Warren Fitzgerald, Michael Ward, Lyle Workman, dan adik Freese Jason.
 
Josh merilis album solo kedua, Since 1972, melalui website-nya pada tanggal 24 Maret 2009. SInce 1972 telah didistribusikan sama dengan paket tambahan yang ditawarkan oleh rilisan terbaru Nine Inch Nails. Album Freese ditawarkan seharga $ 7 untuk download digital, dan seharga $ 15 untuk CD/DVD di situsnya. Sebagai daya tarik pemasaran, website menawarkan paket insentif yang unik dengan harga hingga $ 75.000. Publikasi meliputi tawaran termasuk Suicide Girls, The UK's Guardian, NPR, dan The Boston Herald.

Freese menyatakan pada laman pembelian untuk albumnya: "Saya tidak mengharapkan untuk menjual salah satu paket dengan harga yang tidak masauk akal tapi saya yakin mendapatkan banyak pemberiataan dan perhatian yang baik pada fakta bahwa aku membuat rekaman karena itu ! Misi selesai."


Freese memulai karir drum di band cover op-40 di Tomorrowland Terrace Stage di Disneyland dari 1985 ke 1988. Freese menjadi anggota punk rock band the Vandals sejak 1989, dan telah bermain di semua album band sejak saat itu, dengan pengecualian Look What I Almost Stepped In ... tahun 2000, di mana drummer Avenged Sevenfold Brooks Wackerman mewakili karena komitmen Freese dengan A Perfect Circle. Pada tahun 2004, the Vandal merilis DVD live sebagai bagian dari seri Kung Fu Records 'The Show Must Go Off!. DVD ini menarik khusus berkat penggemar berat Josh Freese yang meilbatkan Josh Freese-cam, kamera terfokus pada Freese untuk seluruh durasi acara, juga termasuk gambar pedal kick drum Freese.
 
Freese bermain di album Suicidal Tendencies The Art of Rebellion pada tahun 1992. Ia bermain di album grup Korea Seo Taiji and the Boys tahun 1996 Come Back Home. Dia adalah anggota dari Guns N' Roses 1997-1999, menggantikan Matt Sorum dan menandatangani kontrak 2 tahun. Dia merekam lagu "Oh My God" untuk soundtrack End of Days dan ikut menulis lagu "Chinese Democracy" dengan Axl Rose. Dia meninggalkan band pada tahun 1999 untuk meluncurkan A Perfect Circle dengan Maynard James Keenan dan Billy Howerdel.
 
Pada tahun 1999, Freese bermain drum pada album solo pertama Mike Ness Cheating At Solitaire, tapi digantikan oleh Charlie Quintana ketika pertunjukan live. Pada tahun 2011, ia bermain drum di album studio ketujuh Social Distortion Hard Times and Nursery Rhymes. Setelah merilis album, David Hidalgo Jr menjadi drummer Social Distortion penuh waktu saat ini.

Freese adalah drummer sesi pada album Fallen tahun 2003 oleh Evanescence dan di album Acroma dirilis di Universal Records. Dia bermain drum untuk A Perfect Circle sejak album pertama mereka, dan dianggap sebagai salah satu anggota inti. Pada 2006, band ini hiatus. Sejak itu, pendiri Billy Howerdel telah memulai sebuah band baru (Ashes Divide) dengan permainan drum oleh Freese. Freese mengambil alih dari drummer Ron Welty untuk rekaman album Offspring tahun 2003 Splinter setelah kepergian Welty dari band. Dia dikreditkan untuk bermain drum di album, tapi Atom Willard kemudian mengambil posisi drumer sebagai band penuh waktu. Pada bulan Juli 2007, diumumkan Atom Willard telah meninggalkan band. Dia akan digantikan oleh Pete Parada. Sementara itu, Freese dipanggil untuk merekam album baru Offspring, Rise and Fall, Race and Grace. Pada bulan Januari 2011, ia menyebutkan di situsnya bahwa ia bekerja dengan Offspring lagi pada album berikutnya Days Go By.

Freese berpartisipasi dalam "Broken Music Tour"-nya Sting pada bulan April 2005 dengan gitaris Dominic Miller dan gitaris Shane Fontayne. Tur dimulai 1 April di San Jose, California dan berakhir pada tanggal 14 Mei di New York. Josh juga muncul dengan Sting selama rekaman konser 'Live 8' di Hyde Park London pada tanggal 2 Juli 2005. Pada musim gugur 2005 ia merekam materi baru dengan Sting di Italia di rumah sang penyanyi di Tuscany tapi rencana untuk rilis belum diatur.
 
Freese berkontribusi trek drum untuk album ketiga Lostprophets, Liberation Transmission, merekam semua bagiannya dalam dua hari. Travis Barker awalnya diperuntukkan sebagai drummer sesi pilihan untuk album ini, tapi produser Bob Rock, yang telah bekerja dengan Freese sebelumnya, ingin dia sebagai gantinya. Freese telah bekerja dengan Paul Westerberg sejak tahun 1992 dan menyediakan drum pada dua trek Replacements, yang muncul pada paket greatest hits mereka, "Don't You Know Who I Think I Was".


Freese melakukan tur dengan Nine Inch Nails di tur arena musim dingin dan musim panas amfiteater With Teeth mereka di 2005-06 setelah drummer Jerome Dillon sakit. Dia memberikan kontribusi track drum live untuk lagu "Hyperpower!" dan "Capital G" di album Nine Inch Nails Year Zero, dirilis pada tahun 2007. Freese terus tur dengan Nine Inch Nails sepanjang tahun 2007 untuk mendukung Year Zero, terutama di luar AS. Tahun 2008, ia bekerja dengan Trent Reznor di studio pada The Slip dan menandatangani kontrak untuk tur Amerika Utara dan tur luar negeri secara lebih luas dengan band selama 2008 di tur "Lights in the Sky" mereka tahun 2008. Dia meninggalkan tur pada akhir 2008 untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan pacarnya, yang sedang mengandung anak ketiga pasangan pada saat itu.

Freese juga menyelesaikan trek drum untuk band Black Light Burns, yang terdiri dari Wes Borland (Limp Bizkit, Big Dumb Face, From First to Last), Danny Lohner (Nine Inch Nails) dan Josh Eustis (Telefon Tel Aviv). Dia juga bermain di Rebel Hiss yang merupakan single pertama dari Jubilee dipimpin oleh mantan teman seband (dan mantan gitaris untuk Nine Inch Nails) Aaron North pada gitar dan vokal. Dia ikut menulis lagu dengan Queens of the Stone Age, the Vandals, A Perfect Circle, the Dwarves dan Goon Bulan.
 
Ia bermain pada drum untuk bagian kecil dari lagu Hollywood Undead di album debut mereka, Swan Songs. Menurut bagian website-nya "True Or False?", ia mengungkapkan bahwa ia "bermain pada rekaman Courtney Love tapi kemudian namanya harus dihapus setelah menyadari bahwa ia adalah seorang brengsek dan palsu yang mengambil uang darah". Ia juga memainkan beberapa pertunjukkan di awal tahun 1998 dengan band 311 sebagai drummer sementara. Chad Sexton, drummer 311 mengalami patah tangan sebelum acara di 1-31-98 di Honolulu. Pada tahun 2000, Freese bermain di supergrup pop punk Fliptop, merilis sendiri EP lima lagu. Band ini terdiri dari Jason Cropper (Weezer) pada vokal, gitar, dan piano, Dallan Baumgarten pada gitar dan vokal, Scott Shiflett pada bass, dan Freese pada drum. Band ini bermain di LA dan berhasil bermain di beberapa pertunjukan Warped tour lokal.
 
Freese mengisi untuk Claude Coleman, Jr. yang terluks pada album Ween tahun 2003 Quebec.
 
Freese bermain drum pada album debut Daughtry dengan judul yang sama, Daughtry.

Freese tampil dengan Weezer untuk mendukung tur Blink-182 tahun 2009, saat drumer Weezer Patrick Wilson bermain gitar untuk 90% dari set Weezer. Dia terus tur dengan Weezer pada 2010 serta muncul secara live dengan Sting, the Vandals dan Devo.
Josh juga bermain drum pada album tahun 2009 mega bintang Jepang Ayumi Hamasaki NEXT LEVEL yang dapat didengar pada lagu "Identity".


Dia juga dapat didengar pada rilisan Weezer, Raditude, rekaman terbaru Michael Bublé (pada judul lagu "Crazy Love" dan single pertama "Haven't Met You Yet".)
 
Pada tanggal 3 Agustus 2010, Josh Freese mem-posting melalui Facebook "Saya senang melaporkan bahwa A Perfect Circle bangun dari 6 tahun tidurnya ... dan kami akan "doing stuff" segera."


Freese telah melakukan tur pada tahun 2012 dengan Sublime with Roma setelah Bud Gaugh mengumumkan kepergainnya dari band. Pada tanggal 2 Oktober 2012, Josh Freese mengumumkan melalui laman Twitter-nya: "Setelah 13 tahun, saya telah memutuskan untuk meninggalkan A Perfect Circle tanpa rencana untuk kembali." Ia bermain drum di The Replacements pada bulan Agustus dan September 2013 saat The Replacements memainkan pertunjukan pertama mereka dalam 22 tahun (Riot Fest 2013), dan terus bermain di The Replacements di pertunjukan tahun 2014 dan 2015 mereka. Ia muncul pada album Bruce Springsteen tahun 2014 High Hopes, bermain drum pada "This Is Your Sword".
 
Freese tinggal di Southern California bersama istrinya dan empat anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...