Laman

Selasa, 22 Desember 2015

EDDIE VEDDER



Dilahirkan dengan nama Edward Louis Severson pada 23 Desember 1964 di Evanston, Illinois, Eddie Vedder memiliki masa kanak-kanak yang berwarna. Dibesarkan di Chicago, Vedder masih berusia 1 tahun saat orangtuanya bercerai. Ibunya segera menikah lagi dan dengan suami barunya menjalankan rumah yatim piatu kecil diluar rumah mereka. Selama bertahun-tahun Vedder diminta untuk mempercayai bahwa ayah tirinya adalah ayah biologisnya. Kemarahan yang dia rasakan saat dia akhirnya mengetahui kebenaran itu berpengaruh pada karya musiknya kemudian, antara lain lain karya hit awal Pearl Jam, “Alive.”

Setelah keluar dari sekolah, Vedder mengadopsi nama gadis ibunya dan pindah ke San Fransisco, dimana dia kemudian melibatkan dirinya di skena surfing Southern California. Dia juga membawa hasrat musik bersamanya-band-band seperti the Sex Pistols, The Who, the Ramones dan Black Flag adalah pengaruh besar-dan Vedder menjadi seorang yang terlibat di sejumlah klub malam yang berbeda.

Saat tinggal di San Diego, Vedder adalah bagian dari beberapa band, antara lain sebuah band bernama Bad Radio. Tapi grup ini tidak berkembang.


Vedder adalah anggota terakhir yang bergabung dengan band yang nantinya dikenal sebagai Pearl Jam. Di awal tahun 1990an, mantan gitaris Mother Love Bone Stone Gossard memulai sebuah band baru yang terdiri dari bassis Jeff Ament, gitaris utama Mike McCready dan drummer Dave Krusen. Grup ini masih memerlukan seorang penyanyi. Memerlukan lirik untuk lagu-lagu yang dia dan rekan sebandya telah ciptakan, Gossard berpaling ke Jack Irons, mantan Red Hot Chili Peppers.

Irons yang tinggal di California Selatan dan telah berteman dengan Vedder, memberikan sebuah demo tape grup kepada penyanyi berbakat itu. Vedder mulai bekerja dan menggubah 3 buah lagu-“Alive,” “Once” dan “Footsteps”-ke dalam musik tersebut. Saat Gossard mendengarkan tape Vedder, dia segera memanggil dan mengundangnya ke Seattle untuk bergabung dengan grup.

Pearl Jam merilis album pertamanya, Ten, pada 1991. Rekaman ini menampilkan sejumlah hit antara lain dua lagu asli Vedder, “Alive” dan “Once”. Selain itu, album ini menyertakan sebuah single hit, “Jeremy,” yang disertai dengan sebuah video yang dramatis yang dengan cepat menjadi rotasi rutin di MTV dan membawa album ini ke puncak chart.

Bersama dengan band-band seperti Nirvana dan Soundgarden, Pearl Jam membuka jalan baru untuk pertumbuhan artis-artis grunge, membawa genre ini ke barisan depan budaya anak muda Amerika. Seperti yang telah dilakukan, grup ini mengeksplorasi subyek-subyek berat seperti amarah, depresi dan bunuh diri, memberi suara bagi generasi baru remaja dan orang dewasa yang dikenal sebagai Generation X.

Untuk mempertahankan citra anti-maisntream mereka,Pearl Jam menolak untuk membuat video untuk lagu-lagu dari rilisan kedua mereka, Vs., yang keluar pada 1993 dan menampilkan drummer baru, Dave Abbruzzese. Selain itu, tur musim panas band tahun 1994 ditunda saat band masuk ke perseteruan yang panas mengenai harga tiket yang tinggi dengan Ticketmaster. Peristiwa ini berhenti di tahun 1995 saat Justice Department berpihak dengan Ticketmaster.

Album ketiga band, Vitalogy, menampilkan drummer baru lagi, kali ini teman Vedder Jack Irons. Seperti dua album pertama, rekaman ini dengan cepat mendaki ke puncak tangga lagu dan disertifikasi platinum. Pada 1995 band bergabung dengan Neil Young untuk tur di Eropa. Tur ini sangat sukses dan Pearl Jam berkolaborasi dengan Young di rilisannya tahun 1995, Mirror Ball.



Dengan pribadi yang relative rendah hati, Pearl Jam terus menghasilkan album-album yang disambut baik selama akhir 1990an, antara lan No Code pada 1996 dan album live, Live on Two Legs pada 1998, dan Binaural pada 2000. Band ini merilis album studio kesembilannya, Backspacer, pada 2009. Pada 2013, Pearl Jam merilis album ke sepuluhnya, Lightning Bolt.

Vedder juga berkontribusi pada beberapa soundtrack dan kompilasi, antara lain soundtrack untuk fulm-film Dead Man Walking, I Am Sam dan Into the Wild, yang terakhir adalah album solo pertama Vedder. Dia menindak lanjutinya dengan album solo keduanya pada 2011, Ukulele Songs, dimana dia meminkan lagu asli berbasis ukulele dan cover version.

Selain proyek-proyek musiknya, Eddie Vedder aktif dalam beberapa permasalahan lingkungan dan kebebasan.

Pengaruh musik Vedder adalah The Doors, Neil Young, the Ramones, R.E.M., Bruce Springsteen, John Mellencamp, Led Zeppelin, Aerosmith, U2, The Who, Pink Floyd, The Jackson 5, The Beatles, Frank Zappa, Tom Petty and the Heartbreakers, Elvis Costello, Talking Heads, Sonic Youth, Fugazi, Tom Waits, Huey Lewis, Bob Dylan, dan the Pixies. Dia juga sangat terinspirasi oleh Jethro Tull.

Pada 1994, Vedder menikahi dengan Beth Liebling, salah seorang pendiri dari grup experimental instrumental berbasilSeattle, Hovercraft. Keduanya bercerai pada 2000.

Pada 2010, Vedder menikah dengan pacar lamanya, Jill McCormick, di sebuah perhelatan kecil di Hawaii. Para tamu yang hadir antara lain Sean Penn dan penyanyi Jack Johnson. Vedder dan McCormick menjadi orangtua dari 2 orang putri, Olivia (2004) dan Harper Moon (2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...