Laman

Rabu, 23 Desember 2015

JAN AKKERMAN



Dilahirkan pada 24 Desember 1946 di Amsterdam, Belanda, anak seorang pedagang besi bekas. Pada usia lima tahun ia mengambil pelajaran gitar dan single pertamanya dirilis pada tahun 1960, ketika ia berusia tiga belas tahun. Dia adalah anggota dari Johnny and his Cellar Rockers, The Hunters (dengan siapa ia mencetak pop hit di Belanda tahun 1966 "Russian Spy and I") dan Brainbox (yang juga mengumpulkan beberapa hit single Belanda, termasuk sebuah cover dari Tim Hardin "Reason to Believe").

Akkerman bergabung dengan the Thijs van Leer Trio pada akhir 1969, sedangkan band yang baru lahir Focus adalah band pengiring untuk produksi teater Belanda dari "Hair" (direkam sebagai album pada tahun 1969). Berlanjut dengan nama Focus, band menjelajahi genre progressive rock (campuran dari klasik, jazz, dan musik rock dalam instrumental pendek dan jangka panjang) dan mencetak beberapa hits di seluruh dunia di tahun tujuh puluhan (single "Hocus Pocus" dan "Sylvia" dan album bersertifikat Emas "Moving Waves" dan Focus III). Pada tahun 1973 Akkerman terpilih sebagai 'Best Guitarist In The World' oleh pembaca majalah Inggris, Melody Maker. Kedudukannya adalah seperti bahwa ia bekerja sama dengan produsen Framus untuk menghasilkan salah satu yang model gitar 'signature' pertama.


Pada awal tahun 1976 Akkerman meninggalkan Focus dan melanjutkan karir solonya, dan berkolaborasi dengan musisi lain. Album berkonsep "Eli", direkam dengan Kaz Lux pada vokal, memenangkan the Dutch Edison Award untuk album terbaik tahun 1976. 

Fokus melakukan reuni singkat dengan Thijs van Leer pada tahun 1985 datang dalam bentuk beberapa konser yang didukung oleh sebuah album yang ternyata tidak berhasil. Lineup klasik Focus juga bersatu kembali pada tahun 1990 untuk program televisi Belanda "Goud van Oud" (Old Gold) untuk terakhir kalinya. Akkerman terus memproduksi beberapa album. Pada saat yang sama ia aktif sebagai musisi sesi dengan André Hazes dan lain-lain. Dia juga bermain bersama Alan Price, Herman Brood, Peter Banks, Phil Collins, Jack Bruce, Charlie Byrd, Ice-T, Paco De Lucia, dan B.B. King.


Pada tahun 1991 Akkerman juga bagian dari Night Of The Guitars II European tour yang diselenggarakan oleh Sting dan manajer The Police Miles Copeland. Tur ini menampilkan Ronnie Montrose, Ian Crichton-nya Saga, Robin Trower dari Procol Harum, Dave Sharman dan Laurie Wisefield.

Pada tahun 1992 ia terlibat dalam kecelakaan mobil yang serius, namun kembali bermain pada tahun 1993. Pada akhir 1990-an, setelah absen hampir 20 tahun, ia dibujuk untuk tur ke Inggris lagi dan terus melakukannya secara teratur. Dia menulis untuk majalah Belanda GitaarPlus. Pada 2013, Akkerman merilis album terbarunya, "North Sea Jazz".


Penghromatan dan penghargaan
  • Knight of the Order Orange-Nassau (Belanda, 28 Desember 2012)
  • Eddy Christiani Award (Belanda, 11 April 2009)
  • Golden Harp Award (Belanda, Januari 2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...