Laman

Minggu, 20 Desember 2015

FRANK ZAPPA




Dilahirkan dengan nama Frank Vincent Zappa pada 21 Desember 1940 di Baltimore, Maryland, AS, anak pertama dari 4 anak dari pasangan Rose Marie (Colimore), keturunan Perancis dan Italia, dan Francis Vincent Zappa, seorang imigran dari Sisilia dengan darah Yunani dan Arab. Keluarga itu sering berpindah tempat tinggal karena tugas Francis Vincent Zappa sebagai  ahli kimia dan ahli matematika, dikontrak oleh berbagai lembaga pertahanan.


Zappa muda mulai mengenal ilmu kimia, seperti gas moster, yang sangat mempengaruhi kesehatannya, yang selalu membuatnya tertantang. Dia memperlihatkan ketertarikan awalnya dalam inovasi melalui peralatan tapi segera beralih ke bidang musik. Komposer papan atas seperti Igor Stravinsky dan Edgar Varese membuatnya takjub disamping rasa ketertarikannya dengan musik doo-wop/R&B dan jazz modern. Keluarga itu kemudian berdomisili di luar Los Angeles di usia remaja Zappa, dan dia kemudian bermain drum dan gitar. Kecakapannya mulai berkembang dengan cepat saat tahun terakhirnya di SMA, dimana dia menulis, menggubah dan mengatur aransemen tingkat tinggi untuk orkes sekolahnya.


Frank Zappa meluncurkan karirnya sebagai musisi profesional tak lama setelah lulus dari SMA tapi pendapatannya mulai meningkat; rekaman menghasilkan banyak uang dibandingkan manggung di lokalan-dengan bandnya yang sangat mentang rasisme, The Blackouts, menentang rasisme di tahun 1950an. Terdapat beberapa karya musik untuk film independen, salah satunya didukung oleh guru bahasa Inggrisnya saat SMA. Pekerjaan di sebuah studio rekaman dianggapnya sebagai bisnis tapi sebuah ada penangkapan oleh pihak berwenang lokal karena dianggap memiliki rekaman 'pornografi", yang membuat studio tutup. Kembali ke rute band, Zappa bergabung dengan The Soul Giants, segera merubah mereka dari band bar yang membawakan lagu artis lain menjadi band dengan materia asli-mereka berubah nama menjadi The Mothers di hari ibu tahun 1965.

Tapi band ini masih kesulitan, hingga seorang pengusaha Herb Cohen (yang mendongkrak karir para artis seperti Pete Seeger, Alice Cooper, Lenny Bruce dan Linda Ronstadt) mengajak mereka dan mulai memesan tempat bagi mereka di tempat seperti Whiskey A-Go-Go.

Album debut mereka, Freak Out!, meluncurkan mereka sebagai The Mothers of Invention. Ini adalah album rock ganda kedua yang pernah dirilis-yang menjadis sebuah terobosan untuk genre musik baik secara inovasi dan permainan musik. Musik-musik itu dilanjutkan dengan album kedua mereka, Absolutely Free, dan pertunjukan reguler di New York yang merupakan bagian konser, sebagian lagi bagian dari acara sirkus yang berisi hewan dan sayuran.


Reputasi mereka diakui, mereka mendapatkan penggemar dari Eropa juga sebuah penampilan yang tidak terlupakan dengan the London Philharmonic. Tapi pada 1971, kekacauan serius belakang panggung terjadi: selama sebuah konser di Swiss, venue terbakar-peristiwa ini diabadaikan di lagu "Smoke on the Water"-nya Deep Purple. Satu minggu kemudian, Zappa mengalami jatuh d atas panggung yang mengakibatkan cedera serius antara lain pangkal tenggorokan yang rusak dan mengalami retak di bagian tubuh lain-dia menjadi lemah, suara yang tidak terdengar, dan sakit punggung untuk sisa hidupnya.

Tidak pernah secara menyeluruh merangkul genre rock, karena penolakannya untuk terlibat dalam budaya penggunaan obat-obatan, dia beralih ke formasi band baru dengan aliran musik jazz. Dekade 70an memantapkan reputasinya sebagai salah satu pimpinan band yang paling ulung dan diminati dalam industri musik. Hasil musiknya yang paling diperhatikan adalah hit Top 40 yang tak terduga, "Valley Girl," dibawakan oleh putrinya, Moon Unit, yang menghasilkan ksesuksesan komersil daripada proyek musik lainnya.

Diluar bermain musik, Zappa menyutradarai video musik, film pendek dan musik selingan, dan dia menjadi terobsesi dengan musik sintesis yang ditawarkan karena dapat mengakomodasi hampir semua yang dia impikan selama ini. Pekerjaan seperti pembicara tamu di aktifitas sosial meningkat setelah bulan September 1985 Frank Zappa bersama dengan John Denver dan Dee Snider (Twisted Sister) melakukan dengar pendapat dengan PMRC mengenai penyensoran lirik lagu di album-album band rock dan metal.

Pada 1990, Presiden Cekoslovakia Vaclav Havel menunjuk Zappa sebagai perwakilan resmi budayanya, tapi presiden George H.W. Bush membatalkan petunjukan itu. Kemudian, Zappa sempat mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS.

Sementara persepsi masyarakat umum adalah sering salah tanggapan, Zappa diakui sangat dihormati sebagai musisi dan komposer yang sempurna , seorang pembuat film yang inovatif , dan artis lintas genre yang produktif.

Frank Zappa meninggal karena kanker prostat pada 4 Desember 1993 pada usia 52 tahun, di Los Angeles. Dia meninggalkan seorang istri yang telah bersama selama 26 tahun, Gail Sloatman, mereka menikah tahun 1967, yang telah banyak mengatur bisnis Zappa di karirnya belakangan, dan empat orang anak mereka: Moon Unit, Dweezil, Ahmet Emuukha Rodan dan Diva Thin Muffin Pigeen. Setelah kematian Zappa, keluarganya merilis sebuah pernyataan: "Komposer Frank Zappa pergi untuk turnya yang terakhir sebelum pukul 6 PM di hari Sabtu." Dia dimakamkan di Westwood Village Memorial Park Cemetery di Los Angeles, California. Sebelum dengan Sloatman Zappa menikah dengan Kathryn J. "Kay" Sherman dari 1960-1964.




Pada 1995, Frank Zappa dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame; pada 1997, dia dianugerahi sebuah Grammy Lifetime Achievement Award.

Pada tahun 2004 majalah Rolling Stones menempatkan Frank Zappa di peringkat no. 71 di daftar "100 Greatest Artists Of All Time" dan pada tahun 2011 berada di peringkat 22 di daftar "100 Guitarists Of All Time".

Frank Zappa selalu memilih musisi terbaik untuk mengiringinya, seperti Adrian Belew (King Crimson), Terry Bozzio, Aynsley Thomas Dunbar, Lowell Thomas George (Little Feat), Jean-Luc Ponty, Ruth Underwood, George Duke, Vinnie Colaiuta, Mike Keneally, dan Steve Vai.

Sejumlah musisi terkenal, band dan orkestra dari berbagai genre telah dipengaruhi oleh musik Frank Zappa, seperti Alice Cooper, Primus, William Robert "Billy Bob" Thornton, Henry Cow, Trey Anastasio (Phish), John Anthony Frusciante (Red Hot Chili Peppers), Black Sabbath, Michael Stephen Portnoy (Dream Theater), Warren Justin DeMartini (Ratt), Steve Vai, System of a Down, Clawfinger, Tomas Ulrich, Meridian Arts Ensemble, William Richard "Bill" Frisell, John Zorn, George Clinton, George Winston, Robert Gluck, Alfred Matthew "Weird Al" Yankovic, Masami Akita (Merzbow), dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...