Laman

Sabtu, 19 Desember 2015

MIKE KENEALLY




Dilahirkan dengan nama Michael Joseph Keneally pada 20 Desember 1961 di Long Island, New York. Dia mulai bermain musik pada usia 7 tahun ketika ia menerima organ listrik untuk ulang tahunnya. Dia juga menerima gitar di ulang tahunnya yang kesebelas, dan juga memainkan bass dan drum. Pengaruh musiknya di masa anak-anak adalah The Beatles, dan tema musik dari kartun dan acara televisi seperti, "The Wallace and Ladmo Show" dan "2001: A Space Odyssey".


Dia pindah ke San Diego, California, pada usia dini dan telah menjadi sosok di kancah musik lokal di sana sejak tahun 1985 ketika ia membentuk band lokal, Drop Control. Meskipun dikenal sebagai seorag musisi yang berkarya sendiri, Keneally mungkin paling dikenal sebagai mantan “stunt guitarist” Frank Zappa dan anggota band tur tahun 1988 pada gitar dan kibord. Penguasaan untuk posisi tersebut melegenda di kalangan musisi tertentu, berdasarkan perintah Keneally pada lagu dan repertoire Zappa yang sulit untuk dimainkan. 


Keneally menyebut Zappa dan mengatakan bahwa ia "sangat akrab dengan semua materi dan bahwa ia akan siap untuk memainkan semua itu baginya dan diberi waktu singkat untuk persiapan", saat ia sudah "mendengarkan musik Zappa selama 16 tahun". "Di telepon di hari sebelum audisi Frank mengatakan kepada saya untuk menguasai "What’s New in Baltimore?" dan "Sinister Footwear" dan siap untuk audisi hari berikutnya". Dalam perjalanan ke audisi Keneally berlatih lagu-lagu tersebut, serta "Little House I Used to Live In", dan "setiap melodi tunggal Zappa yang bisa saya ingat, jenis sebagai latihan untuk ingatan saya" saat saudaranya Marty mengemudikan mobil. 


Keneally bertugas dalam tur band yang Zappa berumur pendek dengan pembatalan awal tur 1988 dan kematian Zappa pada tahun 1993. Keneally pindah dari band lama Zappa untuk bekerja dengan anak sulung Zappa, Dweezil di album solonya dan karya yang dirilis sebagai band, Z. 


Keneally juga telah merilis 11 album dari materi solo sejak tahun 1992 dan telah menjadi bintang tamu atau bertindak sebagai pengiring pada berbagai proyek, terutama sebagai bagian dari band tur Steve Vai. Dia telah memainkan gitar dan kibord dengan Yo Miles !, Wadada Leo Smith, legenda Norwegia Ulver dan band penghormatan Miles Davis milik Henry Kaiser serta merekam album The Mistakes dengan Henry Kaiser pada 1995, Prairie Prince, dan Andy West (sebelumnya Dixie Dregs). Dia juga telah memproduseri album untuk beberapa band, termasuk album debyt Chris Opperman, Oppy Musik, Vol. I: Purple, Crayon.


Pada tahun 1998 Vai meminta Keneally mengaransir dan tampil di album musik pada piano akustik milik Vai. Direkam pada tahun 1999, album ini akhirnya dirilis pada tahun 2004 sebagai "Vai: Piano Reductions, Vol 1.". Menurut catatan kaki, Vai memilih lagu, memproduseri album, dan melakukan mixing, merilisnya di label miliknya Light Without Heat. Pada tahun 2008 Keneally telah mengaransir dari bagian gitar multi-track untuk piano single-track 12 lagu yang dipilih oleh Steve dan mulaimengerjakan volume kedua "Piano Reductions" milik Vai. 


Pada tanggal 1 Mei, 2007, label Keneally, Exowax kembali merilis album debutnya "hat." dan "Boil That Dust Speck" sebagai versi disk ganda deluxe dan remaster. Exowax telah memperoleh kembali seluruh katalog Keneally dari Immune Records. Rilis direncanakan termasuk "Half Alive In Hollywood" dan "Sluggo!" serta rilisan VHS tahun 1996 The Mike Keneally and Beer For Dolphins "Soap Scum Remover," yang akan di-remix dan di-remaster untuk rilisan DVD, dan The Mistakes, proyek sampingannya di tahun1995 dengan Henry Kaiser pada gitar dan Synclavier, bassis Andy West dan drummer Prairie Prince), bersama dengan rekaman The Mistakes live yang telah dilaksanakan pada posisi sampai Keneally mampu memperoleh kembali hak untuk album asli. 


Pada tanggal 28 November 2006, Keneally mengumumkan bahwa ia dipekerjakan sebagai Direktur Musik Nasional untuk The Paul Green School of Rock Music.
 
Dia juga telah melakukan tur dengan Dethklok sebagai gitaris dan vokalis cadangan. 


Pada tanggal 20 Juli 2008, di El Cajon, California, Mike memainkan konser sebagai bagian dari "the most exciting power trio in years," Keneally • Minnemann • Beller (KMB), yang terdiri dari Mike, drummer Marco Minnemann dan bassis kolaborator lama Bryan Beller. Band ini melakukan tur penuh pada tahun 2009 dan menjadi band tur ke seluruh Joe Satriani pada tahun 2013. 


Pada bulan Agustus 2009, Keneally merilis sebuah video untuk lagu solo baru, "Hallmark," dari Scambot 1, bagian pertama dari tiga seri album yang direncanakan. 

Pada bulan Juni 2010, Keneally masuk Skywalker Sound sebagai bagian dari band studio untuk proyek solo baru Joe Satriani, bersama dengan drummer regular Satriani Jeff Campitelli dan bassis Allen Whitman (dari grup surf/psychedelic asal San Fransisc, The Mermen). Formasi ini dijadwalkan untuk tur pada bulan Oktober dan November 2010 untuk mendukung album, namun Keneally digantikan oleh kibordis asal Inggris Jem Godfrey untuk dua jadwal di tur Inggris. 


Pada bulan Juli 2012, Keneally merilis "Wing Beat Fantastic: Songs written by Mike Keneally & Andy Partridge", album kolaborasi yang terutama terdiri dari lagu yang ditulis dengan Andy Partridge dari XTC selama dua sesi menulis pada tahun 2006 & 2008, dan dari yang band dan karya Keneally dimana dia menjadi penggemar lama (ada bagian kecil dari "Mayor Of Simpleton" dari XTC dalam lagu "Day Of The Cow 2" dari album debut solonya di tahun 1994, topi.


Pada bulan Agustus 2014, Keneally berpartisipasi dalam G4 Experience, kamp gitar selama seminggu-dengan sesama gitaris Satriani, Paul Gilbert, dan Andy Timmons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...