Laman

Selasa, 22 Desember 2015

DAVE MURRAY




Dilahirkan dengan nama David Michael Murray pada 23 Desember 1956 di Edmonton, London, Inggris, adalah seorang gitaris dan penulis lagu Inggris yang dikenal sebagai salah satu anggota paling awal dari band heavy metal asal Inggris Iron Maiden. Seiring dengan bassis grup dan penulis lagu utama Steve Harris, Murray muncul di semua rilisan band. 


Tumbuh di berbagai kawasan di London, Murray menjadi anggota dari geng skinhead sebelum ia berminat dalam musik rock pada usia 15 dan membentuk band sendiri, Stone Free, dengan teman masa kecil Adrian Smith. Setelah meninggalkan sekolah pada usia 15 tahun, ia secara teratur menjawab iklan yang muncul di Melody Maker sebelum audisi untuk Iron Maiden pada tahun 1976. Tak lama kemudian, Murray dipecat menyusul argumen dengan vokalis grup itu, Dennis Wilcock, dan menghabiskan waktu enam bulan dalam band Smith, Urchin. Pada musim semi tahun 1978, Murray diminta untuk bergabung kembali dengan Iron Maiden setelah kepergian Wilcock, di mana ia bertahan sampai hari ini. 


Saat masih anak-anak, keluarga Murray hidup dalam kemiskinan dan terus pindah ke daerah yang berbeda di London, yang berarti bahwa ia sering diganggu dan terlibat dalam perkelahian. Pada saat keluarganya menetap di Clapton pada tahun 1970, Murray bergabung dengan geng skinhead dan "menjalani tahun-tahun penuh kekerasan saat berada di jalan." Ia mengembangkan minat dalam musik rock ketika dia berusia 15 tahun setelah mendengar "Voodoo Chile" oleh Jimi Hendrix di radio, yang tetap dikenangnya, "segala sesuatunya berubah, seperti itulah. Masuk ke musik rock tidak seperti proses bertahap bagi saya, itu benar-benar ekstrim, benar-benar hitam dan putih. Aku mendengar 'Voodoo Chile' di radio dan saya pikir, 'Kurang ajar! Apa ITU? Bagaimana Anda melakukan ITU?' Dan aku mulai berkeliaran di sekitar bagian musik rock dari toko kaset dan membeli album itu, berpikir tentang mendapatkan ketenaran, bertanya-tanya akan seperti apa.” Setelah “berkeliaran di toko kaset" dan memperoleh beberapa album Hendrix dan blues, Murray memutuskan untuk bermain gitar. Pada usia 16 tahun, ia membentuk band pertamanya, sebuah trio bernama Stone Free, yang juga termasuk Adrian Smith pada vokal, yang juga akan menjadi anggota Iron Maiden pada tahun 1980. Dari sana, Murray menjawab iklan di Melody Maker dan teratur ikut audisi untuk band-band yang berbeda di akhir pekan, yang mengarah ke menjalankan tugas secara singkat di Electric Gas, "semacam soft-rock, band jenis Amerika," dan The Secret, "semacam band punk gila," dengan siapa ia akan merekam single, "CafĂ© De Dance", pada tahun 1975.


Pada akhir tahun 1976, ia mengikuti audisi untuk Iron Maiden, bersemangat untuk kembali ke "semacam getaran berjenis heavy rock." Pada saat itu, band ini sudah memiliki dua gitaris, Dave Sullivan dan Terry Rance, yang tidak setuju dengan masuknya Murray, yang berkemampuan sedikit diatas mereka. Pendiri kelompok ini dan bassis Steve Harris tidak ragu-ragu dalam memilih Murray daripada Sullivan dan Rance, menyatakan, "Ketika orang lain membuatnya jelas bahwa itu baik mereka atau Dave Murray , tidak ada pilihan. Tidak ada cara saya akan membiarkan Dave pergi. Tidak hanya dia orang yang baik, dia gitaris terbaik yang pernah bekerja dengan saya. Dia masih yang terbaik." Sayangnya, setelah hanya beberapa bulan di band, Murray dipecat menyusul argumen dengan vokalis Dennis Wilcock setelah pertunjukan di pub Bridgehouse di Canning Town yang menyebabkan dia bergabung dengan Adrian Smith lagi dalam band-nya, Urchin. Selama masa singkat dengan kelompok ini, Murray merekam satu single yang berjudul "She’s A Roller", setelah itu ia diminta untuk bergabung kembali dengan Iron Maiden setelah kepergian Dennis Wilcock. Murray berusaha mempertahankan pekerjaannya sebagai penjaga toko untuk Hackney Council dari jam 9 hingga jam 5, yang ia nyatakan "sehingga saya bisa tidur dari malam sebelumnya," tetapi mengundurkan diri setelah band menandatangani kontrak dengan EMI pada tahun 1979. 


Gaya solo gitar Murray sepanjang karirnya terutama didasarkan pada teknik Legato, seperti di "The Trooper", yang ia klaim "berevolusi secara alami. Aku pernah mendengar Jimi Hendrix menggunakan Legato ketika aku tumbuh dewasa, dan aku suka gaya permainan itu.” Ia juga telah menulis lagu untuk band, meskipun ia kurang produktif dibandingkan anggota band lainnya, biasanya menulis lirik secara mengalir dan berkonsentrasi pada unsur-unsur musik dari lagu. Ia terutama ikut menulis lagu dengan anggota lain dari Iron Maiden, "Charlotte the Harlot" (dari Iron Maiden tahun 1980) yang hingga saat ini hanya komposisi itu yang ia semata-mata dikreditkan. Murray dan Harris adalah dua anggota dari Iron Maiden yang muncul di setiap rilisan band.


Pada tahun 1986 bersama dengan Adrian Smith, dia ikut ambil bagian dalam proyek bentukan Ronnie James Dio, Hear 'n' Aid, dengan sebuah single "Stars", yang hasilnya akan disumbangkan untuk bencana kelaparan di Afrika.


Murray bermain dengan jazz ensemble di video pelajaran drummer Iron Maiden Nicko McBrain, Rhythms of the Beast.
 
Sepanjang karirnya, Murray menggunakan dan mensahkan Marshall amplifier hampir secara eksklusif, selain pada album Somewhere in Time (1986) dan Seventh Son of a Seventh Son (1988) dan tur mereka masing-masing, ketika ia malah menggunakan GALLIEN-Krueger amp. Dia menggunakan gitar Fender Stratocaster hampir secara eksklusif juga. Stratocaster hitam 1957-1963-nya (tubuh adalah dari '63 dan leher adalah dari '57), yang sebelumnya dimiliki oleh almarhum gitaris Free Paul Kossoff, digunakan dari sekitar tahun 1978-1990. Murray menyatakan bahwa ia "membelinya dari iklan di koran," dan kemudian digunakan sebagai template oleh Fender untuk memproduksi sebuah model Signature Artis pada 2009, sedangkan yang asli sekarang tinggal di rumah ibunya. 


Selain gitar Fender, Murray kadang-kadang dilakukan dengan berbagai jenis gitar listrik Dean, Gibson, Ibanez, ESP dan Jackson. Selama Dance of Death World Tour 2003-4, Murray menggunakan gitar akustik Gibson Chet Atkins untuk pertunjukan live dari lagu "Journeyman". 


Sejak kembali ke Fender pada tahun 1995, setelah beberapa tahun dari 1986-1993 ketika ia didukung oleh ESP dan Jackson, Murray memiliki beberapa variasi dari Stratocaster yang dibuat untuknya oleh Fender. Yang pertama adalah prototipe untuk apa yang menjadi seri Hot Rod Re-Issue. 


Pada 2010, gitar utamanya adalah 2-tone Sunburst Fender California Series Stratocaster dengan 3 Seymour Duncan Hot Rails pickup dan krom Floyd Rose sistem tremolo. Ia juga memainkan model tradisional Gibson Les Paul, dimana teknisi gitarnya, Colin Price, menyatakan awalnya dibawa untuk dicoba Adrian Smith, tapi kemudian dibeli oleh Murray untuk berlatih saat tur, dan kUSA Floyd Rose Classic Stratocaster berwarna krim (dengan leher 22-fret maple dan elektronik yang sama dan hardware seperti sunburst Strat) di atas panggung. Di Maiden England World Tour 2012-13 ia juga terlihat memainkan Gibson Flying V.


Pada 2015, Fender mengumumkan model Artist Signature kedua, berdasarkan California Series Stratocaster-nya. Tetap mempertahankan semua spesifikasi gitar aslinya, tetapi merubah Seymour Duncan Hot Rails pickup di posisi tengah untuk JB Jr SJBJ-1N, senyawa radius fretboard, dan seluruhnya dibuat di pabrik Ensenada mereka di Meksiko. 


Dalam waktu luangnya, Murray, bersama dengan rekan sebandnya Nicko McBrain, adalah pegolf mahir seperti yang terlihat di Rock in Rio DVD dan Iron Maiden: Flight 666, mengungkapkan pada tahun 2002 bahwa ia mencoba untuk bermain "beberapa putaran di setiap minggu "catatan"nya bisa dimana saja dari 15 sampai 24. Murray dan istrinya Tamar memiliki satu anak perempuan bernama Tasha (lahir 1991). 

Ketika tidak tur, Murray berdomisili di pulau Maui, Hawaii.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...