Laman

Senin, 21 Desember 2015

RICK NIELSEN




Dilahirkan dengan nama Richard Alan Nielsen pada 22 Desember 1948 di Elmhurst, Illinois, AS, dalam sebuah keluarga musik, dengan kedua orang tua menjadi penyanyi opera. Ayahnya, Ralph Nielsen, juga mengarahkan simfoni, paduan suara dan merekam lebih dari empat puluh album solo. Selama remaja Rick, keluarga ini memiliki sebuah toko musik di Rockford, Illinois, dan dia belajar untuk memainkan sejumlah instrumen. Setelah bermain drum selama enam tahun, Rick berubah arah, belajar cara bermain gitar dan kibord. 


Band sekolah pertamanya adalah The Phaetons, yang bermutasi menjadi The Grim Reapers (yang kemudian memasukkan Tom Petersson di lineup-nya). Klaim utama The Grim Reapers untuk ketenaran adalah bahwa karena mereka mendukung Otis Redding di Madison, Wisconsin pada 10 Desember 1967. Pesawat Redding jatuh dalam perjalan menewaskan penyanyi dan lainya. 


The Grim Reapers menjadi Fuse yang merilis satu album studio yang diterima buruk sebelum bubar pada tahun 1970. Nielsen bergabung dengan Nazz untuk waktu yang singkat (menggantikan Todd Rundgren), sebelum membentuk Sick Man of Europe yang singkat di Philadelphia pada tahun 1972 dengan Tom Petersson (drummer Bun E. Carlos segera bergabung setelahnya). Pada tahun 1973, Nielsen, bersama-sama dengan Carlos membentuk Cheap Trick. Petersson bergabung akhir tahun itu, dan dengan Robin Zander bergabung pada musim gugur 1974, lineup klasik Cheap Trick akhirnya bersama. Nielsen menulis hampir semua lagu untuk beberapa album pertama Cheap Trick. 

Nielsen telah menikmati banyak sorotan dengan Cheap Trick, termasuk memiliki US single #1 "The Flame." Di antara sorotan pribadi, Nielsen, bersama-sama dengan Carlos, diundang untuk merekam sesi pada 12 Agustus 1980 dengan John Lennon untuk album Double Fantasy. Kontribusi mereka tidak muncul di album yang dirilis, hanya secara resmi tersedia pada tahun 1998. 

Di atas panggung penampilan Nielsen dipengaruhi oleh Huntz Hall dari The Bowery Boys; dia memakai topi bola gaya lama terbalik ke atas, wajahnya menyerupai Hall, dan beberapa kejenakaan Nielsen di atas panggung dibandingkan dengan Hall juga. Nielsen juga terkenal karena memakai dasi kupu-kupu. 


Penggunaan Nielsen dari motif kotak-kotak hitam dan putih pada pakaiannya sejalan dengan penggunaan di bagian lain dari budaya pop, termasuk sepatu Checkerboard Vans, yang ditampilkan dalam film Fast Times at Ridgemont High tahun 1982.
 
Citra Nielsen beralih dari tampilan kartun dari 70 di awal 1990-an, ketika ia memakai kumis, jenggot (sering dengan kepang panjang) dan kacamata hitam yang memberinya tatapan agak menyeramkan. Citra tersebut berubah lagi pada tanggal 9 Maret 2001 ketika ia mencukur jenggot dan kumis selama encore istirahat di sebuah pertunjukan di kampung halaman Rockford’s Coronado Theater. Sejak itu, Nielsen mempertahankan tampilan dicukur bersih, bersama-sama dengan setelan desainer. Pada 2000-an, ia mulai memakai dasi kupu-kupu lagi di atas panggung. 


Nielsen telah tampil di TV dan radio yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun dengan Cheap Trick, di acara musik di seluruh dunia, serta pertunjukan larut malam Amerika dengan Conan O'Brien, Jay Leno dan David Letterman. 

Di luar Cheap Trick, kredit Nielsen termasuk tampil sebagai pengemudi mobil yang dibajak di film tahun 1987 "Disorderlies". Ia dan istrinya muncul di HGTV’s "Homes of Note" di awal 1990-an. Nielsen muncul di sebuah episode dari acara The History Channel, American Pickers yang awalnya ditayangkan pada tanggal 11 Maret 2013. Acara ini mengikuti format standar dengan dua bintang acara, Mike Wolfe dan Frank Fritz, memilih berbagai unit penyimpanan Nielsen yang penuh barang yang telah diperoleh melalui tahun-tahun turnya. 

Pada 6 April 2013 Nielsen muncul di sebuah episode dari acara NPR’s Wait Wait ... Do not Tell Me! sebagai tamu di segmen yang berjudul "Not My Job". 


Pada 2013, Nielsen muncul di dokumenternya Dave Grohl Sound City. Pada tahun 2014, ia muncul di episode pertama dari seri dokumenter Foo Fighters "Sonic Highways", yang memfokuskan pada kota Chicago. Pada tanggal 17 Oktober, 2014, Nielsen muncul di CBS’s Late Show withDavid Letterman, bermain dengan Foo Fighters. 

Rick telah menjadi bintang tamu di album oleh artis-artis seperti The Yardbirds, John Lennon, Hall & Oates, Mötley Crüe, Foo Fighters, Miles Nielsen & the Rusted Heart, Alice Cooper, Gene Simmons, House of Lords dan lain-lain, sementara lagu-lagu yang ditulis Nielsen telah direkam oleh seniman seperti Rick Derringer dan House of Lords 

Rick memamerkan tiga puluh empat gitarnya di sebuah pameran gratis, "Customised Culture - Cars, Guitars, dan Lowbrow Art" di Rockford Art Museum dari 15 Februari-21 April, 2002.

Pada tanggal 23 April, 2012, Nielsen dan Board of the Burpee Museum of Natural History di Rockford, Illinois, mengumumkan rencana untuk "Rick’s Picks: A Lifelong Affair with Guitars and Music", sebuah pameran ambisius yang menampilkan kesukaan Nielsen untuk gitar, musik dan rock & roll. Pameran ini berlangsung dari 11 Agustus 2012 ke 14 April 2013, menarik orang-orang dari seluruh dunia. Pengunjung dapat melihat banyak koleksi gitar Nielsen, barang-barang pribadi, pakaian panggung dan memorabilia Cheap Trick, dan mendengarkan materi audio langka.

Nielsen melibatkan dirinya secara luas di masyarakat setempat di kota Rockford, misalnya, terlibat dengan yayasan amal Rockford Icehogs. Selain itu, ia adalah pendukung utama renovasi the Coronado Theater, dan satu balkon kursi dengan lukisan kotak-kotak hitam dan putih untuk menghormatinya.

Nielsen adalah juga seorang pemilik saham pembuatan bir dan gourmet pizza Chicago.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...