Laman

Sabtu, 26 Desember 2015

GUTHRIE GOVAN




Dilahirkan pada 27 Desember 1971 di Chelmsford, Essex, Inggris, adalah gitaris Inggris dan instruktur, yang dikenal untuk karyanya dengan band The Aristocrats, Asia (2001-2006), GPS, The Young Punx dan The Fellowship, serta Erotic Cakes (sarana untuk musiknya sendiri) dan Steven Wilson. Dia adalah instruktur gitar melalui karyanya dengan majalah Inggris Guitar Techniques, Guildford’s Academy of Contemporary Music, Lick Library dan sebelumnya Brighton Institute of Modern Music. Dia adalah pemenang kompetisi "Guitarist of the Year" oleh majalah Guitarist pada 1993. 


Govan mulai bermain gitar pada usia tiga tahun, didorong oleh ayahnya tapi awalnya belajar terutama oleh telinga. Ayahnya mengajarinya lima akord dan memperkenalkannya ke koleksi rekamannya yang luas. Dia mulai dengan mendengarkan rock 'n' roll 1950an seperti Jerry Lee Lewis dan Little Richard, diikuti oleh The Beatles, Cream dan Jimi Hendrix, dan kemudian Frank Zappa dan AC/DC dll, mempraktekkan akord dan solo dari mendengarkan rekaman tersebut. Setengah Skotlandia, Govan juga sangat dipengaruhi oleh Zal Cleminson dari Alex Harvey Band yang dia anggap sebagau “Jimmy Page"nya. Pada usia sembilan tahun ia dan saudaranya Seth Govan bermain gitar pada program Thames Television berjudul Ace Reports. Di sekolah menengah ia terkenal, melalui teman sekelas yang lebih tua, sebagai gitaris ‘shred’ waktu itu. Gitar listrik pertamanya adalah Gibson SG yang sekarang dia simpan di rumah. 

Setelah meninggalkan sekolah, Govan belajar bahasa Inggris di Universitas Oxford, meskipun ia pergi setelah satu tahun untuk mengejar karir di musik. Govan menyatakan bahwa ia terbelah antara menjadi seorang intelektual atau musisi dan memutuskan untuk berkonsentrasi pada yang terakhir. Sekitar waktu ini (dengan estimasi Govan sendiri, tahun 1991) ia mengirim demo karyanya ke Mike Varney dari Shrapnel Record. Varney terkesan dan menawarkan kontrak rekaman; Namun, akhirnya Govan menolak. Mengenai alasannya ia menjelaskan: "seolah-olah aku benar-benar ingin tahu adalah bahwa saya cukup baik, saya mengetahui bahwa saya haya sedikit mengetahui gerakan “shred." 

Pada tahun 1993, ia memenangkan kompetisi "Guitarist of the Year" oleh majalah Guitarist dengan musik instrumentalnya Wonderful Slippery Thing (versi yang akhirnya muncul di album solo debutnya); demo trek membuatnya mendapatkan tempat di antara beberapa pendatang lainnya di final, yang kemudian ia menangkan. Govan memiliki ide menyalin musik dari rekaman secara profesional, dan menyerahkan bagian paling sulit secara teknis yang bisa dia pikirkan (sebuah transkripsi Shawn Lane) untuk majalah Guitar Techniques. Hal ini membuatnya mendapatkan pekerjaan sebagai kontributor majalah, mengakhiri pekerjaannya di makanan cepat saji. 

Govan bekerja sama dengan Guitar Techiques, termasuk sebuah artikel yang memberikan transkripsi lagunya Wonderful Slippery Thing. Sejak akhir 1990-an, Govan mengajar di Guitar Institute di Acton, Thames Valley University, dan Academy of Contemporary Music; ia sebelumnya mengajar di Brighton Institute of Modern Music, dan secara teratur diundang untuk mengajar di seminar dan klinik di seluruh dunia. Dalam konteks ini, ia dikenal karena kemampuannya untuk mengajar berbagai gaya. Govan telah menerbitkan dua buku tentang permainan gitar: Creative Guitar Volume 1: Cutting Edge Techiques dan Creative Guitar Volume 2: Advanced Techniques.


Govan memulai keterlibatannya dengan Asia denagn bermain di album Aura. Dengan karyanya lengkap pada album, Govan ditambahkan ke line-up Asia untuk tur untuk mendukung album baru. Bad Asteroid, instrumental dalam pertunjukan live, adalah komposisi asli Govan; berasal dari demo awalnya pada 1990. Dia melanjutkan untuk bermain di album band Silent Nation tahun 2004.
 
Pada tahun 2006, kibordis Asia Geoff Downes pergi untuk mereformasi line-up lebih awal Asia; Govan dan dua anggota band lainnya, John Payne dan Jay Schellen, bersama dengan dan Erik Norlander terus sebagai Asia featuring John Payne. Govan pergi pada pertengahan 2009 dan digantikan oleh Mitch Perry. Payne, Govan dan Schellen juga membentuk GPS (dinamai dari inisial anggota) dan setelah penambahan Ryo Okumoto pada kibord band merilis album Window to the Soul (2006). 


Govan tampil pada sejumlah lagu di Your Music Is Killing Me, album debut aksi musik dansa elektronik Inggris The Young Punx dan merupakan bagian dari aksi panggung mereka. Ia juga muncul dalam video musik untuk lagu mereka Rockall. 

Govan telah bermain gitar secara live untuk Dizzee Rascal, termasuk penampilan pada Later With Jools Holland.
 
Album solo debut Govan, Erotic Cakes, dirilis melalui Cornford Records pada Agustus 2006. Dalam catatan sampul album, Govan menyatakan album ini adalah referensi Simpsons (Dari Episode "Treehouse of Horror VI"); ia juga menjelaskan bahwa ketika bermain langsung, band ini disebut sebagai Erotic Cakes bukan hanya Guthrie Govan. Selain bass oleh saudara Govan, Seth dan drum oleh Pete Riley, album menampilkan solo gitar oleh Richie Kotzen (yang studionya di Los Angeles digunakan untuk merekam trek gitar di album) di Ner Ner dan Bumblefoot di Rhode Island Shred. Seth Govan dan Pete Riley juga menyelesaikan Erotis Cakes live band. Versi sebelumnya dari Waves dan Rhode Island Shred muncul di kompilasi Guitar on the Edge, Vol 1. no.4 (Legato Records, 1993). Sebuah versi juara Guitarist of the Year-nya, Wonderful Slippery Thing muncul pada album. Sementara ini album pertamanya, Govan telah berkolaborasi dengan drummer Pete Riley pada musik sejak pertengahan 1990-an. Govan menghadapi cobaan untuk mengatur kembali setelah album yang diproduksi saat beberapa ribu eksemplar Erotic Cakes dicuri selama perampokan gudang dan tidak pernah ditemukan, tapi perusahaan rekaman mengatakan bahwa "jika pencuri dapat menjual semua rekaman itu mereka memiliki pekerjaan di sini dengan kami". 

Line-up Erotic Cakes Band, dengan penambahan pemain saksofon Zak Barrett, juga membentuk band jazz-fusion The Fellowship. Band ini digunakan untuk bermain di klub Bassment di Chelmsford, Essex, setiap Kamis malam dan selama beberapa tahun.

Govan memainkan semua trek pada album debut Docker Guild The Mystic Technocracy - Season 1: The Age of Ignorance, dirilis pada bulan Juni 2012 di Lion Music. Proyek ini juga menampilkan beberapa artis Asia lainnya, terutama John Payne pada vokal dan Simon Hanhart, yang melakukan mixing album. Tamu istimewa lainnya antara lain Gregg Bissonette (drum), Tony Franklin (bass), Jeff Watson (gitar), Douglas R. Docker (kibord), Goran Edman, Tony Mills dan Amanda Somerville (vokal).


Pada akhir 2011, Govan mengumumkan tur baru dengan band baru The Aristocrats, menampilkan Bryan Beller pada bass dan Marco Minnemann pada drum. Album debut self-titled mereka dirilis di seluruh dunia pada September 2011, diikuti oleh Culture Clash pada 2013. Pada Januari 2015 The Aristocrats merilis CD/DVD live kedua Culture Clash Live! melalui semua saluran resmi dan CD ganda bootleg rilisan resmi sendiri Secret Show - Live In Osaka yang hanya tersedia di webstore mereka sendiri dan selama konser di meja penjualan mereka. Album studio resmi ketiga band ini dirilis pada 23 Juni 2015, dan judulnya adalah Tres Caballeros.

Pada tahun 2012, TBS mulai menjalankan iklan TV untuk acara populer "House of Payne" yang menampilkan bagian dari solo dari treknya "Les is More." Pada bulan Juni 2012, Govan tampil dengan solo tamu pada lagu, "Have a Blast" pada album kedua band progressive metal Periphery, Periphery II: This Time It’s Personal.
 
Pada 2013, Govan memainkan serangkaian pertunjukan dengan Paul Gilbert. Ia bermain gitar pada album solo ketiga dan keempat Steven Wilson dan pada Oktober 2013 adalah anggota band tur penuh waktu Wilson sampai April 2015. Ia juga salah satu bintang tamu di album Michael Angelo Batio Intermezzo, dirilis pada bulan November 2013. Guthrie juga gitaris tamu di satu lagu, Electric in My Veins, di album solo Nick Johnston, In a Locked Room on the Moon.

Pada tahun 2014, Govan tampil dengan Hans Zimmer di Hammersmith Apollo di "Hans Zimmer Revealed". Album Nick Johnston lain – Atomic Mind (2014) – menampilkan Guthrie pada satu lagu: Silver Tongued Devil. Menariknya, Bryan Beller dan Marco Minneman - dua-pertiga lainnya dari The Aristokrat - bermain bass dan drum di seluruh album . 

Govan secara konsisten menyatakan bahwa ia akhirnya akan merekam album solo lain, namun belum mengumumkan kapan album akan direkam dan dirilis. Dia mengatakan "[Untuk merekam album, saya harus] mengatur sebagian besar dari kalender dan mengatakan tidak untuk segala sesuatu yang lain. Beberapa hal-hal gila terjadi di jalan ..." 

Govan dikenal untuk komando virtuoso gitarnya, karena kemampuan teknis dan kemampuan dalam berbagai gaya. Sebuah wawancara tahun 2006 menyebut dia sebagai "virtuoso’s virtuoso" dan berkata tentang dia, "Guthrie Govan diakui oleh rekan-rekannya sebagai kemungkinan gitaris hidup paling menakutkan. Menggabungkan kemampuan teknis yang tak tertandingi dengan penguasaan hampir semua gaya, Guthrie sama ahlinya dalam combo trad jazz karena ia menampilkan ‘shred’ gitar yang mematikan. Ditambah dengan beberapa alur funky serius dan pengetahuan ensiklopedik gaya musik populer, gaya geser biasa yang berkembang dan kemampuan improvisasi untuk mencocokkan dengan siapa pun, ia mungkin menjadi gitaris yang paling lengkap di luar sana ". 

Pengaruh Govan paling awal adalah Jimi Hendrix dan Cream era Eric Clapton; seperti ia menggambarkan dirinya sebagai berasal dari "latar belakang Blues rock". Sementara ia "waspada" dari teknik gitar tahun 1980-an ("shred") ia menyebut Steve Vai (serta Frank Zappa, dengan siapa Vai bermain) dan gairah Yngwie Malmsteen. Unsur jazz dan fusion adalah bagian penting dari gayanya: ia menyebut Joe Pass, Jeff Beck dan John Scofield sebagai pengaruh penting dalam hal ini. Ia juga mengagumi banyak pemain gitar modern dengan gaya yang berbeda seperti Derek Trucks dan Alex Machacek. Meskipun pemain yang sangat mampu dalam keragaman gaya, Govan memiliki gaya bermain yang berbeda biasanya ditandai dengan alur panjang, halus sering menggunakan catatan kromatiknya untuk "mengisi kesenjangan", gaya tapping yang up dan down yang cepat di leher gitar, slapping funky, dan kadang-kadang menggunakan efek ekstrim. Govan mengatakan bahwa gitar hanyalah sebuah "mesin tik" untuk mendapatkan pesan musiknya. Karena pengalamannya dalam mendengarkan musik dan memainkan riff, Govan menyatakan bahwa ia sering mampu memvisualisasikan permainan di kepalanya tanpa bermain dan mengatakan bahwa dia cukup banyak memiliki semua notasi di kepalanya sebelum menulis sesuatu atau mempelajari sesuatu untuk menghasilkan suara yang dia inginkan. 

Profil MySpace Govan berisi kutipan dari berbagai gitaris; di tempat lain, sesama virtuoso Joe Satriani dan Paul Gilbert memuji permainan Govan ini. Satriani mengatakan "Apa yang membuat Guthrie berbeda, adalah bahwa tidak peduli apa yang dia lakukan-picking, tapping, slapping, bermain legato, apa pun-ia mencampur semuanya dengan anggun dan benar-benar teliti pada setiap pendekatan. Dan sementara musiknya terdengar alami. " Gilbert mengatakan "Guthrie Govan memberikan ‘shred’ nama baik. Ini benar-benar menghangatkan hati mendengar seseorang bermain super cepat dan memiliki kedalaman musik untuk dicocokkan. Udara yang sangat menyegarkan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...