Laman

Minggu, 27 Desember 2015

CHRIS AMOTT




Dilahirkan dengan nama Christopher Amott pada 23 November 1977 di Halmstad, Swedia.

Terinspirasi oleh band kakaknya Carcass, Chris mulai belajar gitar di usia 14 tahun, bermain di band-band lokal, dan kemudian masuk ke kampus musik di usia 18 tahun. Dengan speedy alternate-picking yang agresif, vibrato yang cepat, dan fluid lead lines, gaya permainan Chris terbentuk dari para pemain seperi John Sykes, Yngwie Malmsteen, Uli Jon Roth, John Norum, dan Michael Schenker.


Saat belajar di sekolah musik di tahun 1996, Michael meminta Chris untuk merekam beberapa solo gitar untuk proyek melodic death metalnya yang baru Arch Enemy. Album Black Earth dirilis di Jepang di tahun 1996, dan segera menjadi terkenal, menerima penayangan reguler di MTV Jepang. Band diundang untuk bermain di Jepang di tahun 1997, dan di sanalah Chris mendapatkan sebuah kesepakatan untuk proyek sampingannya Armageddon. Proyek ini dimulai sebagai sebuah band melodic death metal, gaya yang mirip dengan Arch Enemy, tapi dengan lirik yang lebih konseptual. Armageddon merilis album pertama mereka Crossing the Rubicon di W.A.R. Records di tahun 1997. Album ini menampilkan Peter Wildoer dan Martin Bengtsson, yang juga akan ikut rekaman album Stigmata dengan Arch Enemy di tahun 1988. Album Stigmata kembali sukses di Jepang, dan album Arch Enemy pertama yang dirilis di AS, oleh Century Media Records.


Dengan Arch Enemy mendapatkan kesuksesan ke seluruh dunia, Amott merilis Burning Bridges dan Burning Japan Live di tahun 1999, keduanya di tahun 1999, kemudian mengambil cuti hingga akhir tahun 2000, saat Armageddon merilis album kedua mereka Embrace the Mystery di Toy's Factory Records di Jepang. Kini menampilkan penyanyi yang 'melodic', dan lebih memilik rasa heavy metal, album ini berubah drastis dari melodic death metal dari Crossing the Rubicon, dan menandakan hasrat Chris untuk memperluas genre "extreme metal". Juga di tahun 2000 dia mengisi solo gitar di lagu "Suburban Me" di album Clayman milik In Flames.


Di tahun 2002, Arch Enemy memiliki vokalis baru Angela Gossow, dan band mencapai puncak popularitas baru di seluruh dunia dengan merilis album Wages of Sin. Setelah menyelesaikan tur dunia dengan Arch Enemy, Chris kembali ke proyek Armageddon-nya dan merilis Three di tahun 2002 di Toy's Factory Records di Jepang. Kali ini menampilkan Chris pada vokal, album ini memiliki sound yang hampir mirip power metal, berfokus pada menyanyi yang melodik dan karya gitar Chris.


Arch Enemy merilis Anthem of Rebellion di tahun 2003, dan lagi melakukan sebuah tur dunia. Di tahun 2005, band masuk studio untuk merekam Doomsday Machine, tapi setelah rekaman selesai, Chris meninggalkan Arch Enemy.

Chris menghabiskan 2 tahun berikutnya dengan mengajar musik di Swedia, dan juga belajar di sebuah universitas. Di bulan Maret 2007 Chris mengumumkan dia kembali ke Arch Enemy sebagai anggota tetap. Dia bergabung kembali dengan band mendekati akhir proses penulisan lagu untuk Rise of the Tyrant. Di sebuah wawancara di bulan Januari 2010 Chris mengungkapkan bahwa dia akan merilis sebuah album solo berjudul "Follow Your Heart".

Pada 5 Maret 2012 sekali lagi Chris keluar dari Arch Enemy. Dia mengatakan hasratnya untuk mengejar karir solo lebih jauh sebagai alasan utama. Dia digantikan oleh gitaris Arsis Nick Cordle. Di tahun 2012 Chris merilis album solo keduanya, Impulses.


Di bulan April 2012 Chris pindah ke New York City, AS. Setelah memperoleh green card di awal tahun 2013, dia mengatakan bahwa dia ingin merekam album Armageddon baru, yang direncakan akan dirilis di musim panas 2013. Chris juga berkolaborasi dengan band Japanese pop/metal Babymetal, mengisi gitar untuk versi alternatif dari single debut mayor mereka, "Ijime, Dame, Zettai" dengan nama "Nemesis version.

Di tahun 2014 Chris mulai merekam untuk album Armageddon baru dengan lineup yang terdiri dari dirinya, vokalis Matt Hallquist, gitaris Joey Concepcion, bassis Sara Claudius, dan drumer Marton Veress. Album baru mereka berjudul "Captivity & Devorment", yang akan dirilis di bulan januari 2015 oleh Listenable Records. Untuk tur band saat ini mereka menyertakan vokalis Meridian Dawn/mantan Nightrage, Antony Hamalainen sebagai pengganti mereka untuk Matt Hallquist yang telah pergi.


Selama tur Amerika Utara Arch Enemy untuk mendukung album mereka War Eternal, gitaris Nick Cordle dilaporkan meninggalkan band. Chris untuk sementara bergabung kembali dengan band untuk sisa tur, dan gitaris ternama Jeff Loomis (mantan Nevermore) diumumkan sebagai pengganti resmi dan bergabung dengan band untuk tur Eropa mereka dengan Kreator dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...