Laman

Kamis, 24 Desember 2015

ORPHANED LAND




Orphaned Land adalah band metal progresif asal Petah Tikva, Israel yang dibentuk pada tahun 1991 dengan nama Resurrection (merubah nama menjadi Orphaned Land pada tahun 1992).


Orphaned Land mencampur musik progresif, doom, dan death metal dengan musik folk timur tengah dengan musik Arab dan membentuk metal oriental (ketimuran). Tiap album mempunyai konsep yang berkaitan dengan pertentangan yang ekstrim : pertemuan Timur dan Barat, Masa lalu dan masa kini, cahaya dan kegelapan, dan bahkan Tuhan dan Setan.

Album pertama mereka dirilis pada tahun 1994 dengan judul “Sahara” yang awalnya dirilis sebagai demo. Album kedua dirilis pada tahun 1996 dengan judul “El Norra Alila”, yang punya banyak pengaruh dari timur/oriental, seperti “El Norra Alila” (“Illustrious God”), berdasarkan puisi selama Yom Kippur (Day Of Atonement) sebagai bentuk permohonan ampun. Album ini juga terdapat lagu dengan pengaruh piyyut (sajak tradisional Yahudi) dan melodi Arab. Album ini mengeksplorasi tema cahaya dan kegelapan, dan juga membawa pesan yang disampaikan oleh 3 Agama Ibrahim (Yahudi, Islam dan Kristen).

Album ke 3 berjudul “Mabool : The Story Of The Three Sons Of Seven” (nama Yahudi untuk banjir besar, digambarkan di Alkitab dan cerita Nabi Nuh), dirilis tahun 2004, dibuat selama 7 tahun. Album ini menceritakan tentang 3 putra (satu untuk tiap Agama Ibrahim) yang mencoaba untuk memperingatkan para umat manusia akan banjir yang datang atas hukuman bagi dosa mereka. Secara musical, album ini berisi alat musik oriental, kor, musik Yemen tradisional yang dinyanyikan oleh penyanyi wanita Israel, Shlomit Levi, dan kutipan ayat Alkitab dari cerita banjir besar, yang dibacakan oleh vokalis Kobi Farhi. Setelah album “Mabool”, Orphaned Land Merilis sebuah EP pada tahun 2005 yang berjudul “Ararat”, judul diambil dari gunung Ararat. Walaupun lagu-lagu mereka berisi tema dari Alkitab, mereka mengatakan bahwa mereka bukan pribadi yang agamis, karena mayoritas anggota band adalah Ateis atau Agnostic (tidak punya Agama tapi percaya dengan Tuhan).

Pada bulan Januari 2010, Orphaned Land merilis kelanjutan album “Mabool”, berjudul “The Never Ending Way Of ORWarriOR. ORWarriOR mempunyai arti “warrior of Light” dan mempunyai konsep tentang pertarungan antara cahaya dan kegelapan. Album ini mempunyai perbedaan dengan album Mabool, dan ditangani oleh gitaris Steven Wilson dari band Porcupine Tree. Singel pertama dari album ini adalah “Sapari” dan diedarkan di MySpace dengan 2 lagu lain “Vayehi OR” dan “Disciples Of The Sacred Oath II. Di awal tahun 2011, ORWarriOR dinobatkan oleh Metal Storm sebagai album metal progresif nomor 1 tahun 2010 yang dipilih oleh 421 dari 1130 pemilih.

Pada tahun 2008, Orphaned Land tampil di film documenter “Global Metal”, sebuah film yang dibuat oleh creator “Metal : A Headbager’s Journey”, Sam Dunn.

Pada tanggal 22 Mei 2010, Orphaned Land tampil sebagai band pembuka bagi penampilan Metallica di Israel. Setelah itu band ini melakukan tur antar festival di musim panas tahun 2010 untuk mempromosikan album “The Never Ending Way Of ORRWarriOR, dengan tampil di festival seperti, Wacken Open Air, Summer Breeze Open Air, Sonisphere Festival, Gods Of Metal, Rock Hard Festival dan lain sebagainya. Setelah tur antar festival di musim panas, band ini menuju Amerika Utara untuk mendukung Katatonia, bersama dengan Swallow The Sun. Tur ini akan dilanjutkan dengan tur ke Eropa untuk mendukung Amorphis, bersama dengan Ghost Brigade.

Mereka tampil pada tanggal 19 Juni 2011, Festival metal di Perancis, Hellfest, yang diadakan di Clisson, dekat kota Nantes. Pada bulan Februari 2011, mereka tampil di Riviera Cultural festival di VIT University, Vellore, India. Dan pada bulan Februari 2012, mereka tampil di festival Alcheringa di Indian Institute of Technology Guwahati (IIT), India.

Pada bulan Juni 2012, gitaris Matty Svatitzky mengumumkan tentang pengunduran dirinya dari band, berkenaan dengan perbedaan musical. Matti Svatitzky digantikan oleh Chen Balbus, seorang musisi muda yang sering menjadi gitaris pengganti di sejumlah penampilan live sebelum dia menjadi anggota resmi. Chen Balbus dengan segera menjadi bagian penting dalam mencipta, menulis lagu, memproduksi dan merekam album baru “All Is One”.

Pada tahun 2012 terdapat jajak pendapat secara online bagi Orphaned Land untuk dianugerahi hadiah Nobel karena komitmen mereka utuk memperbolehkan dunia Arab mendengarkan musik mereka dibandingkan dengan pelarangan dari Negara-negara berbahasa Arab.

Album ke 5 Orphaned Land, berjudul All Is One, dirilis pada tanggal  21 Juni 2013 dan dirilis ke seluruh dunia pada tanggal 25. Vokalis sebelumnya, Shlomit Levi tidak tampil di album ini, maka vokalis wanita diisi oleh Mira Awad. Dari pada diberi judul yg optimistic, band ini lebih cenderung menganggap album adalah album dengan tema tergelap yang pernah mereka buat, mereka terpengaruh dengan musik detah metal.

Pada tanggal 7 Januari 2014, Orphaned Land mengumumkan di halaman facebook mereka bahwa mereka telah berpisah dengan gitaris sekaligus anggota pendiri, Yossi Sassi. Dia digantikan oleh gitaris sekaligus produser musik, Idam Amsalem.

Baru-baru ini Orphaned Land menyabet penghargaan dari Metal Hammer untuk kategori “Global Metal Band Of The Year 2014”. Band ini juga merilis sebuah video musik yang baru untuk lagu “Let The Truce Be Known” yang disutradarai oleh Vadim Machona.

Diskografi

Album Studio

1994 – Sahara
1996 – El Norra Alila
2004 – Mabool
2010 – The Never Ending Way Of ORWarriOR
2013 – All Is One

Album Live

2011 – The Road to OR-Shalem

Anggota Band 

Anggota Saat Ini :

Kobi Farhi – Lead Vocals (1991-Sekarang)
Uri Zelcha – Bas Gitar (1991-Sekarang)
Matan Shmuely – Drums (2007-Sekarang)
Chen Balbus – Gitar, Piano, Xylophone, Backing Vocals (2012-Sekarang)
Idan Amsalem – Gitar (2014-Sekarang)

Mantan Anggota

Matti Svatitzki – Gitar (1991-2012)
Sami Bachar – Drums (1991-2000)
Itzik Levy – Kibor, Piano (1991-1996)
Eran Asias – Drums (2000-2004)
Eden Rabin – Kibor (2001-2005)
Avi Diamond – Drums (2004-2007)
Yatziv Caspi – Perkusi (2004-2007)
Yossi Sassi – Gitar, Oud, saz, bouzouki, chumbush (1991-2014)

Mantan Anggota saat Tur :

Steven Wilson – Kibor (2010)
Shlomit Levi – Female Backing Vocals (2004-2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...