Laman

Selasa, 22 Desember 2015

GRAHAM BONNET




Graham Bonnet, lahir pada 23 Desember 1947, adalah seorang penyanyi rock dan penulis lagu Inggris. Dia telah melakukan rekaman dan tampil sebagai artis solo dan sebagai anggota dari beberapa band hard rock dan heavy metal antara lain Rainbow, the Michael Schenker Group, Alcatrazz, dan Impellitteri. Kadang-kadang disebut dengan 'the most powerful voice in rock' oleh para penggemarnya , Bonnet dikenal dengan suaranya yang bertenaga dan jangkauan vokal yang lebar. Bernyanyinya dikenal sebagai 'very loud' oleh orang sezamannya dan dirinya sendiri, dan dia mengklaim sebagai penyanyi otodidak dengan 'no discipline for lessons'.


Bonnet lahir di Skegness tahun 1947. Ia memiliki hit single pertamanya dengan duo, The Marbles pada tahun 1968, dengan single "Only One Woman" (Polydor 56 272), yang mencapai Nomor 5 di UK Singles Chart. Lagu ini ni dan tindak lanjutnya keduanya ditulis oleh Barry Gibb, Robin Gibb dan Maurice Gibb dari the Bee Gees yang direkam di Australia dengan rekan seband Bonnet dari The Marbles, Trevor Gordon. 


 Bonnet kemudian berhenti untuk menyanyikan lagu iklan. Dia muncul dalam film komedi Inggris tahun 1974, There for All sebagai vokalis dari 'Billy Beethoven', sebuah band fiksi, bersama dengan beberapa komedian Inggris dan calon pasangannya Adrienne Posta, meskipun karakternya mengatakan terbatas hanya dua kata. 

Pada tahun 1977 ia merilis sebuah album, yang bersertifikat emas di Australia. Single, "It’s All Over Now, Baby Blue", sebuah versi cover dari lagu Bob Dylan, juga mencapai lima besar di Australia pada tahun 1977, dan tahun berikutnya single "Warm Ride", yang ditulis oleh the Bee Gees, sebuah lagu sisa dari sesi Saturday Night Fever, mencapai nomor satu di sana. 


Pada tahun 1979, Bonnet didekati untuk bergabung dengan band glam-rock Inggris, Sweet untuk menggantikan Brian Connolly. Namun, ia dipilih oleh Ritchie Blackmore untuk menggantikan Ronnie James Dio sebagai vokalis band hard rock Rainbow. Ini adalah suatu perubahan musik untuk Bonnet, yang sebelumnya telah mengidentifikasi dirinya lebih sebagai penyanyi R & B. Bonnet kemudian mencurahkan waktunya di Rainbow, dan kolaborasi dengan Blackmore khususnya sebagai perubahan secara fundamental untuk fokus ke musik yang lebih hard rock. Dia bernyanyi di LP Down to Earth, yang menjadi albumnya paling sukses. LP ini menelurkan dua single hit pada tahun 1979 & 1980: "Since You Been Gone" dan "All Night Long". Selama waktu Bonnet di band, Rainbow juga menjadi penampil utama Monster of Rock Festival perdana di Donington Park, Castle Donington.
 
Waktu Bonnet dengan Rainbow pendek dan ia pergi untuk melanjutkan karir solonya, merilis album Line-Up pada tahun 1981, ditangani oleh produser John Eden. Tindak lanjut dari waktunya di Rainbow, album ini memiliki suara berbasis rock lebih nyata dari rekaman solo sebelumnya, sambil mempertahankan beberapa mantan pengaruh R & B-nya. Untuk perekaman Line Up Bonnet mencantumkan beberapa musisi rock terkenal antara lain gitaris Whitesnake Mick Moody, drummer Whitesnake dan Rainbow Cozy Powell, kibordis Deep Purple Whitesnake Jon Lord, dan gitaris Status Quo Francis Rossi dan Rick Parfitt. Album ini mencapai No 62 di Albums Chart Inggris. Single utama dari album, "Night Games", mencapai No 6 di UK Singles Chart, dengan single tindak lanjut, "Liar", mencapai Nomor 51 . Sekitar waktu ini Bonnet bernyanyi di sebuah iklan untuk Levi’s jeans (lagu itu berjudul "Theses Eyes"), meskipun versinya belum pernah dirilis. 


Tergiur dengan tawaran dari mantan gitaris UFO Michael Schenker, Bonnet terus mengembangkan ke gaya musik yang lebih berat dan bergabung dengan Michael Schenker Group (MSG) untuk album Assault Attack. Namun, ia dipecat dari grup setelah satu konser, di Sheffield University, ketika ia mabuk mengekspos dirinya di atas panggung. 

Setelah meninggalkan MSG, Bonnet memutuskan untuk membentuk band sendiri, mengambil inspirasi dari hari-harinya di Rainbow. Pada tahun 1983, ia mendirikan Alcatrazz, dengan Gary Shea (bass), dan Jimmy Waldo (kibord) dari band New England, mantan drummer Alice Cooper Jan Uvena, dan gitar virtuoso Swedia Yngwie Malmsteen. Debut album band ini, No Parole from Rock N’ roll, menampilkan sound heavy metal yang berbeda, dengan Bonnet menggambarkan materi itu sebagai terberat yang telah ia rekam sampai saat ini. Band ini menikmati keberhasilan moderat di Amerika Serikat, dan sukses besar di Jepang. 


Band ini merilis tiga album studio (No Parole from Rock N' Roll, Disturbing the Peace, dengan gitaris Steve Vai menggantikan Malmsteen, dan Dangerous Game dengan Danny Johnson pada gitar). Alcatrazz juga merilis album live, Live Sentence, dengan bahan dari periode Yngwie Malmsteen di band. Untuk LP Dangerous Game, Alcatrazz merekam remake dari lagu hit Bonnet "Only One Woman" dari band pertamanya The Marbles. Pada tahun 1987, Alcatrazz muncul di seri kedua dari acara BBC TV Rock School, dengan Bonnet memberikan tips bernyanyi. Program ini juga memasukkan klip dari Alcatrazz di latihan. Belakangan tahun itu, Alcatrazz dibubarkan, dan Bonnet kembali ke karir solonya. Pada tahun 2009, Bonnet mereformasi Alcatrazz dengan tiga musisi baru. Bonnet tidak berkonsultasi dengan mantan rekan sebandnya Shea, Uvena, dan Waldo tentang membentuk kemabli line-up asli, dan respon mereka juga kembali bergabung sebagai versi terpisah dari Alcatrazz. Kedua band memiliki laman resmi di MySpace.com. 


Proyek pasca Alcatrazz Bonnet semuanya berumur pendek dan meliputi Blackthorne (bekerja dengan mantan gitaris Balance Bob Kulick, saudara gitaris Kiss Bruce Kulick), vokal latar untuk Future World-nya band heavy metal Denmark Pretty Maids dan berbagai kerja sesi untuk Forcefield, muncul di To Oz and Back dan Let The Wild Run Free. Pada tahun 1988, Bonnet bergabung dengan Impellitteri, untuk album mereka Stand In Line.
 
Penampilan di adaptasi musik Eddie Hardin dan Pete York dari Wind in The Willows, tampil live di Jerman pada tahun 1991, dimana Bonnet menyanyi sekitar enam lagu bersama sesama musisi antara lain Jon Lord, Don Airey dan Ray Fenwick. Fenwick dan Airey juga tampil pada album solo Bonnet pada 1991 Here Comes The Night yang meliputi beberapa versi cover serta lagu-lagu yang ditulis oleh istrinya Jo Eime, dan remake lain dari The Marbles, "Only One Woman". 


Pada tahun 1997 ia merilis Underground, sebuah album solo baru, yang membantu membangun kembali dia dengan penggemarnya di Jepang. Album The Day I Went Mad tahun 1999 menampilkan gitaris Slash, gitaris Def Leppard Vivian Campbell, Bruce Kulick ditambah gitaris Mario Parga.
 
Bonnet memberikan kontribusi vokal utama untuk rilisan tahun 2000 band heavy metal Jepang Anthem, Heavy Metal Anthem, yang merupakan pengerjaan ulang dari lagu klasik Anthem. Bonnet bergabung dengan Impellitteri pada tahun 2000 untuk mereka album Sistem X. Sementara itu, Sementara itu, album solo Jepang-nya tahun 1999 dirilis di Inggris pada September 2001. 


Pada akhir tahun 2001, Bonnet melanjutkan tur solo di Inggris. Bandnya meliputi kibordis Don Airey, bassis Chris Childs dan drummer Harry James dari Thunder dan gitaris Dario Mollo. 

Pada awal 2004 Bonnet bergabung dengan proyek baru gitaris Italia Dario Mollo Elektric Zoo, melakukan tur Eropa selama April. Mempertahankan koneksi Italia, penyanyi ini juga berpartisipasi dalam proyek Matteo Filippini, Moonstone, tampil pada lagu "Not Dead Yet". 


Pada tahun 2006 Bonnet memberikan kontribusi vokal untuk album Welcome to America oleh Taz Taylor Band. Band melakukan tur Inggris pada 2007 dan Eropa pada tahun 2008. 

Dia juga muncul di rangkaian konser the Countdown Spectacular di Australia antara bulan Agustus dan September 2007. Dia menyanyikan dua lagu, "Warm Ride" dan "It’s All Over Now, Baby Blue". 

Siaran pers tanggal 6 November 2008 melaporkan bahwa Bonnet akan memberikan kontribusi vokal untuk CD dengan proyek metal opera, Lyraka. Album Lyraka Volume 1 dirilis pada tanggal 2 November 2010. Diumumkan pada tanggal 17 November 2010, bahwa Bonnet juga akan tampil di Lyraka Volume 2. 

Bonnet saat ini tinggal di Los Angeles, California, dari mana ia terus merekam dan tur secara ekstensif. Bonnet melakukan tur Inggris dengan band tribute Rainbow, Catch the Rainbow mulai Maret 2014. 

Dia bekerjasama dalam Stardust Reverie Project, sebuah supergrup yang menampilkan antara lain Zak Stevens dan Lynn Meredith. Album pertama mereka Ancient Rites of the Moon dirilis pada April 2014. Dia saat ini bekerja di album baru Stardust Reverie dijadwalkan untuk 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...